cara menanam rempah-rempah di rumah

Cara Menanam Rempah-rempah di Rumah Sebagai Bahan Memasak Daging Kurban

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Topik Pembahasan

Lebaran Idul Adha 1442 H tinggal menghitung hari. Banyak kegiatan- kegiatan yang tentu sudah ditunggu pada saat hari lebaran kurban tiba, seperti silaturahmi dengan keluarga, Salat Iduladha dan penyembelihan hewan kurban yang menjadi highlight dari perayaan hari besar ini.

Dari penyembelihan itu, masyarakat biasanya akan mendapatkan daging secara merata. Daging-daging tersebut kemudian diolah dalam berbagai olahan makanan. Misalnya saja rendang, sop, sate, dan lainnya.

Semua jenis olahan makanan tersebut pasti menggunakan rempah-rempah, seperti dalam pembuatan rendang, rempah-rempah yang diigunakan adalah, jahe, kunyit, lengkuas, serai, bawang merah, bawang putih, dan lada. Tak heran jika rempah-rempah tersebut menjadi salah satu item yang ikut banyak dicari masyarakat di Hari Raya Iduladha.

Sebenarnya, rempah-rempah merupakan tanaman yang mudah di tanam. Oleh karenanya, tidak ada salahnya mencoba menanam rempah-rempah sendiri di rumah.

Menanam rempah-rempah dalam olahan daging kurban

Menanam rempah-rempah di rumah tidaklah sulit. Tanaman rempah tidak pula membutuhkan lahan yang luas sehingga bisa hidup di dalam pot atau pekarangan rumah. Adapun rempah yang bisa ditanam di rumah, di antaranya kunyit, jahe, lengkuas, kencur, sereh, dan temu kunci.

Untuk kunyit misalnya, tanaman ini bisa ditanam langsung di tanah ataupun pot dan polybag. Caranya cukup benamkan kunyit yang sudah memiliki tunas kedalam tanah. Setelah bibit tersebut memiliki banyak tunas, potong dan pindahkan ke dalam pot lainnya.

Kunyit dapat dipanen dalam waktu kurang lebih 8 bulan. Selain rimpangnya, daun kunyit juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan masakan.

Khusus untuk serai, perhatikan agar tanaman tersebut mendapatkan sinar matahari yang cukup. Tanaman ini memiliki akar langsung ke tanah.

Pilihlah wadah yang memiliki kedalaman 12 inci atau 30 cm karena serai memiliki akar yang panjang dan pohon yang tinggi. Untuk memiliki melakukan pembibitan serai juga sangat mudah. Potong batang serai lalu masukkan kedalam wadah yang berisi air, maka akar serai akan tumbuh dalam waktu satu minggu. Setelah akarnya tumbuh, Anda dapat langsung menanamnya ke tanah atau polybag. 

Selanjutnya rempah yang sangat mudah untuk ditanam di rumah adalah ketumbar. Ketumbar merupakan rempah yang berbentuk biji.

Cara menanamnya juga sangat mudah, cukup dengan masukan bijinya kedalam tanah yang subur ke dalam pot. Ketumbar juga tipe tanaman yang tidak membutuhkan banyak sinar matahari sehingga dapat diletakkan dekat jendela ataupun teras. Selain bijinya, daun ketumbar juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai jenis makanan, seperti soto dan sop.

Manfaat rempah- rempah

Sebagai bahan untuk membuat olahan daging kurban, rempah- rempah memiliki banyak manfaat. Tidak hanya sebagai penyedap rasa untuk masakan, rempah- rempah juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Rempah- rempah memiliki kandungan yang dapat memberikan perlindungan bagi tubuh dari berbagai macam penyakit. Berikut beberapa jenis rempah dan manfaatnya:

  • Jahe 

Jahe adalah salah satu rempah yang sangat sering digunakan pada setiap masakan Indonesia. Tak dapat dipungkiri jahe memiliki banyak khasiat untuk tubuh. Jahe memiliki sifat anti radang, dan antioksidan yang kuat, baik untuk mengurangi mual, meredakan nyeri haid,osteoarthritis, dan meredakan flu. Oleh sebab itu jahe sering kita temui dalam olahan makanan, minuman seperti jamu dan lainnya.

  • Kunyit .

Sama seperti jahe, kunyit juga memiliki sifat anti radang dan antioksidan yang tinggi yang dihasilkan oleh kurkumin yang dikandungnya. Menurut penelitian kunyit dapat membantu menyembuhkan pilek, mengobati bekas luka, meringankan gejala arthritis, mengurangi kolesterol, mencegah pikun dan kanker, memelihara fungsi hati dan otak, serta dapat mengatasi infeksi.

  • Bawang putih 

Tak dapat dipungkiri bawang putih adalah salah satu rempah- rempah yang digunakan pada setiap masakan. Bawang putih memiliki banyak sekali manfaat seperti dapat membantu menurunkan tekanan darah, menguatkan imunitas tubuh, mengurangi kolesterol, menekan pertumbuhan sel kanker, dan dapat mencegah penyakit jantung dan obesitas.

  • Kayu manis

Kayu manis seringkali kita temukan dalam olahan roti dan kue. Ini karena kayu manis dapat memberikan wangi dan rasa yang khas. Namun selain untuk menambah nikmat makanan, kayu manis memiliki manfaat seperti mengurangi peradangan seperti bengkak, dapat membantu mengontrol kadar gula darah, kolesterol, tekanan darah serta membantu memperbaiki fungsi otak. Selain memiliki sifat antioksidan, kayu manis juga memiliki sifat anti bakteri.

Selain beberapa jenis rempah diatas, rempah lain juga sangat bermanfaat bagi tubuh. Kebanyakan manfaat dari rempah- rempah indonesia adalah membantu mengurangi kolesterol, mengurangi rasa sakit, sebagai penambah imunitas tubuh, pencegah infeksi, mengurangi rasa mual, mencegah alergi dan masih banyak lainnya.