Bahan Alami Skincare Korea Ternyata Bisa Kita Tanam di Rumah, Lho

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Topik Pembahasan

Merawat wajah sudah menjadi bagian dari keseharian para wanita. Berbagai produk perawatan wajah hadir untuk menawarkan berbagai keunggulan dan manfaat. Salah satunya, belakangan ini produk-produk perawatan wajah dari Korea Selatan memiliki peminat yang cukup tinggi.

PT Prime Trade Center (PTC), sebagai salah satu unit usaha kosmetik, membawa produk-produk skincare terbaik asal Korea untuk bisa masuk ke Indonesia. PTC mengimpor produk-produk skincare asal Korea yang biasa digunakan oleh wanita Korea.  

Wanita Indonesia dan Korea memiliki jenis kulit yang sama yakni kulit Asia, meskipun terdapat perbedaan cuaca di kedua negara tersebut. Selain itu, skincare yang berasal dari Korea berfokus pada kesehatan kulit wajah.

Hur Young Soon, President Director, PT. Prime Trade Center menjelaskan, perusahaan mengembangkan produk-produk skincare yang didukung oleh perusahaan-perusahaan manufaktur unggulan di Korea dan dijual dengan harga terjangkau.

Produk-produk PTC telah mendapatkan pengakuan dari Garuda Inflight sebagai produk kosmetik asal mancanegara dengan taraf internasional yang dapat dipercaya dan terbukti.

Saat ini, PTC bekerja sama dengan Keluarga A6 untuk mengembangkan produk skincare dan make up. Salah satu produknya adalah SKINUA dan Day Skin. Produk SKINUA dan Day Skin memberikan manfaat untuk menyehatkan kulit serta sangat cocok dengan kebutuhan kulit wanita Indonesia. 

SKINUA sendiri merupakan merek perawatan wajah dan kosmetik yang berasal dari Korea. SKINUA berada di bawah naungan Biopolytech, sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang kesehatan dan kecantikan manusia di Korea Selatan.

Biopolytech didirikan pada tahun 2004 dan berfokus pada pengetahuan akan bioteknologi untuk menghasilkan produk di bidang kosmetik, makanan, pertanian dan obat-obatan yang menggunakan bahan-bahan alami. Bahan-bahan tersebut antara lain seperti kolagen laut, chitosan dan agar molekul rendah. 

“Pada tahun 2005, Biopolytech sempat menjadi perusahaan khusus yang memproduksi bahan baku Kolagen dan Chitosan,” ujar Hur Young Soon. 

“Produk-produk SKINUA telah menggunakan bahan-bahan yang berkualitas tinggi dan 100% berasal dari Korea. SKINUA sendiri memiliki beragam produk yang terbagi dalam 2 kategori yakni Skincare dan Make Up,” jelas Hur Young Soon.

Di Indonesia sendiri ada beragam produk skincare asal Korea. Produk-produk tersebut dijual dengan harga yang variative. Berikut ini adalah daftar harga produk-produk skincare Korea di Indonesia.

  1. Natural Pasific Phyto Niacin Whitening Essence (Rp175 ribu)
  2. 2. Dr. Jart+ Dermaclear Micro Milk Peel (Rp80 ribu)
  3. Nature Republik Aloe Vera 92% Soothing Gel (Rp100 ribu)
  4. Benton Snail Bee Hight Content Essence (Rp170 ribu)
  5. Low pH Good Morning Gel Cleanser (Rp 175 ribu)
  6. Mamonde Rose Water Toner (Rp 78 ribu)
  7. Advance Snail Cream 92 All in Cream (Rp 189 ribu)
  8. Sunprise Must Daily SPF 50+PA+++ (Rp 95 rib)

Bahan Alami Skincare Korea Ternyata Bisa Ditanam di Rumah

Selain branding dan packaging yang menarik, kosmetik asal Korea juga sangat memerhatikan bahan alami yang digunakan untuk skincare sehingga lebih aman untuk kulit. Penasaran bahan alami apa saja yang sering ada di skincare Korea? Ini dia 5 bahan alami buah dan tumbuhan yang sering ada di skincare Korea dan bisa ditanam di rumah. 

