Biaya membuat taman minimalis di rumah

Ingin Punya Taman Minimalis di Rumah? Intip Biayanya Yuk!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Topik Pembahasan

Pandemi Covid-19 yang telah berlangsung lebih dari satu tahun menciptakan banyak tren baru. Anjuran untuk banyak beraktivitas di dalam rumah membuat orang melakukan hal-hal kreatif untuk membunuh rasa bosan selama di rumah.

Beberapa tren yang muncul di antaranya, memelihara ikan cupang atau ikan koi, menanam tanaman hias kekinian, berkebun sayuran di rumah, hingga mengubah teras rumah menjadi taman kecil yang asri.

Memiliki taman kecil di depan rumah memang jadi obat tersendiri untuk menghilangkan penat di tengah pandemi Covid-19 yang melanda. Dekorasi taman yang cantik bisa memanjakan mata sekaligus menenangkan pikiran.

Beberapa manfaat keberadaan taman di rumah, di antaranya:

  • Taman yang berisi tanaman hidup memberikan keseimbangan terhadap rumah yang dibangun dengan batu dan semen. Keseimbangan ini penting untuk membuat rumah jadi terasa lebih nyaman.
  • Tanaman yang terdapat di taman menjadikan udara lebih segar. Terlebih jika Anda tinggal di perkotaan yang tingkat polusi udaranya cukup tinggi. Taman dapat berperan sebagai penyuplai oksigen dan udara bersih yang menyehatkan.
  • Taman juga bermanfaat sebagai sarana untuk menyalurkan hobi berkebun. Kelelahan atau stres yang dialami saat bekerja di kantor akan segera hilang dengan sekadar menyiram tanaman atau memandang dan menikmati keindahan tanaman yang ada.
  • Tidak hanya itu, taman minimalis di rumah juga bisa dijadikan spot foto yang Instagramable untuk dibagikan di laman media sosial Anda. Siapa tahu ada yang terinsipirasi untuk membuat taman serupa.

Tidak perlu lahan yang luas dan biaya yang besar untuk menghadirkan taman di rumah. Sedikit lahan kosong di teras rumah bisa disulap menjadi taman minimalis yang cantik. Tentunya dengan biaya yang disesuaikan dengan anggaran atau budget.

Agar lebih hemat pengeluaran, tidak perlu menyewa jasa pembuat taman khusus, Anda dapat mengerjakan sendiri taman yang Anda inginkan. Bagi Anda yang sudah berkeluarga, mengerjakan taman berdua pasangan juga bisa jadi aktivitas yang menyenangkan.

Yuk, intip beberapa ide pembuatan taman minimalis yang Brintani.id rangkum dari beberapa sumber.

Taman 2 x 1 Meter dengan Budget 500 Ribuan

Ide taman minimalis yang pertama terinspirasi dari kanal Youtube Nuri Nurbaniyah. Lahan yang digunakan sekitar 2 x 1 meter. Posisinya di sisi halaman rumah yang sudah dikelilingi pagar.

Lahan untuk taman sudah tersedia, sehingga tinggal dilakukan dekorasi tanaman untuk menyulapnya menjadi taman minimalis yang cantik.

Pertama siapkan tanaman yang akan menjadi penghuni taman minimalis. Anda bisa memilih tanaman sesuai selera. Yang kami rekomendasikan kali ini tanaman calathea lutea, miana merah dan lily paris masing-masing 10 pot. Jumlah tanaman disesuaikan dengan luas area taman.

Harga tanaman calathea lutea atau pisang-pisangan bekisar Rp30.000 per pot, miana merah Rp10.000 per pot, dan lily paris Rp5.000 per pot. Sehingga budget yang dikeluarkan untuk tanaman hias bekisar Rp450.000.

Selanjutnya, gali lubang lalu tanam satu per satu tanaman yang sudah disiapkan. Baris pertama untuk tanaman calathea, jarak antar tanaman 10 cm agar tanaman tidak tumbuh terlalu tinggi, maksimal 2 meter. Anda bisa memberi jarak antar tanaman lebih dari 15 cm jika ingin tanaman tumbuh lebih tinggi.

Lanjutkan menanam miana dan lily paris, warna merah miana dan putih dari lily paris memberikan sentuhan warna lain selain hijau yang membuat tampilan taman lebih menarik untuk dipandang.

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat taman minimalis ini sekitar 2,5 jam. Tidak terlalu lama kan? Anda dapat menggunakan waktu luang di pagi dan sore hari untuk mengeksekusi lahan di depan rumah Anda menjadi taman yang indah.

Untuk menutupi sisa tanah, gunakan 3 karung batu kerikil atau koral khusus taman di tepi area taman. Harga per karungnya bekisar Rp30.000.

Jadi deh, taman minimalis cantik kini bisa Anda miliki dengan bujet murah. Total bujet yang Anda butuhkan sekitar Rp540.000. Relatif murah bukan? Selamat mencobanya di rumah ya!

Taman Minimalis dengan Rumput Sintetis Budget 1 Jutaan

Inspirasi taman minimalis selanjutnya dari kanal Youtube Windha Nurmala. Sisa sedikit lahan seluas 2 x 2,5 meter di depan rumah bisa disulap menjadi taman minimalis dengan memanfaatkan rumput sintetis.

Langkah yang pertama, ukur area yang akan dijadikan taman. Hasil pengukuran tersebut untuk menentukan berapa luas rumput sintetis yang harus dibeli.

Ratakan tanah lalu lapisi dengan pasir agar tanah tetap dapat menyerap air namun tidak becek. Pasir yang digunakan kurang lebih 2 karung, harga per karung sekitar Rp15.000, sehingga bujet untuk pasir hanya Rp30.000.

Setelah dilapisi pasir, diamkan tanah sehari semalam agar pasir menempel sempurna pada tanah. Keesokan harinya bersihkan area tanam yang telah tertutup pasir dari sisa-sisa kotoran dan sampah.

Kemudian lapisi area taman dengan membran rumput sintetis. Harga membran rumput sintetis Rp15.000 per meter, siapkan seluas 6 meter, jadi total harga membran Rp90.000. Anda boleh membeli dengan ukuran yang lebih luas. Hamparkan menutupi area taman, kelebihan membran cukup dilipat.

Lanjutkan memasang rumput sintetis sebanyak 2 rol. Harga 1 rol rumput sintetis Rp325.000 dengan ukuran 1 x 2 meter dn ketinggian rumput 2 cm. Total harga rumput sintetis sebesar Rp650.000. 

Gunakan 3 karung batu koral putih untuk menutup sisa tanah yang tidak terlapisi rumput sintetis. Satu karung batu koral putih untuk taman harganya Rp30.000, jadi total harga batu Rp90.000.

Terakhir, hiasi area taman dengan berbagai jenis tanaman sesuai selera Anda, seperti kaktus, lidah mertua, aglonema, janda bolong, dan taman-taman lainnya. Total bujet yang disiapkan untuk tanaman beserta pot-potnya bekisar Rp300.000.

Total bujet yang Anda butuhkan untuk menciptakan taman minimalis seluas 2 x 2,5 meter dengan rumput sintetis sebesar Rp1.160.000. Bujet ini jauh lebih murah dibandingkan membuat taman menggunakan jasa pembuat taman. Sekarang Anda bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. (*)