garu piring

Kamu Petani Millennial? Kenalan Yuk dengan Garu Piring

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Topik Pembahasan

Garu piring merupakan salah satu alat mesin pertanian modern yang membantu petani untuk mengolah tanah sekunder. Petani di era modern memang terbantu dengan berbagai jenis alat mesin pertanian modern. Kecanggihan teknologi ini membantu petani dalam mengolah tanah dalam persiapan lahan, membantu dalam proses penanaman, perawatan, dan proses panen. 

Garu piring adalah alat yang digunakan setelah pengolahan tanah primer seperti pembajakan, dan pembersihan lahan. Pengolahan tanah primer dengan penggunaan alat seperti bajak singkal dan bajak piring hanya menghasilkan tanah yang berbongkah – bongkah. Kondisi tanah ini belum siap untuk ditanami. Oleh sebab itu dibutuhkan pengolahan sekunder yang dapat menjadikan tanah siap untuk ditanami.

Selain garu piring beberapa alat mesin pertanian lainnya seperti garu bergigi paku, garu bergigi pegas, dan garu putar juga dapat digunakan untuk pengolahan tanah sekunder. Sebagai alat pengolah tanah sekunder, garu-garu tersebut digunakan untuk menghancurkan lebih lanjut bongkah-bongkah tanah hasil pengolahan tanah primer, menggemburkan dan meratakannya, serta memusnahkan tanaman pengganggu.

Garu piring memiliki bentuk seperti bajak piring, namun ada yang memiliki tepi rata dan bergelombang tergantung jenisnya. Ukuran garu piring juga cenderung lebih kecil daripada mesin bajak. Garu piring memiliki komponen yang serupa dengan bajak, namun ukuran piring dan kecekungannya lebih kecil. Komponen utama dari garu piring adalah piringan, poros piringan, rangka tanah, bantalan, bumper, kotak pemberat, dan pemberat. Setiap komponen yang dimilikinya memiliki fungsi yang berbeda.

Fungsi Garu Piring

Fungsi utama dari garu piring adalah mengolah tanah tahap kedua dan membersihkan tanaman-tanaman gulma sebelum tanah siap untuk ditanam. Selain fungsi utamanya, garu piring juga memiliki fungsi lainnya seperti berikut ini:

  • Memperbaiki struktur butir tanah

Penggunaan garu piring pada tanah sebelum proses penanaman dapat membantu memperbaiki struktur tanah yang keras menjadi gembur. Struktur tanah yang gembur tentu sangat diperlukan untuk proses menanam, karena tanah yang gembur dan subur akan menjadikan tanaman sehat, dan kaya akan nutrisi.

  • Memperbesar persediaan air

Penggunaan garu piring dapat memperbesar persediaan air, yang mana juga dapat memperbaiki penyerapan air dan tata udara di tanah.

  • Mengurangi evaporasi tanah

Evaporasi adalah penguapan air dari permukaan tanah dan dapat menjadikan kelembapan tanah berkurang, dengan penggunaan garu piring akan membantu berkurang terjadinya evaporasi pada tanah.

  • Mempercepat pelapukan sisa tanaman

Penggunaan garu piring juga dapat membantu mempercepat proses pelapukan akar sisa tanaman dan mempermudah perkembangan dari akar.

  • Menutup tanah setelah benih ditanam

Fungsi terakhir dari penggunaan garu piring adalah membantu menutupi benih yang sudah ditanam dengan tanah. Dengan menggunakan garu piring, benih yang sudah ditanam akan ditutupi oleh lapisan tanah diatasnya.

Cara Menggunakan dan Manfaat Garu Piring

Penggunaan garu piring pada dasarnya sama dengan penggunaan alat mesin bajak. Cara menggunakan garu piring adalah dengan memasang beberapa bagian piringan untuk dirangkai menggunakan satu poros agar menjadi kesatuan rangkaian. Memasangkan bantalan pada rangka dari garu piring. Selanjutnya nyalakan mesin dan jalankan sesuai dengan arah dan pada bagian mana yang ingin diperbaiki atau dibersihkan. 

Alat mesin pertanian garu piring dapat memberikan manfaat bagi para petani saat masa vegetatif atau pada pengolahan tanah tahap kedua. Garu piring digunakan untuk memudahkan petani dalam memberantas gulma sehingga tanaman mendapat nutrisi yang cukup. Selanjutnya dengan penggunaan garu piring dapat menjadikan kerja petani menjadi lebih efektif dan efisien.

Selain membantu membersihkan rumput dan gulma disekitar tanaman, penggunaan garu piring juga dapat membantu memperbaiki struktur tanah dari yang sebelumnya kering menjadi lebih gembur, memecah tanah yang membeku, dan menjadikan tanah lebih subur. Tanah yang subur adalah salah satu kunci sukses berhasilnya pertanian, oleh sebab itu penggunaan alat mesin pertanian garu piring dapat memberikan manfaat yang besar baik bagi petani karena meringankan pekerjaan dan juga bagi tanah. (Demfarm/Fitri)

Latest Article