Manfaat Cangkang Telur Sebagai Pupuk Tanaman

Manfaat Cangkang Telur Sebagai Pupuk Tanaman, Sudah Tahu?

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Topik Pembahasan

Manfaat cangkang telur masih belum familiar bagi sebagian orang. Padahal, cangkang atau kulit telur masih bisa digunakan sebagai pupuk tanaman. Jadi, setelah mengonsumsi enaknya telur, jangan buang cangkangnya, ya.

Setelah memecahkannya, sebaiknya cangkang telur jangan buru-buru dibuang. Karena cangkang telur bisa membantu Anda dalam banyak hal seperti, menyuburkan tanaman, hingga membersihkan rumah. 

Berikut adalah manfaat dari cangkang telur seperti dilansir dari Reader’s Digest, Senin (8/3/2021). 

  1. Menyuburkan tanah

Bilas dan bersihkan selaput bagian dalam cangkang telur yang bening. Hancurkan cangkang telur menjadi potongan-potongan halus dengan sendok baja atau kayu. Setelah itu, Anda dapat menaburkan dan mencampurkan cangkang telur tanah ke dalam kebun sebagai sumber kalsium karbonat yang baik bagi tanah. Selain itu, cangkang telur juga akan mengurangi keasaman tanah. 

  1. Sebagai pembersih abrasif non-toksik 

Jika Anda tidak suka menggunakan bahan kimia abrasif yang banyak dijual di pasaran, kulit telur bisa menjadi penggantinya. Kulit telur yang sudah dikeringkan, diblender hingga halus dan ditambahkan 3 cangkir soda kue. Formula ini bisa berguna untuk membersihkan panci dan wajan gosong, pintu kamar mandi dengan kotoran yang menumpuk, cincin mangkuk toilet dan nat. 

  1. Tempat menyemai benih 

Cangkang telur ini juga bermanfaat untuk menyemai benih. Caranya benih dimasukkan ke dalam cangkang yang telah ditusuk jarum sebagai drainase air, lalu kulit telur dan benih ditempatkan ke dalam tanah. Siram dengan secara teratur dan awasi pertumbuhan kecambah. 

  1. Untuk membersihkan termos kopi 

Jika Anda adalah seorang peminum kopi, Anda akan melihat bekas noda pada tempat membuat kopi. Noda ini bisa dibersihkan dengan campuran bubuk kulit telur dan air panas. Campuran tersebut akan membantu memecah noda. 

  1. Sebagai pakan burung 

Jika Anda memiliki cukup kulit telur untuk menutupi loyang, panggang dengan suhu sekitar 120 derajat celcius sampai kering. Setelah dipanggang, cangkang telur menjadi lebih mudah dihancurkan. Sebarkan campuran di feeder atau di tanah untuk dimakan burung. Ini adalah sumber kalsium yang bagus untuk burung terutama untuk betina, terutama di masa-masa musim bertelur. 

  1. Untuk membersihkan wastafel 

Letakkan kulit telur pada saringan wastafel. Potongan cangkang telur akan membantu mencegah padatan makanan masuk ke saluran pembuangan. Saat telur mulai rusak, ia bertindak sebagai bahan abrasif alami untuk membantu membersihkan pipa saluran. 

  1. Berikan kalsium ekstra untuk anjing 

Cangkang telur yang dihancurkan adalah cara terbaik untuk menambahkan kalsium ekstra ke makanan anjing. Sebarkan kulit telur bersih di atas loyang dan panggang dalam oven 120 derajat celcius selama sekitar 30 menit. Hancurkan cangkang dengan penggilas adonan hingga menjadi bubuk halus. 

Taburkan bubuk ini di atas makanan anjing. Kandungan kalsium ekstra dari kulit telur dapat membantu memperkuat tulang dan gigi anjing. 

  1. Mencegah hama kebun 

Tak hanya memberi nutrisi untuk tanaman, kulit telur juga bisa mengusir hama. Kumpulkan cangkang telur yang telah dihancurkan dan sebarkan di sekitar tanah. Ini berfungsi sebagai pencegah alami untuk siput, siput, dan bahkan rusa.

