Tips bercocok tanam a la Nirina Zubir

Dari Hobi Hingga Kembangkan Bisnis Florikultura, Intip Keseruan Nirina Zubir dengan Tanamannya Yuk!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Topik Pembahasan

Nirina Raudhatul Jannah Zubir atau yang biasa dikenal dengan Nirina Zubir merupakan seorang entertainer multitalenta yang kerap muncul di layar kaca. Nirina mengawali karir sebagai penyiar radio dan pembawa acara TV. Kabar terbaru, saat ini Nirina tengah mengembangkan bisnis Florikultura.

Sebagai salah satu artis senior di Indonesia, Nirina dikenal dengan aktingnya yang sangat apik. Banyak judul film yang berhasil di pasaran berkat aktingnya. Tidak hanya sibuk dengan dunia entertainer, istri dari Ernest Cokelat ini juga memiliki banyak hobi, seperti sepeda dan lari. Sementara, hobi bercocok tanam yang dimiliki Nirina ditularkan oleh mendiang ibunya. 

Hanya saja, ketertarikan tanaman Nirina dan sang ibu berbeda. Nirina lebih menyukai pohon yang bagus dan tanaman hias, sedangkan sang ibu menyukai sayuran dan buah- buahan. Nirina seringkali membagikan kegiatan berkebunnya di media sosial: Instagram.

Awalnya, Nirina mengaku sempat patah arang saat berkebun, karena kaktus yang ditanamannya tidak dapat berkembang baik, namun akhirnya Nirina terus belajar hingga kini ia memiliki banyak jenis tanaman hias di rumahnya. 

Bisnis Florikultura Nirina Zubir

Tidak hanya hobi menanam, merawat dan mengoleksi tanaman hias, Nirina melihat adanya peluang bisnis dari hobinya tersebut. Untuk bisnisnya tersebut Nirina melakukan penjualan secara online melalui akun instagram @kebunna. Akun instagram ini ia khususkan untuk memuat profil tanamannya dan juga sebagai tempat promosi dan dagang tanaman hias milikinya. Nirina memiliki banyak jenis tanaman hias yang akan di jualanya. Di belakang rumahnya terdapat satu tempat khusus tanaman- tanaman yang akan di jual yang disusun secara rapi.

Instagram nirinazubir_

Dalam melakukan penjualan, Nirina melakukan siaran langsung di instagramnya dengan sistem flash deal, dimana Nirina sudah menetapkan jumlah harga dari tanaman yang akan di jualnya, dan penonton yang lebih cepat yang akan mendapatkan tanaman hias tersebut. Dalam menentukan harga Nirina biasanya dilihat dari banyak dan besar nya daun tanaman. Jadi semakin banyak dan semakin besar daun, harga tanamannya juga akan mahal.

Nirina pernah menjual tanaman philodendron melanochrysum dengan harga Rp. 3.000.000,- dan monstera dubai Rp. 250.000,- pertiga daun yang tumbuh. Tanaman janda bolong atau monstera miliknya juga di bandrol dengan harga tinggi. Harga satu bonggol monstera bisa di jual kisaran 15-25 juta rupiah. Jika memiliki daun maka minimal satu harganya bisa mencapai 43 juta rupiah dan dua daun 86 juta rupiah.

Selain itu, Nirina juga memperhatikan packaging dalam pengiriman tanam yang telah terjual. Pengemasan dilakukan dengan baik agar tanaman dapat sampai dengan aman dan selamat kepada pelanggan. Basanya Nirina akan melakukan pengemasan dengan menggunakan kardus dari dasar pot dan mengikuti tinggi tanaman. Setelah itu bagian kardus akan diselotip agar tanaman tertutup dan aman.

Cara Merawat Tanaman Hias ala Nirina Zubir

Banyaknya tanaman hias Nirina yang indah, sehat, dan subur tentu tak terlepas dari perawatannya yang juga baik. Salah satu cara merawat tanaman hiasnya adalah Nirina menyiram tanaman hiasnya dengan air bekas menguras ikan cupang yang dimilikinya. Selain berkebun tanaman hias, Nirina juga memelihara ikan cupang. Menurutnya tanaman yang disiram dengan air bekas menguras ikan cupang akan menjadi lebih subur. Nirina mengaku bahwa ia menerapkan sistem simbiosis mutualisme antara tanaman hiasnya dan ikan cupang. 

Dalam merawat tanaman hias, selain menyiram dengan teratur, tips berikutnya adalah kenali karakter dari tanaman tersebut. Dengan mengenali karakter tanaman hias, maka tani muda akan mengetahui perawatan yang tepat. Dari segi cara pemberian pupuk, kapan harus mengganti media tanam, kapan harus melakukan rotasi dan tentu saja kebutuhan lain dari tanaman hias. Setiap tanaman hias memiliki karakter yang berbeda dan cara perawatan yang berbeda pula. Ada jenis tanaman hias yang tidak membutuhkan penyiraman yang terlalu sering seperti kaktus, ada tanaman hias yang harus mendapat sinar matahari langsung dan ada pula yang tidak membutuhkan sinar matahari langsung.  

Penulis: Fitri