Manfaat Kembang Wijaya Kusuma

Kembang Wijaya Kusuma, Tanaman Kaya Manfaat dan Mudah Ditanam di Rumah

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Topik Pembahasan

Kembang Wijaya Kusuma merupakan salah satu jenis tanaman kaktus yang memiliki kelas dicotyledoneae. Tanaman ini berasal dari negara Meksiko (Amerika tropika, Venezuela dan Karibia). Namun meski begitu kembang Wijaya Kusuma dapat tumbuh di daerah beriklim sedang hingga tropis.

Kembang Wijaya Kusuma bersifat epifit yang berarti tumbuh di atas permukaan tanaman lain. Namun Wijaya Kusuma bukanlah parasit. Kembang Wijaya Kusuma mendapat nutrisi dari kelembapan lingkungan sekitar, seperti udara dan air hujan.

Kembang Wijaya Kusuma memiliki keunikan tersendiri, yaitu hanya mekar di malam hari. Waktu mekar kembang Wijaya Kusuma juga terbilang singkat, yaitu pukul 11 malam hingga 2 dini hari. Kembang Wijaya Kusuma memiliki bunga yang indah dan wangi harum. Sementara di siang hari, kelopak bunga kembang Wijaya Kusuma akan menutup. Oleh karena keunikannya ini kembang Wijaya Kusuma disebut juga dengan “Queen of The Night”.

Manfaat Kembang Wijaya Kusuma

Selain memiliki keindahan dan harum yang wangi, kembang Wijaya Kusuma juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Hal ini karena kembang Wijaya Kusuma memiliki nutrisi di dalamnya berupa protein, asam lemak, dan sejumlah vitamin.

Selain itu kembang Wijaya Kusuma juga mengandung saponin yang bermanfaat sebagai anti kolesterol, senyawa fenolik sebagai antibakteri , steroid, glikosida, tanin, terpenoid, dan resin. Dengan banyaknya kandungan di dalam kembang Wijaya Kusuma ini, tentu manfaat yang bisa diberikan juga sangat banyak. 

Tidak hanya di Indonesia, tetapi kembang Wijaya Kusuma juga dijadikan obat tradisional di Negara Vietnam dan Malaysia. Kembang Wijaya Kusuma dijadikan obat untuk meredakan batuk, pendarahan rahim, kesulitan bernafas, menetralkan penyumbatan darah dan masih banyak lagi. Selanjutnya kembang Wijaya Kusuma juga bermanfaat sebagai Anti-inflamasi. Senyawa etanol yang ada didalam kembang Wijaya Kusuma dapat mencegah dan mengobati berbagai penyakit peradangan akibat inflamasi seperti radang tenggorokan, dan bisul.

Kembang Wijaya Kusuma juga bermanfaat sebagai Antioksidan yang dapat membantu menangkal radikal bebas. Dapat meredakan batuk, kembang Wijaya Kusuma juga dapat membantu mengobati penyakit paru- paru lainnya seperti TBC dan asma.

Caranya adalah dengan merebus bunganya dan meminum air rebusan tersebut. Kembang Wijaya Kusuma juga bisa bermanfaat sebagai analgesik, mengobati asam urat, menghilangkan jerawat, mengobati luka dan sesak nafas.

Cara Budidaya Kembang Wijaya Kusuma di Rumah

Tidak ada lagi alasan untuk tidak menjadikan kembang Wijaya Kusuma sebagai salah satu tanaman hias di rumah. Selain ia merupakan tanaman unik, indah, wangi ia juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Yuk coba untuk menanam kembang Wijaya Kusuma di rumah dengan beberapa tips berikut :

Cara menanam kembang Wijaya Kusuma adalah dengan menanam bibitnya. Bibit kembang Wijaya Kusuma dapat di beli di toko bunga. Selanjutnya menanamnya dengan menggunakan metode stek. Stek dilakukan dengan cara memotong ujung daun sebesar 5 cm.

Pilihlah daun yang tidak berbunga atau yang akan berbunga. Selanjutnya letakkan daun yang sudah dipotong ke dalam tanah sedalam 3 cm. Untuk penyiraman tanaman stek cukup disiram ketika tanah sudah mulai mengering.

Setelah melakukan penanaman, perawatan sangatlah penting. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah pencahayaan yang cukup. Jangan biarkan kembang Wijaya Kusuma terkena matahari secara langsung dengan waktu yang lama, karena akan menyebabkan daun mengering.

Suhu juga sangat berperan dalam perawatan kembang Wijaya Kusuma, biarkan kembang wijaya mendapatkan suhu normal di dalam ruangan. Meski terbilang tanaman kaktus, namun kembang Wijaya Kusuma tidak membutuhkan suhu yang tinggi seperti tanaman kaktus lainnya. Untuk penyiraman, kembang Wijaya Kusuma tidak butuh terlalu sering disiram, karena ia tidak menyukai tanah yang basah terlalu lama karena dapat membuat akarnya membusuk. 

Selanjutnya adalah melakukan pemangkasan pada bunga yang sudah layu hal ini bisa membantu pertumbuhan batang baru dan bunga yang lebih rimbun.

Penulis: Fitri