Jangan Sembarangan Bawa Masuk Tanaman, Ini Tanaman yang Mampu Membersihkan Udara di Kamar

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Topik Pembahasan

Bosan dengan tampilan dekorasi di rumah? Yuk, tambahkan beberapa tanaman hias dalam ruangan agar sudut rumah menjadi lebih asri. Selain memberikan kesan segar dan tidak monoton pada ruangan, menempatkan tanaman di dalam ruangan juga dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan.

Tanaman Hias dalam Ruangan

Sudah memiliki tanaman hias dalam ruangan? Jika belum, silakan cek dulu kira-kira tanaman hias apa saja yang bisa diletakkan di dalam ruangan.

  1. Lidah Mertua

Lidah mertua dikenal dengan sebutan Sansevieria. Bentuknya panjang dan runcing dengan tekstur tebal dan keras. Warnanya juga variatif, ada yang berwarna hijau muda dengan perpaduan warna kuning dan ada pula jenis yang berwarna hijau tua.

  1. Sirih gading

Sirih gading termasuk jenis tanaman yang mudah perawatannya. Tanaman hias dalam ruangan ini bisa tumbuh dengan baik ketika ditanam melalui media tanah maupun air.

Dengan bentuknya yang menjuntai, sirih gading sangat bagus jika diletakkan pada rak atau ambalan yang menempel pada dinding.

  1. Peace lily (Lili perdamaian)

Tanaman hias lili perdamaian ini memiliki nama dan bentuk yang unik. Lili perdamaian tidak membutuhkan banyak cahaya matahari untuk tetap hidup. Karena itu sangat cocok ditaruh di dalam ruangan. 

  1. Aloe vera

Aloe vera atau lidah buaya termasuk salah satu tanaman yang dapat tumbuh subur di dalam ruangan. Tanaman ini menyukai cahaya matahari yang tidak langsung. Jadi memang lebih baik diletakkan di teras atau di dalam ruangan.

  1. Bromeliad

Bromeliad ternyata mampu menghilangkan lebih dari 80 persen dari enam senyawa organic yang berbahaya. Untuk memaksimalkan manfaatnya sebagai penyerap polutan, Anda dapat memperhatikan ukurannya dibandingkan dengan ukuran ruangan. Semakin besar ruangan, sebaiknya bromeliad yang ditaruh juga semakin banyak atau ukurannya semakin besar.

  1. Lili Paris (Spider Plant)

Bentuk tanaman ini unik dengan daun yang banyak. Tanaman hias ini mampu menyerap polutan dan cocok digantung maupun diletakkan di meja sudut. Perawatannya cukup mudah. Anda tidak perlu menyiramnya setiap hari, cukup dua atau tiga hari sekali. Tapi yang perlu diperhatikan adalah tanah jangan terlalu basah agar akarnya tidak cepat membusuk.

  1. Monstera

Monstera termasuk dalam tanaman hias kekinian. Tanaman ini cocok diletakkan di dalam ruangan karena tidak terlalu bergantung pada cahaya matahari langsung dan tahan pada ruangan berpendingin udara. Karena itulah, monstera yang termasuk tanaman tropis bisa dikatakan cukup tahan banting.

  1. Dragon Tree

Dragon tree termasuk jenis tanaman hias yang bisa hidup tanpa sinar matahari dan cocok sebagai tanaman hias dalam ruangan. Untuk merawat tanaman ini tidak terlalu sulit, karena mereka dapat hidup di tempat gelap sekalipun dengan baik.

  1. Soleiroli

Tanaman hias jenis ini memiliki ciri daun empuk, bentuknya kecil serta cocok digantungkan di pot sehingga terlihat penampilannya sangat cantik. Tanaman hias ini mampu hidup dengan baik jika ditempatkan jauh dari sinar matahari langsung.

Namun tidak semua tanaman hias bisa hidup di dalam rumah. Sebagian tanaman ini justru membutuhkan banyak sinar matahari untuk dapat tumbuh secara subur. Apa saja tanaman itu?

  1. Anggrek

Anggrek akan cepat layu saat tidak menemukan sinar matahari. Faktor kurangnya sinar matahari menyebabkan anggrek tidak ampu bertahan di dalam ruangan.

