tanaman untuk pengharum ruangan

Biar Hemat, Ini Rekomendasi Tanaman Hias yang Cocok sebagai Pengharum Ruangan

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Topik Pembahasan

Penggunaan pengharum ruangan sudah menjadi kebutuhan sehari-hari masyarakat Indonesia. Banyak alat dan produk pengharum ruangan dijual di pasaran untuk memberikan kesegaran di ruangan, baik rumah maupun perkantoran. Harga setiap pengharum ruangan sangat variatif, ada yang murah, ada juga yang memiliki harga tinggi. Ternyata, ada pengharum ruangan yang bikin hemat, yaitu memanfaatkan tanaman untuk pengharum ruangan di rumah.

Di era modern ini, pengharum ruangan memiliki banyak jenisnya, ada yang berbentuk stik, lilin aromaterapi, spray, minyak, dan gel. Apalagi, pengharum ruangan tidak hanya memberikan wangi harum dan menyegarkan di rumah, tetapi juga memiliki manfaat lain baik bagi kesehatan ataupun keindahan rumah.

Manfaat pengharum ruangan yang utama menetralisir bau-bau tidak sedap yang berasal dari dalam maupun di luar rumah. Pengharum ruangan bisa memiliki manfaat untuk meningkatkan suasana hati, hal ini karena aroma yang dikeluarkan akan dan dihirup akan merangsang otak memproduksi hormon serotonin yang dapat memperbaiki suasana hati yang akan menjadikan setiap orang yang menghirupnya menjadi senang.

Adanya pengharum ruangan juga bisa mendongkrak konsentrasi seseorang sebesar 54%. Hal ini akan membantu seseorang untuk lebih produktif dalam pekerjaannya. Pengharum ruangan juga dapat membantu seseorang yang susah tidur untuk memiliki tidur yang lebih nyenyak. Adanya pengharum ruangan juga akan membuat suatu aroma khas dari ruangan tersebut. 

Tanaman untuk Pengharum Ruangan

Pengharum ruangan memiliki banyak jenis. Salah satunya bisa berasal dari ekstraksi yang berbentuk minyak, gel, ataupun spray. Alternatif kekinian pengharum ruangan yang patut dicoba adalah dengan memanfaatkan tanaman hias. Selain ekonomis, tentu memiliki tanaman yang cocok untuk pengharum ruangan akan sangat menyenangkan.

rekomendasi tanaman hias untuk pengharum ruangan

Beberapa tanaman untuk dijadikan pengharum ruangan, di antaranya:

  1. Lavender 

Lavender adalah rekomendasi pertama tanaman yang bisa dijadikan sebagai pengharum ruangan. Selain memiliki wangi yang menyegarkan ruangan yang membantu untuk meredakan stress dan menenangkan pikiran.

Wangi lavender juga bisa mengusir nyamuk. Selain itu wangi lavender juga menjadi salah satu wangi yang dapat membantu orang dengan kesulitan tidur. Saat ini banyak produk pengharum ruangan yang telah memakai ekstrak lavender sebagai salah satu pilihan aromanya. Bunga ini bisa diletakkan di setiap sudut ruangan. Tak hanya memperindah rumah, tetapi juga dapat menyegarkan ruangan.

  1. Geranium 

Aroma yang diberikan oleh tanaman hias geranium juga bisa membantu mengusir nyamuk. Aroma yang dikeluarkan oleh geranium sangat beragam, yaitu aroma lemon, peppermint, coklat, jeruk, lavender, mawar hingga nanas.

Aroma yang dihasilkan oleh geranium bukanlah berasal dari bunga, melainkan dari daun. Oleh sebab itu, tanaman ini bisa diletakkan di dekat jendela atau ruangan yang mendapat banyak sinar matahari.

  1. Eucalyptus 

Tanaman hias eucalyptus memiliki aroma yang dapat menyegarkan, menenangkan, meredakan stress, melegakan pernapasan, dan dapat membantu meningkatkan aliran oksigen dalam tubuh.

