cara merawat bunga potong

Bisnis Bunga Potong Bikin Cuan, Ini Tips Agar Bunga Tetap Segar Sampai ke Tangan Pelanggan

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Topik Pembahasan

Bisnis bunga potong di Indonesia memiliki prospek yang sangat baik. Terlihat dari banyaknya pedagang bunga potong di Indonesia. Indonesia juga memiliki pasar bunga terbesar di Asia Tenggara yaitu Pasar Bunga Rawa Belong di Jakarta Barat. Di pasar seluas 1,4 hektar ini banyak sekali pedagang bunga potong yang mencapai kesuksesan. Salah satunya adalah Aris Mulyadi yang telah menekuni usaha bunga potong sejak tahun 2008. 

Aris Mulyadi adalah salah satu pedagang bunga potong yang sukses, omset dari penjualannya perbulan bisa mencapai angka 120-150 juta perbulan. Kesuksesan ini tentu tidaklah instan, ada suka duka yang dilalui selama menjalani bisnis. Terlebih ketika masa pandemi Aris mengaku mengalami penurunan omset sekitar 50-70%.

Aris menjalani bisnis sebagai supplier bunga potong bagi para customer-customernya seperti hotel, acara pernikahan, karangan bunga, florist, ucapan selamat ulang tahun dan masih banyak lagi. Sistem pemasarannya adalah mengutamakan customer yang datang langsung ke toko dan rekan- rekan yang telah menjadi langganan dan telah memesan terlebih dahulu. 

Aris mendapatkan stok bunga potongnya dari para petani lokal maupun petani PT atau perusahaan. Bunga- bunga yang didapatnya sebagian besar berasal dari daerah Bandung.

Pemasaran bunga potong nya juga tidak hanya untuk di Jakarta saja, tetapi sudah mencapai pulau Sumatera, Jawa dan Bali. kunci kesuksesan Aris dalam menjalani bisnis sebagai supplier bunga potong adalah harus mengetahui betul bagaimana karakteristik bunga-bunga yang dijual. Ketika mengetahui karakteristiknya tentu akan mudah untuk melakukan perawatan bunga agar tetap segar sampai ke tangan pelanggan. 

Cara Merawat Bunga Potong Agar Tetap Segar

Bisnis bunga potong tentu menjadi salah satu usaha yang memiliki prospek bagus. Peminat bunga potong sangat tinggi, karena bunga potong bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal, seperti dekorasi berbagai acara, penghias rumah atau ruangan, sebagai hadiah dan masih banyak lagi. Tetapi apakah tani muda tahu bahwa kesegaran bunga potong tidak akan bertahan lama jika tidak dirawat dengan cara yang tepat. Berikut beberapa cara yang bisa tani muda lakukan untuk menjaga kesegaran bunga potong yang tani muda miliki :

  1. Cara memotong 

Cara pertama yang bisa tani lakukan adalah memotong bunga dengan cara dan waktu memotong bunga yang tepat. Tani muda bisa memotong bunga menjelang pagi hari sebelum matahari terbit, hal ini karena pada pagi hari bagian batang, daun dan bunga masih menyimpan banyak air, sehingga akan menjaga kesegaran pada bunga. Tani muda bisa memotong bunga dengan batang yang kuat dan segar, tani muda juga bisa memilih bunga yang belum mekar atau masih kuncup, atau yang telah mekar seutuhnya. Cara memotong bunga juga sangat berpengaruh. Tani muda harus memotong bunga dengan kemiringan 45 derajat. Hal ini menjadikan batang memiliki area yang cukup luas untuk menyerap air.

  1. Wadah yang tepat

Selanjutnya adalah letakkan bunga potong pada wadah yang tepat. Menggunakan vas yang transparan agar terlihat kehidupan bunga. Wadah harus yang bersih, dan isi dengan air bersih. Temperatur dan banyaknya air juga berpengaruh terhadap kesegaran bunga. Tani muda bisa mengisis vas bunga sebanyak ⅔ , jangan sampai batang bunga terendam terlalu banyak. Gunakan air hangat dengan suhu 43,5 derajat celcius. Air hangat bisa membuat batang bunga menjadi kuat dan letakkan bunga di ruangan dengan suhu normal dan hindari kontak langsung dengan matahari. Tani muda harus rajin mengganti air di dalam wadah sebanyak satu kali dalam sehari. Air bersih akan menjaga kesegaran bunga potong.

  1. Pengawet bunga sederhana

Selanjutnya tani muda bisa menggunakan pengawet untuk bunga potong dari bahan- bahan seperti soda, jeruk nipis dan pemutih. Caranya adalah Campurkan air dengan cairan soda, kemudian berikan beberapa tetes air jeruk dan tambahkan pemutih. Komposisi ini akan memberikan nutrisi berupa kadar asam dan gula pada batang sekaligus zat anti-mikroba yang dimiliki oleh pemutih dapat mematikan mikroorganisme pada air dan batang bunga.

Budidaya Bunga Potong dan Rekomendasi Pupuk

Budidaya bunga potong di Indonesia sangatlah beragam. Mulai dari bunga mawar, melati, krisan, anggrek, bunga aster, bunga sedap malam, bunga lili, bunga gerbera, bunga karnasen, bunga pikok, bunga bokor dan masih banyak lagi.

Budidaya tanaman hias ini telah menjadi komoditas dalam perdagangan bunga potong. Bunga-bunga ini dibudidayakan oleh petani lokal ataupun telah diorganisir oleh perusahaan. Tani muda bisa melakukan budidaya bunga potong di rumah seperti menanam bunga mawar. Berikut cara mudah menanam bunga mawar di rumah yang bisa tani muda ikuti :

  • Pemilihan wadah yang tepat

Untuk menanam bunga mawar, tani muda harus menyiapkan lahan yang tepat. Jika menggunakan pot, pilihlah pot dengan ukuran yang agak besar, hal ini karena akar dari tanaman bunga mawar tumbuh dengan cepat dan panjang. Jadi bunga mawar membutuhkan lahan yang cukup luas.

  • Persiapan media tanam

Sebelum menanam tani muda harus menyiapkan media tanam yang baik. Tani muda bisa menggunakan tanah dengan campuran kompos ataupun pupuk kandang dengan campuran satu sendok. Selanjutnya isi pot dengan ukuran ⅔ jangan terlalu penuh, lalu buat cekungan untuk memasukkan bibit bunga mawar.

  • Penyiraman dan pemupukan

Setelah menanam bunga mawar, tani muda harus melakukan perawatan seperti penyiraman setiap hari di pagi hari antara pukul 6-10 pagi. Siram tanaman secukupnya, jangan terlalu banyak karena akan membuat tanaman membusuk. Selanjutnya lakukan pemberian pupuk, tani muda bisa memberikan pupuk organik atau pupuk anorganik. Untuk pupuk organik, tani muda bisa memberikan pupuk kandang dan untuk pupuk anorganik seperti NPK. 

  • Menjaga Suhu

Bunga mawar adalah salah satu bunga yang tidak membutuhkan sinar matahari terlalu banyak. Tani muda bisa menempatkan bunga mawar ditempat yang mendapat sinar matahari tidak terlalu banyak. Suhu yang terlalu ekstrim seperti terlalu panas atau terlalu dingin tidak baik bagi bunga mawar. Ketika cuaca sudah ekstrim, tani muda bisa memasukkan tanaman ke dalam ruangan. (Demfarm/Fitri)