  1. Paku tanduk rusa

Sebenarnya paku tanduk rusa akan terlihat eksotik jika ditempatkan di dalam ruangan. Namun paku tanduk rusa termasuk tanaman yang butuh sinar matahari, sehingga sangat sulit tumbuh di dalam ruangan.

  1. Suplir

Suplir termasuk tanaman yang butuh sinar matahari. Kondisi ruangan yang kering akan menghambat pertumbuhan tanaman suplir, bahkan bisa menyebabkan kerontokan pada daunnya.

Tanaman yang Mampu Membersihkan Udara di Kamar

Sebagian tanaman hias ternyata tak sekadar memiliki fungsi sebagai pelengkap dekorasi, tetapi juga memiliki manfaat yang penting. Dalam sebuah studi yang dilakukan NASA pada tahun 1989, tanaman hias mampu menurunkan polutan udara di dalam ruangan seperti benzene dan formaldehida. Riset terbaru juga membuktikan tanaman hias bisa menurunkan stress dan membuat Anda lebih kreatif.

Berikut ini adalah tanaman hias yang mampu membersihkan udara di kamar tidur.

  1. Karet Kebo (rubber fig)

Karet kebo lebih dari sekadar tanaman hia. Menyimpan tanaman hias ini di kamar tidur dapat menyingkirkan racun di udara. Selain itu, tanaman hias ini dapat melawan penyakit tropis dan parasite. Agar tanaman hias ini selalu optimal, daun-daunnya harus sering dilap dengan kain lembab. 

  1. Dracaena

Jika Anda perokok, cobalah menyimpan dracaena di dalam kamar. Dracaena sangat tepat untuk kamar tidur perokok. Selain dapat menjernihkan udara, dracaena juga bisa menyedot partikel asap yang menyebabkan masalah kesehatan. Anda dapat menyimpan tanaman hias ini di sudut ruangan.

  1. Sansevieria

Kemampuan sansevieria untuk menjernihkan udara tidak perlu diragukan lagi. Sansevieria telah menjadi tanaman hias indoor favorit sejak lama. Jika ingin tidur dengan udara yang lebih bersih, pastikan menyimpan sansevieria ini di kamar karena bisa tanaman hias ini bisa menyerap racun seperti benzene, formaldehida, trichloroethyl dan sebagainya.

  1. Lidah buaya

Lidah buaya memiliki banyak manfaat. Selain dimanfaatkan untuk kecantikan dan Kesehatan, tanaman ini dapat menjadi penanda polusi lingkungan. Jika ada bercak kecoklatan pada daun lidah buaya, itu tandanya lingkungan Anda terkena polusi. Menyimpan lidah buaya di kamar tidur bisa membantu mengontrol kualitas udara karena tanaman ini mampu menghilangkan formaldehyde, ammonia, xylene, dan toluene.

  1. Sirih gading

Sirih gading sangat ideal untuk kamar tidur karena dapat membersihkan racun berbahaya, terutama formaldehida. Dilansir Home Guides, tanaman hias yang memiliki nama lain devil’s ivy ini dapat tumbuh sampai 8 kaki di dalam ruangan. 

Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk merawat tanaman hias di dalam ruangan. Anda hanya perlu memperhatikan penyiraman dan cahaya, di samping rutin memberikan pupuk yang tepat. Salah satu pupuk yang tepat untuk tanaman hias adalah pupuk NPK Mutiara 16-16-16 produksi Pupuk Kaltim. Sesuai dengan Namanya, pupuk NPK Mutiara ini mengandung 16% N (Nitrogen), 16% P2O5 (Phosphate), 16% K2O (Kalium), 0,5% MgO (Magnesium), dan 6% CaO (kalsium). Pupuk ini termasuk dalam jenis pupuk hias terbaik. 

Dengan kandungan seperti itu, NPK Mutiara memiliki sejumlah manfaat, antara lain:

  • MEmbuat daun tanaman lebih segar dan hijau sehingga mempermudah proses fotosintesis
  • Meningkatkan perkembangan akar, sehingga akar lebih sehat, kuat, lebat, dan tanaman menjadi lebih cepat tinggi
  • Menambah jumlah anakan akar menjadi lebih banyak, sehingga tanaman lebih kokoh