Jangan Khawatir Gak Kebagian, Cek Stok Pupuk Di Sini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Topik Pembahasan

Mulai tanggal 1 Oktober 2022 distribusi pupuk bersubsidi akan dibatasi. Dibatasi bukan berarti stok dikurangi, tetapi meningkatkan sistem dalam distribusi agar tepat sasaran dan tepat guna. Pemerintah terus melakukan upaya agar tata kelola pendistribusian pupuk bersubsidi dapat berjalan lancar. Upaya tersebut adalah dengan melakukan digitalisasi dalam pendistribusian dan penebusan pupuk bersubsidi yang dimulai dari hulu ke hilir penyaluran pupuk bersubsidi, adanya revisi Permentan No. 41 Tahun 2021, penyempurnaan data dan sistem, serta pengelolaan dan pengawasan kebijakan subsidi pupuk.

Untuk hal itu PT Pupuk Indonesia melakukan digitalisasi dalam pendistribusian pupuk bersubsidi. Digitalisasi kios resmi dapat menjadi cara efektif untuk memastikan penyaluran pupuk bersubsidi tepat sasaran. Upaya tersebut dapat dilakukan dengan menerapkan aplikasi Retail Management System (RMS) atau Rekan. Melalui aplikasi ini, PT. Pupuk Indonesia bisa mengetahui ketersediaan stok pupuk di kios resmi hingga pupuk tersebut telah diterima oleh petani. Aplikasi Rekan telah diimplementasikan secara penuh di Kios Pupuk Lengkap (KPL) di provinsi Bali mulai dari bulan Juli 2022. Hal ini disampaikan oleh Direktur Transformasi Bisnis Pupuk Indonesia, Panji Winanteya Ruky. Tidak hanya di Bali, tetapi aplikasi Rekan juga sudah diakses di Aceh.

Panji juga mengatakan bahwa “Aplikasi Rekan merupakan sistem digitalisasi terbuka yang dapat meningkatkan layanan. Aplikasi ini membantu kios dalam memonitor penjualan atau memberikan efisiensi pada urusan pencatatan data transaksi”. PT. Pupuk Indonesia menetapkan beberapa kios pupuk lengkap (KPL) di Bali sebagai pilot project. Sistem ini dijamin mampu meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam penyaluran pupuk. Penerapan aplikasi ini juga dapat sangat membantu pemilik kios untuk mengontrol penjualan, data para petani yang menjadi pembeli, hingga pencatatan data transaksi lainnya.

Panji menjelaskan dengan sistem digital ini mempermudah dan mempercepat kios dalam memproses penjualan pupuk baik retail, komersil, maupun pupuk bersubsidi. Aplikasi ini juga dapat membantu para kios untuk memonitor penjualan kepada petani.

Manfaat dan Fungsi Aplikasi Rekan

Manfaat dan fungsi yang didapatkan ketika menerapkan aplikasi Rekan adalah sebagai berikut:

  • Digitalisasi perbaikan tata kelola dan penyederhanaan proses penebusan pupuk bersubsidi.
  • Dapat menelusuri penyaluran pupuk bersubsidi di tingkat kios yang berdasarkan nomor induk kependudukan (NIK) para petani dan ge-tagging.
  • Sistem pembayaran yang terintegrasi dengan kartu tani dan metode pembayaran elektronik lainnya.
  • Tersedianya laporan penebusan dan penagihan secara digital.
  • Kemudahan administrasi kios dalam melakukan pencatatan transaksi, pelaporan keuangan, pengelolaan stok, dan manajemen pegawai.
  • Adanya mode offline yang bertujuan agar tetap dapat berfungsi pada remote area dengan kualitas sinyal yang kurang baik.
  • Sistem point of sales penjualan produk non subsidi atau produk- produk lain yang ada di kios.
  • Mempermudah kontrol stok produk dan barang secara realtime. 

Dengan menggunakan aplikasi Rekan nantinya petani yang ingin membeli pupuk cukup hanya dengan menggunakan KTP, yang dapat dicek kedalam database Kementerian Pertanian. Petani yang ada di dalam data akan mendapatkan pupuk. Aplikasi Rekan akan menghubungkan bara dari Pupuk Indonesia dan uang dari pemerintah untuk penagihan. 

Penggunaan aplikasi Rekan saat ini hanya dapat di akses di daerah Bali dan Aceh, namun Panji berharap aplikasi Rekan dapat diimplementasikan di 28.815 kios yang tersebar di seluruh Indonesia. Panji juga memastikan bahwa sistem digital milik Pupuk Indonesia ini juga terintegrasi dengan sistem data pupuk subsidi milik Kementerian Pertanian dalam Rencana Definitif Kebutuhan Pupuk Bersubsidi secara elektronik (eRDKK) maupun penebusan pupuk bersubsidi oleh para petani.

Kedepannya, Pupuk Indonesia akan meluncurkan aplikasi Rekan yang bisa dimanfaatkan oleh distributor, kelompok tani, hingga petani penerima pupuk bersubsidi. Aplikasi Rekan yang sudah digunakan oleh para kios akan terhubung dengan sistem monitoring rantai pasok Pupuk Indonesia, yaitu Distribution Planning & Control System (DPCS) yang memonitor pergerakan stok pupuk subsidi secara nasional dari pabrik hingga sampai ke tangan petani. Dengan pengaplikasian Rekan ini membantu PT. Pupuk Indonesia dalam melakukan tracking dan cek stok di Gudang, digitalisasi dari lini I ke Lini IV bahkan barang sampai kios dan tambah barang sampai petani dengan adanya aplikasi ini.

Latest Article