Kapan Waktu yang Tepat untuk Menambahkan Pupuk Pada Tanaman Hias Calathea?

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Topik Pembahasan

Calathea adalah salah satu jenis tanaman hias yang saat ini tengah digandrungi para pecinta tanaman hias. Pupuk menjadi salah satu kebutuhan dalam merawat tumbuhan tersebut.

Calathea diminati karena bentuk daunnya yang memiliki corak dan warna yang cantik. Dari daun beludru berwarna hijau tua hingga daun berpola geometris dan bagian bawah daun yang berwarna merah marun menjadi daya tarik tanaman ini.

Tanaman memiliki ciri khas daunnya yang lebar, lonjong namun ada pula yang berbentuk kipas yang memiliki garis- garis khas di daunnya. Garis- garis ini lah yang menjadi daya tariknya, karena seperti dilukis dengan tangan. Di negara asalnya Brazil, daun calathea dijadikan sebagai bahan kerajinan tangan dan pembungkus makanan. 

Calathea merupakan salah satu genus dari keluarga Marantaceae. Dan calathea juga memiliki beberapa jenis, yang popular di antaranya Calathea veitchiana, Calathea Lancifolia, dan Calathea ornata. Calathea selain memiliki bentuk yang indah, ternyata juga memiliki manfaat sebagai penyumbang udara bersih. Jadi Calathea bisa dijadikan salah satu tanaman yang harus ada di rumah.

Cara Merawat Tanaman Hias Calathea

Bila ingin menjadikan Calathea salah satu tanaman hias yang ada di rumah, Anda harus mengetahui bagaimana cara merawat tanaman ini. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan. Seperti pencahayaan, cara penyiraman, kelembapan tanah, media tanam, dan kapan waktu yang tepat untuk memberikan pupuk agar calathea dapat tumbuh subur dan sehat.

Calathea termasuk tanaman hias yang tidak memerlukan pencahayaan yang banyak. Jadi Anda bisa meletakkan Calathea didalam ruangan. Pastikan Calathea tidak terkena paparan sinar matahari yang terlalu banyak, karena itu akan membuat daunnya kering dan warnanya menjadi pucat. Kurangnya pencahayaan dapat menjadikan warna daun calathea menjadi gelap dan tampak sehat.

Kelembapan media tanaman juga sangat berpengaruh pada tanaman hias calathea. Calathea adalah jenis tanaman yang membutuhkan tanah yang lembab, bukan basah. Agar tanah tetap lembab Anda dapat melakukan cara dengan mengatur campuran tanah.

Buatlah campuran tanah seperti berikut. Tanah 50 persen, kulit anggrek 20 persen, arang 20 persen dan kerikil 10 persen. Campuran ini tanah ini pada pot akan membantu tanah tetap lembab. Pemilihan pot juga sangat membantu, pilihlah pot yang memiliki drainase ari yang bagus pada bawahnya. Selain membutuhkan tanah yang lembab, Calathea juga membutuhkan lingkungan yang lembab. Calathea membutuhkan tingkat kelembaban 50 persen atau lebih. 

Calathea juga sama seperti tanaman hias lainnya. Calathea membutuhkan air yang disaring atau di deklorinasi (penghilangan klorin pada air). Selanjutnya agar tanaman Calathea menjadi sehat, jangan lupa untuk melakukan penyiangan dan pemupukan. Buang daun yang sudah kering dan pastikan sekali dalam sebulan Anda memberi pupuk dan memperhatikan tingkat kesuburan tanah.  

Waktu tepat tambahkan pupuk

Ketika memelihara sebuah tanaman hias tentu pemberian pupuk adalah hal yang penting. Namun pemberian pupuk juga harus sesuai dengan kebutuhan, untuk tanaman Calathea pupuk dapat diberikan satu atau enam bulan sekali. Selain memberi pupuk, Anda juga harus mengganti media tanam yaitu tanah. Biasanya pupuk yang digunakan untuk tanaman Calathea adalah jenis pupuk NPK, dimana pupuk ini dapat memberikan kesehatan pada daun Calathea dan menjadikan warna daunya hijau dan indah.

Untuk pupuk NPK, Anda dapat menggunakan pupuk NPK dari produk Pupuk Kaltim. Pupuk NPK produksi Pupuk Kaltim terdiri dari dua jenis yaitu NPK Blending dan NPK Fusion. NPK dibuat dalam berbagai komposisi, sesuai kebutuhan tanaman dan jenis tanah. Jenis pupuk ini mengandung tiga unsur hara makro yang sangat dibutuhkan oleh tanaman. Bahan baku NPK berupa urea, DAP (Diammonium phosphate)/RP (Rock phosphate), KCl (Kalium klorida), dan bahan-bahan lain berupa mikronutrien berkualitas tinggi.

Untuk tanaman calathea sangat cocok untuk diberikan jenis pupuk NPK Pelangi dari Pupuk Kaltim. NPK pelangi memiliki 2 jenis, yang pertama adalah NPK jenis Blending yang diproses melalui mechanical blending, berasal dari bahan baku berkualitas tinggi seperti urea, granul, DAP (Diammonium Phosphate) , KCL Flake, serta filler berupa MG dan Ca sehingga butirannya berwarna warni. Selanjutnya adalah pupuk NPK fusion, melalui proses produksi steam granulation, sehingga memiliki butiran homogen yang mengandung unsur N, P, dan K. Keunggulan dari produk ini adalah dapat diformulasikan dengan fleksibel sesuai kebutuhan. Jenis pupuk yang cocok untuk tanaman hias calathea adalah pupuk NPK pelangi jenis fusion.

Pemberian pupuk NPK akan membantu menyehatkan tanah, meningkatkan unsur hara sehingga membantu tanaman untuk tumbuh sehat, menjadikan daun Calathea berwarna hijau, dan terlihat sangat indah. Itu tadi beberapa hal yang harus Anda ketahui apabila Anda ingin menambahkan tanaman hias Calathea sebagai pengisi kebun dan rumah Anda. selamat mencoba.