Cara menanam buah jeruk pamelo imlek

Banyak Dicari Saat Imlek, Ternyata Jeruk Pamelo Kaya Manfaatnya Lho!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Topik Pembahasan

Imlek adalah tahun baru China atau festival musim semi yang merupakan festival penting di Tiongkok China. Selain di China, Imlek juga dirayakan di beberapa negara Asia Timur termasuk Indonesia. Kaum Tionghoa di Indonesia selalu merasa bahagia dan antusias dalam menyambut perayaan tahun baru China tersebut.

Imlek 2023 yang jatuh pada 22 Januari ini memiliki simbol zodiak Kelinci Air. Lambang kelinci merupakan simbol umur panjang, kedamaian, dan kemakmuran dalam budaya Tionghoa. Tahun ini diprediksi akan menjadi tahun harapan.

Ada beberapa hal yang identik dengan perayaan imlek, di antaranya kaum Tionghoa biasanya akan melakukan berbagai hal yang diyakini akan membawa keberuntungan dalam hidup. Salah satunya adalah menyajikan hidangan Imlek untuk keluarga dan teman. Mereka akan makan besar mulai dari makanan berat, camilan, dan buah-buahan. Banyak sekali makanan yang menjadi khas pada perayaan imlek salah satunya adalah buah jeruk. Buah jeruk diyakini akan membawa keberuntungan, kebahagian, kemakmuran ketika mencari uang. Bentuk jeruk yang bulat adalah simbol kebersamaan dan harmoni.

Masyarakat tionghoa memiliki tradisi untuk meletakkan buah jeruk bersama amplop merah di samping bantal anak-anaknya. Hal ini bertujuan untuk membawa keberuntungan. Buah jeruk juga biasa diletakkan dalam tempat beras yang diyakini sebagai usaha untuk mendatangkan berkah baik bagi keluarga.

Salah satu jenis buah jeruk yang sering digunakan adalah jeruk Pamelo. Dikutip dari Top China travel, buah jeruk pamelo diyakini mendatangkan keberuntungan saat imlek baik pamelo yang masih berwarna hijau ataupun yang sudah matang berwarna kuning. Bentuk bulat jeruk pamelo juga melambangkan reuni keluarga. Hal ini karena buah pamelo panen pada saat festival pertengahan musim gugur China. Tradisi mendekor rumah dengan satu atau sepasang buah pamelo untuk imlek yang diyakini dapat membawa keberuntungan bagi rumah tangga.

Manfaat Jeruk Pamelo untuk Kesehatan

Selain diyakini membawa keberuntungan pada perayaan Imlek, jeruk pamelo juga kaya akan gizi dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Jeruk pamelo tinggi akan kandungan Vitamin C, potassium dan juga serat. Jeruk pamelo juga memiliki kandungan pektin yang dapat dijadikan untuk pembuatan selai dan produk kosmetik.

Berikut beberapa manfaat jeruk pamelo bagi kesehatan : 

  1. Mengontrol Berat Badan

Jeruk pamelo adalah salah satu buah yang rendah kalori namun kaya akan nutrisi, sehingga tani muda yang ingin menurunkan berat badan dapat mengkonsumsi jeruk pamelo ini. Jeruk pamelo juga kaya akan serat, sehingga dapat memenuhi kebutuhan serat, vitamin, mineral dan antioksidan dalam tubuh meski tani muda sedang menjaga berat badan.

  1. Memperkuat sistem imun

Kaya akan vitamin C, jeruk pamelo dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Vitamin C dalam jeruk pamelo dapat berguna sebagai antioksidan untuk melawan virus dan bakteri dalam tubuh. Jeruk pamelo juga dapat bermanfaat dalam proses pemulihan pada demam dan flu.

  1. Meningkatkan Energi
  2. Melancarkan pencernaan

Tani muda yang memiliki permasalahan dalam pencernaan dapat mengkonsumsi jeruk pamelo sebagai pembantu. Hal ini karena kandungan serat yang tinggi pada jeruk pamelo.

  1. Mencegah penyakit jantung
  2. Mengontrol diabetes
  3. Meningkatkan kualitas tidur
  4. Membantu mengurangi resiko batu ginjal
  5. Mencegah dehidrasi pada tubuh.

Banyaknya manfaat yang bisa Tani Muda dapatkan dari mengonsumsi jeruk pamelo ini tak terlepas dari kandungan gizi dan kaya nutrisi. Pada 100 gram jeruk pamelo terdapat 38 kcal kalori, 1 mg natrium, 216 mg kalium, 10 g karbohidrat, 1 g serat pangan, 0,8 g protein, 8 IU Vitamin A, 6 mg Magnesium, 61 mg Vitamin C, 0,1 mg zat besi dan juga Vitamin B12.

Cara Menanam Jeruk Pamelo

Menanam jeruk pamelo hampir sama dengan cara menanam pohon pada umumnya. Sebelum menanam pohon jeruk pamelo, Tani Muda harus menyiapkan lahan yang memiliki tanah subur dan mendapat sinar matahari penuh. Tani Muda juga bisa menanam jeruk pamelo di dalam pot.

Bibit jeruk pamelo biasanya didapatkan dengan cara cangkok, untuk itu Tani Muda harus memilih bibit dari hasil cangkok tanaman yang memiliki induk yang baik dan sehat, dan pilih cabang yang pernah berbuah.

Untuk menanam jeruk pamelo, Tani Muda bisa membuat lubang sebesar 50cm x 50 cm x 50 cm. Tani Muda harus membuat lubang lebih besar daripada bibit, selanjutnya siapkan media tanam dengan campuran pupuk kandang dan tanah subur 1:1. Tuang tanah campuran pada dasar lubang setinggi 30cm lalu tanam bibit di atasnya. Timbun dan padatkan pelan-pelan agar dapat berdiri tegak.

Tani Muda bisa memberi kayu penopang agar tidak goyang. Selanjutnya Tani Muda harus melakukan perawatan dengan menyiram pohon jeruk pamelo, yaitu sehari sekali. Hal penting lainnya adalah jangan lupa untuk memberikan pupuk agar tanaman dapat tumbuh subur dan menghasilkan panen yang baik. Tani Muda bisa memberikan pupuk organik, seperti kompos dan pupuk kandang. Selain pupuk organik, pemberian pupuk kimia seperti NPK juga dapat memberikan hasil yang baik untuk pohon jeruk pamelo.

Tani Muda bisa menggunakan pupuk NPK produk dari PKT (Pupuk Kalimantan Timur), yang mana pupuk NPK PKT terdiri dari dua jenis, yaitu NPK Blending dan NPK Fusion. NPK PKT dibuat dari berbagai komposisi yang sesuai dengan kebutuhan tanaman dan jenis tanah. NPK adalah jenis pupuk yang mengandung tiga unsur hara makro yang sangat dibutuhkan oleh tanaman. Bahan baku dari pupuk NPK adalah urea, DAP dan KCL serta bahan- bahan lain berupa mikronutrien berkualitas tinggi.

Setelah pemberian pupuk, Tani Muda juga harus melakukan pengendalian hama dan penyakit. Hama yang sering timbul pada jeruk pamelo adalah ulat dan penggerek batang. Tani muda bisa menggunakan insektisida dan pestisida untuk mengatasinya. (Fitri)

Latest Article