Cangkang Telur sebagai Pupuk

Cangkang telur adalah salah satu pupuk organik yang baik untuk berbagai jenis tanaman. Kenapa cangkang telur baik untuk tanaman? Jika Anda pernah mendengar tentang kulit telur dan cuka untuk menyuburkan tanaman tomat, ini bukan hoaks alias berita bohong. 

Pada dasarnya, cangkang telur, yang struktur kerasnya hampir seluruhnya terdiri dari kalsium karbonat. Karena itu, cangkang telur dapat memberikan dorongan nutrisi yang kuat untuk tanaman. Kulit telur juga memberi tanaman mineral penting lainnya, seperti kalium dan fosfor. 

Dilansir dari Gardenista, Senin (21/12/2020), cangkang telur adalah sarana yang bagus untuk memperkenalkan kalsium bagi tanaman. Untuk menggunakan cangkang telur sebagai pupuk tanaman, hal pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan beberapa buah cangkang telur. 

Kemudian, giling dengan mixer, penggiling, atau lesung dan alu. Selanjutnya, taburkan cangkang telur yang telah digiling tersebut ke permukaan atas tanah tanaman. Ingat pula bahwa cangkang telur membutuhkan waktu beberapa bulan untuk terurai dan diserap oleh akar tanaman. 

Cangkang telur yang dicampur dengan bahan-bahan organik lainnya juga bisa menjadi media tanam membantu tanaman yang baru ditanam dapat tumbuh subur. Caranya, cukup campurkan cangkang telur yang telah dihancurkan dengan bahan organik lainnya. Cangkang telur juga bisa dicampurkan dengan ampas kopi untuk memberikan nutrisi bagi tanaman Anda. Sebab, cangkang telur mampu membantu mengurangi keasaman tanah. 

Cara Mengaplikasikan Cangkang Telur

Cangkang telur yang biasanya jadi sampah ini ternyata bisa dimanfaatkan salah satunya menjadi pupuk dan pestisida organik.

Cangkang telur memiliki kandungan utama kalsium karbonat sebesar 90 persen. Kandungan ini menjadi unsur hara penting bagi perkembangan tanaman agar tumbuh sehat.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut cara bagaimana memanfaatkan cangkang telur untukk tanaman.

  1. Wadah semai bibit tanaman

Cangkang telur bisa digunakan sebagai wadah semai bibit. Cara melakukannya cukup mudah, kamu cukup melubangi bagian atas cangkang telur, lalu menambahkan media tanam seperti tanah dan masukan bibit di dalamnya.

Ketika bibit sudah tumbuh dan siap untuk dipindah pada wadah tanam yang besar, pindah bibit beserta wadah cangkang telur dan tanam ke dalam media tanam. 

  1. Mencampur dengan media tanam

Anda cukup menghancurkan cangkang telur hingga lembut, lalu tambahkan sedikit air dan 1,5 gelas cuka.

Selanjutnya sebar pecahan cangkang telur ini pada media tanam. Pecahan cangkang telur akan terurai secara perlahan.

  1. Penangkal serangan hama

Cangkang telur ternyata ampuh melawan sejumlah hama pada tanaman seperti siput, lalat dan beberapa jenis hama lain.

Cara pengaplikasiannya adalah dengan meremas kasar cangkang telur lalu taburkan di sekeliling tanaman.

Cangkang telur memang bisa berfungsi sebagai pupuk. Namun cangkang telur ini butuh waktu yang cukup lama untuk terurai ke dalam nah. 

Nah, untuk menunjang penggunaan pupuk dari cangkang telur ini, Anda juga perlu untuk memupuk tanaman Anda dengan pupuk buatan. Salah satu pupuk berkualitas yang sangat disukai para pecinta tanaman adalah NPK Pelangi 16-16-16 produksi Pupuk Kaltim. 

NPK Pelangi merupakan salah satu produk pupuk majemuk NPK dari Pupuk Kaltim. NPK Pelangi 16-16-16 diprioritaskan untuk segmen tanaman hortikultura, namun bisa juga diaplikasikan untuk semua jenis tanaman.