1. Green Tea yang menghilangkan bakteri

Green tea mengandung antioksidan yang tinggi, dan juga bersifat antibakteri. Kandungan cathechins, vitamin, dan amino acid di dalam green tea juga sangat baik untuk menenangkan dan membersihkan kulit. Tony Moly, Innisfree, Nature Republic, merupakan brand dengan seri khusus green tea dari mulai soothing gel, masker, serum, hingga sabun mandi yang melembapkan kulit.

2. Timun yang menghidrasi kulit

Kamu suka memakai mentimun di mata ketika maskeran? Timun bersifat cooling ketika diaplikasikan ke kulit sehingga baik digunakan untuk menghilangkan stres pada kulit wajah akibat sunburn atau peradangan jerawat. Timun juga mengandung silikon alami yang dapat menjaga elastisitas kulit sehingga tidak cepat keriput. Mengandung antioksidan, pencerah alami asam ascorbic, dan caffeic, timun dapat mencerahkan dan mengurangi lebam pada area kantung mata.

3. Aloe Vera yang melindungi kulit dari paparan sinar UV

Hampir sama seperti timun, aloe vera juga bersifat menyegarkan kulit. Manfaat daging aloe vera mengandung banyak amino acid yang bermanfaat untuk melembapkan kulit dan mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar UV. Aloe vera banyak digunakan untuk beragam produk yang multifungsi seperti masker wajah, masker kaki, soothing gelface mistface foam, dan sebagainya.

4. Tomat yang dapat melindungi dari radikal bebas dan hiperpigmentasi

Buah tomat juga seringkali dipakai sebagai bahan dasar perawatan kulit di Korea seperti untuk masker, krim wajah, lipbalm, dan toner. Tomat kaya akan antioksidan yang membuatnya ampuh sebagai penangkal radikal bebas. Antioksidan di dalam tomat berasal dari kandungan lycopene, Vitamin A, C, dan E yang kesemuanya bermanfaat untuk mencegah penuaan dini kulit akibat radikal bebas. 

5. Yuja, versi kecil lemon dengan kandungan vitamin C 3 kali lipat

Sering disangka buah lemon, yuja atau dikenal dengan nama yuza di Jepang memiliki kandungan vitamin C tiga kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan lemon. Vitamin C sangat penting untuk produksi kolagen dan merupakan antioksidan untuk menangkal radikal bebas.

Sama halnya dengan tanaman lain, tanaman-tanaman ini juga butuh dirawat. Berikut ini adalah cara merawat tanaman agar bisa tumbuh dengan subur.

  1. Lakukan teknik penyiraman dengan tepat
  2. Beri tanaman sinar matahari yang cukup
  3. Atur suhu dan kelembaban
  4. Pastikan terbebas dari hama dan penyakit
  5. Potong tanaman yang kering dan mati
  6. Beri nutrisi penting untuk tanaman

Pemberian nutrisi untuk tanaman ini sangat penting, yaitu melalui penggunaan pupuk yang tepat. Salah satu pupuk yang bisa digunakan adalah pupuk NPK Pelangi 16-16-16. Pupuk yang diproduksi PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) ini sangat cocok untuk semua jenis tanaman pangan, hortikultura dan tanaman perkebunan. 

Dibuat dengan teknik pencampuran secara fisik (bulk blending) menggunakan bahan baku berkualitas tinggi seperti Urea Granul, Diammonium Phospate (DAP) dan KCL yang merupakan sumber kalium dari serpihan asli (flake) dengan kandungan Kalium Oksida (K2O) sebesar 60%. Keunggulan NPK Pelangi diantaranya melepaskan unsur hara sesuai karakteristik atau sifat asli bahan baku, karena urea granul merupakan slow release nitrogen fertilizer yang lebih efisien diserap tanaman. (*)