Eucalyptus adalah jenis tanaman hias yang memiliki daun biru keabu-abuan. Aroma eucalyptus akan lebih keluar ketika tani muda menggosokkan daun-daunnya. Untuk mendapatkan harum tanaman ini, cobalah untuk meletakkannya di daerah yang mendapat sinar matahari cukup.

  1. Sedap Malam

Tanaman hias yang mengeluarkan aroma wanginya pada malam hari ini dapat memberikan efek menenangkan, dan dapat meningkatkan sirkulasi udara menjadi lebih baik. Sedap Malam merupakan jenis tanaman hias yang berbunga dan mengeluarkan aroma pada malam hari. Cobalah untuk meletakkannya di luar ruangan, aroma yang dihasilkannya akan tetap masuk ke dalam rumah.

  1. Kamboja 

Kamboja merupakan tanaman hias yang sering sekali dijumpai dan mudah didapatkan. Bunga kamboja memiliki berbagai jenis warna, seperti putih, kuning, merah muda, merah, dan jingga. Meski sering diletakkan di luar ruangan, kamboja juga bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif pengharum ruangan di rumah.

Cara Merawat Tanaman Hias di Rumah

Tanaman hias akan tumbuh subur dan dapat bermanfaat sebagai pengharum ruangan apabila mendapat perawatan yang tepat. Untuk dapat merawat tanaman hias dengan tepat, ada baiknya Tani Muda kenali dulu karakter dari setiap tanaman. Sebab,  tidak semua tanaman bisa mendapatkan perawatan yang sama.

rekomendasi tanaman hias untuk pengharum ruangan

Sedikit tips dari Demfarm yang telah dirangkum dari berbagai sumber, berikut cara merawat tanaman hias di rumah dengan benar:

Penyiraman 

Sebelum melakukan penyiraman ada baiknya tani muda mengecek dulu kelembaban tanah. Untuk mengetahui kelembabannya, tani muda bisa menyentuh tanah terlebih dahulu sebelum menyiram, dengan begitu tani muda akan mengetahui seberapa air yang dibutuhkan saat menyiram. Karena ada beberapa jenis tanaman hias seperti lavender yang tidak butuh untuk terlalu sering disiram. Yang terpenting adalah, jangan biarkan tanah menjadi kering.

Intensitas Matahari

Memastikan tanaman hias mendapat sinar matahari yang cukup. Jika tani muda menjadikan salah satu tanaman hias diatas sebagai pengharum ruangan, pastikan untuk ia mendapat sinar matahari yang cukup. Caranya tani muda bisa memindahkan letak tanaman pada siang hari di tempat yang mendapat sinar matahari cukup banyak. Lalu bisa memindahkannya kembali disaat malam.

Pemangkasan 

Pemangkasan atau pembersihan tanaman juga sangat dibutuhkan. Pangkaslah daun dan batang yang sudah menguning agar tidak menyebar ke daun lainnya. Lalu bila bunga sudah terlalu banyak, tani muda bisa mencoba untuk memindahkannya ke pot lain, atau mengganti pot dengan ukuran yang lebih besar.

Pemupukan 

Merawat tanaman hias juga membutuhkan pupuk, meski intensitas pemberian pupuk tidak terlalu sering, tetapi tani muda tetap harus memberi pupuk agar tanaman bisa tumbuh subur. Pupuk berfungsi sebagai penutrisi tanah, merangsang tanaman tumbuh lebih baik dan subur. Tani muda bisa menggunakan pupuk kandang, kompos ataupun pupuk kimia.

Untuk penggunaan pupuk kimia, tani muda bisa menggunakan berbagai jenis varian produk dari PT. Pupuk Kalimantan Timur (PKT). produk yang diberikan oleh PKT sangatlah beragam, mulai dari Urea, NPK, Ammonia, dan berbagai jenis pupuk Hayati. Tani muda tidak perlu takut menggunakannya, karena produk- produk PKT sudah mendapat standar SNI.(Demfarm/Fitri)

Latest Article