Pupuk untuk Menyuburkan Tanah

Kadar Air Rendah Nggak Masalah, Kan Ada Pupuk Hayati Biolk

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Topik Pembahasan

Air menjadi segalanya bagi kebutuhan manusia, hewan dan tanaman atau tumbuhan. Tumbuhan membutuhkan air, sebagaimana manusia yang harus minum saat haus atau dahaga. Selama siklus hidup tanaman, mulai dari perkecambahan sampai panen senantiasa memerlukan atau tergantung pada air. Tak satupun proses kehidupan tanaman yang dapat bebas dari air.

Perlu diketahui bahwa besarnya kebutuhan air setiap fase pertumbuhan selama siklus hidupnya tidak sama. Hal ini berhubungan langsung dengan proses fisiologis, morfologis dan kombinasi kedua faktor tersebut dengan faktor-faktor lingkungan. 

Peran Air dalam Setiap Fase Pertumbuhan Tanaman

Secara umum fungsi air bagi tanaman adalah unsur penting dari proplasma, terutama pada jaringan serta sebagai pelarut dalam proses fotosintesa dan hidrolisis, seperti perubahan pati menjadi gula. 

Dalam proses biokimia tumbuhan, air juga berfungsi penting sebagai medium reaksi maupun bahan bagi reaksi-reaksi metabolisme dalam tumbuhan. Banyak sekali reaksi-reaksi kimia di dalam sel tumbuhan memerlukan media air. 

Dengan adanya kekurangan air menyebabkan terhambatnya banyak reaksi-reaksi metabolisme sehingga menghambat pertumbuhan tanaman. Dalam proses hidrolisis pati misalnya, pemecahan pati menjadi glukosa diperlukan air. 

Demikian juga reaksi-reaksi hidrolisis lainnya. Air juga mempunyai peran penting dalam proses reaksi terang fotosintesis. Dalam proses tersebut, air merupakan sumber elektron, yaitu ketika molekul air dipecah untuk menghasilkan O2, H+, dan electron walaupun proporsi kebutuhan air dalam reaksi sangat kecil dibandingkan dengan kebutuhan pada reaksi-reaksi biokimia lainnya. 

Hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah fungsi air dalam mempertahankan turgiditas sel, pertumbuhan sel, dan pergerakan struktur tertentu dari tumbuhan.

Turgiditas sel atau dikenal dengan istilah sel turgor adalah tekanan sel akibat masuknya air ke dalam sel. Ketika sel tanaman mengalami banyak kehilangan air sehingga menjadi layu maka pada saat tersebut sel mempunyai nilai tekanan turgor yang sama dengan nol. Ketika air masuk ke dalam sel maka tekanan turgor akan meningkat (positif) dan sel akan mengembang sehingga sel mencapai ukuran yang maksimum.

Ketika ini terjadi, maka sel tumbuhan berada dalam keadaan turgor penuh. Pada pagi hari ketika air tanah atau media tanam cukup, biasanya sel-sel tumbuhan ada dalam keadaan turgor penuh. Pada tengah hari, saat matahari terik dan tumbuhan telah kehilangan banyak air akibat penguapan mungkin tumbuhan akan mengalami kehilangan tekanan turgor atau bahkan sampai mencapai nol (layu).

Itulah peran air dalam hubungannya dengan turgiditas sel-sel tumbuhan. Peran air yang demikian itu sangat penting karena tekanan turgor biasanya ada hubungannya dengan tingkat metabolisme tumbuhan. Ketika tumbuhan memiliki tekanan turgor yang tinggi (penuh) maka kemampuan metabolismenya juga tinggi, sebaliknya ketika tumbuhan kehilangan tekanan turgor (misalnya saat layu) maka kemampuan metabolismenya seperti fotosintesis dan respirasi juga rendah. Dengan demikian upaya mempertahankan turgor merupakan hal yang penting bagi tumbuhan.

BIO LK Diformulasikan Khusus Untuk Membantu Tanaman dalam Menghadapi Cekaman Kekeringan atau Kadar Air Rendah

Lalu bagaimana tanaman mampu menyerap air? Kebutuhan air pada tanaman dapat dipenuhi melalui tanah dengan jalan penyerapan oleh akar. Besarnya air yang diserap oleh akar tanaman sangat bergantung pada kadar air tanah dan pada kondisi lingkungan di atas tanah. Sementara kisaran air dalam tanah yang tersedia secara optimum berada antara kapasitas lapang (filed capacity) dan titik layu permanen (permanent wilting point) (Kramer, 1969). 

Kondisi ini berada antara 50 % sampai 70 % air tersedia. Adapun ketersediaan air di dalam tanah ditentukan oleh pF (kemampuan partikel tanah memegang air) dan kemampuan air untuk menyerapnya. Besarnya kemampuan partikel tanah memegang air ditentukan oleh jumlah air dalam tanah. Jumlah air yang diserap oleh akar pada lapisan tanah dari perempat pertama, kedua, ketiga dan keempat berturut-turut adalah 40%, 20% dan 10%.

Walau tanaman membutuhkan air, tapi ada bagian yang hanya mengandung air dalam jumlah yang rendah. Biji tumbuhan bisa tetap hidup walaupun hanya memiliki kadar air 5-15% namun perlu ditambah pupuk agar tidak kehilangan energi dan terkuras cadangan makanannya. 

PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) menyediakan pupuk BIOLK yang merupakan pupuk hayati dengan bahan aktif bakteri Bacillus sp. dan Pseudomonas sp yang mampu meningkatkan ketersediaan hara nitrogen dan fosfat yang rendah pada tanah sawah sehingga bisa diaplikasikan untuk seed treatment dan dapat digunakan pada semua benih tanaman. 

BIO LK diformulasikan khusus untuk membantu tanaman dalam menghadapi cekaman kekeringan atau kadar air rendah. BIO LK berbentuk powder, berwarna coklat kehitaman dan memiliki variasi kemasan 100 gr, 250 gr dan 500 gr. BIO LK diaplikasikan dengan dosis 500 gr untuk kebutuhan benih 1 hektar. 

Penulis: Tyo