Pupuk untuk Menyuburkan Tanah

Duet Asik Pupuk Kompos dan Ecofert untuk Suburkan Tanah di Rumah, Kamu Harus Coba!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Topik Pembahasan

Pupuk kompos merupakan jenis pupuk paling umum yang sering digunakan untuk membantu kesuburan tanah. Sebab, jika tanah tidak subur, tanaman tidak akan mendapatkan nutrisi cukup untuk tumbuh.

Saat ini, media tanam mayoritas yang digunakan adalah tanah. Meski beberapa ada yang menggunakan air maupun gel khusus untuk jenis tanaman tertentu.

Kesuburan tanah tentunya menjadi kunci dari keberhasilan menanam beragam tumbuhan yang kita rawat.

Termasuk, saat akan menanam di pekarangan rumah baik menggunakan pot, polybag atau langsung memanfaatkan tanah halaman kita.

Apalagi bagi masyarakat perkotaan, dominasi tanah tak subur sudah menjadi rahasia umum. Karenanya, sebelum menanam penting untuk diolah terlebih dahulu. Inilah mengapa perlu mencari tahu pupuk yang bisa membantu untuk menyuburkan tanah yang ingin dipakai bertanam.

Pentingnya melakukan pengolahan tanah sebelum menanam

Menyiapkan tanah yang subur tentunya menjadi faktor penting saat kita akan membudidayakan tanaman di rumah.

Karena pengaruhnya akan berdampak terhadap produktivitas tanaman yang kita budidayakan. Bahkan, menyiapkan lahan dan memastikan tingkat kesuburannya akan mendukung peningkatan hasil yang banyak dan bermutu baik.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan tanah atau lahan pertanian tidak subur, biasanya kering dan tandus. Mulai dari faktor cuaca, unsur hara dan mineral tanah yang rendah, kurangnya rongga udara pada tanah, hingga faktor rendahnya porositas struktur tanah.

Dalam hal ini, sebenarnya kesuburan tanah tandus tersebut dapat dikembalikan. Pengembalian bisa kita lakukan secara bertahap dengan cara dan formula menyuburkan tanah yang tepat pula.

Cara pertama untuk membuat tanah tandus menjadi subur kembali yang bisa dilakukan, memberikan pupuk. Pupuk menjadi sangat penting untuk mendukung meningkatkan kembali kandungan unsur hara pada tanah tandus yang rendah. 

Pupuk yang tepat untuk diterapkan di lahan yang tidak subur  adalah Pupuk Ecofert yang diproduksi PT Pupuk Kaltim, pupuk kandang dan pupuk kompos serta kapur.  Khusus Pupuk Ecofert, bisa kita dapatkan melalui agen resmi produsen pupuk anak PT Pupuk  Indonesia atau juga belanja langsung ke depot pupuk dan juga pasar digital.

Pupuk Ecofert

Merupakan pupuk hayati dengan komposisi yang terkandung terdiri dari jamur pelarut fosfat (Aspergillus niger), bakteri pelarut fosfat (Bacillus sp), Bakteri penambat  nitrogen (N) dan penghasil hormon pertumbuhan, asam humat, zeolit dan gypsum.

Pupuk ini bermanfaat untuk meningkatkan ketersediaan nutrien/hara Nitrogen (N) dan Fosfat (P). Berperan dalam menghemat dosis penggunaan pupuk NPK hingga 25 persen, juga dapat meningkatkan hasil panen yang diproyeksi naik dari 25 % sampai 50 %.

Selain itu, pupuk ini juga dapat memacu pertumbuhan tanaman, membantu penyerapan unsur hara fosfat (P) dan meningkatkan kesuburan tanah.

Pupuk Kandang

Pupuk kandang juga merupakan pupuk murah yang bisa didapatkan dengan sangat mudah. Seperti namanya, pupuk kandang adalah pupuk yang berasal dari kotoran hewan. Baik itu sapi, kambing, atau kotoran unggas seperti ayam.

Untuk mengembalikan kesuburan, pupuk kedua ini memang terbilang efektif. Hal itu karena pupuk kandang mampu meningkatkan kandungan unsur hara pada tanah serta dapat mengurai bahan organik secara cepat.

Pupuk kompos

Pupuk organik yang dibuat dari bahan sisa tanaman dan hewan. Selain bisa didapatkan dengan cara membelinya, pupuk jenis pertama ini juga bisa Anda buat sendiri.

Dalam hal ini, tentu membuat pupuk kompos sendiri jauh lebih disarankan. Pertimbangannya, selain karena pupuk dapat dibuat dengan mudah, cara ini tentu juga jauh lebih hemat pula.

Pupuk untuk menyuburkan tanah yang bagus

Penggunaan pupuk kandang dan Pupuk Ecofert dalam menyuburkan tanah yang tak produktif tentunya menjadi solusi untuk meningkatkan kesuburan media tanam yang akan kita gunakan untuk menanam beragam jenis tanaman di pekarangan atau di balkon rumah.

Pupuk kandang diketahui sangat efektif untuk menyuburkan tanah atau lahan yang tandus. Namun, dengan duet asik pupuk kandang dan pupuk ecofert akan semakin mendukung kesuburan media tanam yang kita gunakan.

Sebelumnya, telah dijabarkan kandungan dalam  Pupuk Ecofert ya, karenanya kita tak perlu ragu untuk menggunakan dan mengaplikasikan pupuk hayati tersebut.

Adapun manfaat Pupuk Ecofert, dapat meningkatkan tersedianya nutrien/hara Nitrogen (N) dan Fosfat (P), berperan untuk efisiensi penggunaan pupuk NPK (hemat dosis 25%) dan meningkatkan hasil panen (naik 25%-50%).

Pupuk produksi PT Pupuk Kaltim ini juga, berguna dalam memacu pertumbuhan tanaman, membantu tanaman dalam penyerapan unsur hara fosfat (P) dan meningkatkan kesuburan tanah.

Cara penerapannya pun, sangat mudah hanya menggunakan sedikit dosis dan hanya sekali sebelum tanam. Pupuk berbentuk granul diaplikasikan ke tanah.

Awali dengan menggemburkan tanah yang akan digunakan untuk pot dan polybag , lalu tambahkan pupuk kandang dan sedikit Pupuk Ecofert aduk sampai semuanya tercampur. Biarkan, beberapa hari sampai tanah dan pupuk menyatu dan siap digunakan untuk menanam beragam jenis tanaman hortikultura maupun tanaman hias kesukaan kita.

Tak lupa, saat mulai menanam kita harus memastikan benar-benar memiliki bibit yang terbaik kualitasnya ya. Bibit bermutu akan sangat memengaruhi hasil yang sesuai dengan harapan kita pastinya.