Ustaz Yusuf Mansur berkebun

Belajar Bersama Ustaz Yusuf Mansur, Begini Tips Sukses Menjadi Urban Farmer

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Topik Pembahasan

Pertanian urban atau biasa disebut urban farming saat ini sedang menjadi tren. Banyak warga perkotaan yang mulai melakukan kegiatan urban farming di rumah.

Ustaz Yusuf Mansur adalah salah satu orang yang berhasil melakukan urban farming di rumahnya. Ustaz Yusuf Mansur memanfaatkan pekarangan dan atap rumahnya sebagai lahan untuk berkebun. Ustaz Yusuf Mansur melakukan urban farming dengan menanam tanaman cabe, tomat, bawang bahkan ada pohon durian. Selain tanaman, Ustaz Yusuf Mansur juga membuat kolam ikan di sekeliling rumahnya. Ustaz Yusuf Mansur mengaku bahwa ia telah melakukan aktivitas berkebun dari beberapa tahun belakang.

Hasil dari aktivitas berkebunnya ini, Ustaz Yusuf mengaku bahwa rumahnya menjadi tambah asri dan sejuk. Selain itu hasil panen dari ikan dan sayur – sayuran dapat digunakan untuk kebutuhan sehari -hari. Motivasinya untuk melakukan urban farming adalah ketika melihat banyak sawah yang telah menjelma menjadi kawasan industri, sehingga lahan semakin sempit, oleh karena itu masyarakat harus mampu memaksimalkan lahan disekitar rumah untuk menanam sayur-sayuran dan buah- buahan.

Daqu Argotechno

Selain melakukan aktivitas berkebun di rumah, Ustaz Yusuf MAnsur juga menginisiasi Daqu Agrotechno sebagai lembaga otonom Darul Qur’an yang akan mengelola pertanian sebagai aktivitas pengemabngan ekonomi , pemberdayaan dan pendidikan pertanian. Kegiatan pertanian yang dilakukan oleh Daqu Agrotechno ini akan menjadi model pemberdayaan ekonomi masyarakat berbasis pertanian berkelanjutan, dimana model tersebut bisa menjadi pusat informasi dan edukasi pertanian bagi masyarakat.

Selain itu Daqu Agrotechno juga memperkuat isu pembangunan ekonomi masyarakat melalui sektor pertanian. Untuk strategis jangka panjang, Daqu Agrotechno akan mengusung model program pertanian berkelanjutan sebagai sebuah alternatif dalam mengangkat kesejahteraan masyarakat marginal di pedesaan. 

Urban Farming sebagai Solusi Ketahanan Pangan Keluarga

Kegiatan urban farming yang dilakukan oleh Ustaz Yusuf Mansur ini menurutnya merupakan salah satu langkah untuk ketahanan pangan keluarga. Menurutnya dengan melakukan kegiatan berkebun dapat membantu untuk memenuhi kebutuhan sehari- hari. Ia juga menilai bahwa masyarakat memiliki kemampuan untuk mendukung ketahanan pangan keluarga dengan cara berkebun sayuran dan buah- buahan di pekarangan rumah.

Sejalan dengan Ustaz Yusuf Mansur, salah satu dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Padjadjaran Ir. Ichsan Darmawan, M. T, dalam seminar daring “Urban Farming sebagai Alternatif Upaya Ketahanan Pangan Keluarga di MAsa Pandemi”. Menurutnya urban farming merupakan salah satu upaya untuk mengatasi ketahanan pangan keluarga di masa pandemi Covid-19 saat ini. Ketahanan pangan akan tercapai apabila ketersediaan terpenuhi. Dan ketersediaan pangan akan tercukupi apabila adanya kegiatan pertanian di lahan pertanian.

Penulis: Fitri