Kenalan dengan Pupuk Phonska yang Kaya Manfaat YukDok. Humas Kementerian Pertanian RI

Kenalan dengan Pupuk Phonska yang Kaya Manfaat Yuk

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Topik Pembahasan

Sudah menjadi rahasia umum, merawat tanaman bukan hanya sekadar menyiram dan memberikan media tanam yang sesuai kebutuhan tanaman kita. Namun, pupuk tetap menjadi kunci dari kesuburan dan produktivitas berbagai jenis tanaman baik tanaman hias, pangan maupun hortikultura juga tanaman industri.

Pupuk juga beragam jenisnya, salah satunya pupuk Phonska produk dari Pupuk Indonesia. Pupuk ini, juga sering disebut pupuk majemuk NPK merupakan pupuk yang terdiri atas lebih satu unsur hara utama. Salah satu unsur hara tersebut adalah NP, NK dan NPK.

Pupuk jenis ini, terbukti sangat cocok diaplikasikan di berbagai tanaman, seperti tanaman penghasill buah-buahan, pangan, dan hortikulturan serta juga tetap diterapkan untuk pemupukan tanaman hias.

Pupuk Phonska juga termasuk dalam satu diantara sejumlah pupuk yang dijual khusus kepada petani yang memiliki kartu tani alias disubsidi oleh negara. Bukan termasuk pupuk komersial, tentunya pupuk ini harga cenderung lebih murah tetapi dengan jumlah kuota yang terbatas dan dialokasikan untuk petani yang sudah terdaftar dalam e-RDKK di Kementerian Pertanian.

Kelebihan dan Kekurangan Sifat Pupuk Phonska

Sebelum menggunakan pupuk Phonska yuk kita ketahui dahulu apa yang terkandung di dalam pupuk jenis ini.

Kandungan Pupuk Phonska

Sebagaimana dikutip dari blog.99.co, kandungan yang ada pada Phonska terbilang cukup lengkap karena terdapat beberapa unsur hara yang penting bagi tumbuhan. Berikut ini merupakan kandungan yang terdapat pada pupuk Phonska:

Phospat (P) 15%

Nitrogen (N) 15%

Kalium (k) 15%

Kadar air maksimal 2%

Sulfur(S) 10%

Sifat Pupuk Phonska

Dari sejumlah referensi, diketahui pupuk Phonska sebenarnya mengandung banyak sifat, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki kandungan unsur hara yang lengkap
  2. Lebih mudah terserap oleh tanaman
  3. Mengandung sifat higroskopis sehingga mudah terlarut dalam air
  4. Memiliki bentuk butiran dengan warna merah muda

Keunggulan Pupuk Phonska

Setelah tahu sifat dan manfaatnya pada tanaman, selanjutnya kamu juga perlu mengetahui pula kelebihan pupuk tanaman ini dibandingkan dengan pupuk lain.

Kekurangan Pupuk Phonska

Lazim terjadi meskipun memiliki berbagai keunggulan, pupuk Phonska ternyata juga memiliki beberapa kekurangan, dimana jika digunakan secara berlebihan akan membuat sifat asam pada tanah menjadi berkurang bahkan tanah bisa menjadi basa.

Pupuk ini juga masuk dalam klasifikasi pupuk subsidi sehingga hanya petani yang memiliki kartu tani saja yang bisa mendapatkan pupuk Phonska karena bukan termasuk pupuk komersial.

Penggunaan Phonska secara terus-menerus akan membuat kemampuan tanah dalam proses menyerap air semakin menurun.

Penggunaan Phonska yang berlebihan justru akan membuat kerusakan pada tanah. Pasalnya, bahan tambahan yang ada pada Phonska dapat merusak sifat-sifat tanah dan unsur hara organik di dalam tanah.

Manfaat Pupuk Phonska

Pupuk Phonska tentunya tidak jauh berbeda dengan jenis pupuk lain, yang sangat bermanfaat untuk merawat kesuburan tanah dan tanaman sehingga hasil panen berkualitas dan berlimpah. Pupuk bersubsidi ini diproduksi oleh setiap anak perusahaan PT.Pupuk Indonesia termasuk PT.Pupuk Kaltim yang juga bertugas untuk memenuhi kebutuhan pupuk bagi petani.

Lalu apa saja manfaat pupuk Phonska untuk tanaman pangan maupun hortikultura yang biasa diaplikasikan oleh petani kita. Yuk berikut ini manfaatnya:

Pupuk ini, mempunyai sifat higroskopis sehingga mudah larut dalam air dan termasuk jenis pupuk majemuk dengan kandungan unsur haranya sangat dibutuhkan tanaman. Pupuk ini, diketahui telah terbukti dapat mencegah risiko keracunan pada tanaman petani, seperti padi dan beragam jenis buah-buahan.

Karena memiliki kandungan unsur hara yang merata di setiap butirnya, pupuk ini dapat diterapkan dengan sederhana dan menghemat tenaga.

Dengan menggunakan pupuk ini, petani tidak lagi membutuhkan pupuk tambahan karena meskipun satu jenis pupuk tetapi dapat mendorong produktivitas tanaman dan panen pun berkualitas. Tentunya, petani yang menggunakan pupuk Phonska akan berkurang risiko kerugian akibat penggunaan pupuk yang beragam karena cukup satu saja yaitu pupuk Phonska.

Pupuk Phonska juga mampu menambah daya tahan tanaman terhadap gangguan hama, penyakit, dan kekeringan sehingga petani pun akan sangat efisien jika menerapkan pupuk ini dalam setiap musim tanam.

Manfaat lainnya, kandungan butir hijau daun yang menjadi salah satu komposisi pupuk ini menjadikan tanaman petani lebih hijau dan lebih segar. Selanjutnya, dengan menggunakan pupuk Phonska berperan dalam memacu pertumbuhan akar dan sistem perakaran yang baik.

Pembentukan bunga juga ikut terpacu yang berdampak pada mempercepat panen, dan menambah kandungan protein. Secara nyata penampakan tanaman setelah penerapan pupuk Phonska akan menjadikan tanaman petani, seperti berikut ini:

  1. Batang tanaman akan jadi lebih kuat
  2. Dapat memacu pertumbuhan generatif dan vegetatif
  3. Memperlancar proses pembentukan pati sekaligus gula
  4. Bisa memicu tumbuhnya akar tanaman
  5. Tanaman lebih sehat dan lebih hijau
  6. Daya tahan tanaman pada saat musim kemarau pun semakin meningkat
  7. Dapat memicu pembentukan buah dan bunga
  8. Mampu memperbesar umbi, buah, dan juga biji
  9. Kandungan protein dalam tanaman semakin meningkat.

Jadi, sudah tahu kan apa itu pupuk phonska dan manfaatnya yang bisa kamu dapatkan? Terus baca artikel di Berintani.id untuk informasi bercocok tanam lainnya, ya. Semoga bermanfaat.