Mau Makan Anggur Manis tapi Harganya Mahal? Tanam Sendiri di Rumah Yuk!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Topik Pembahasan

Anggur adalah salah tanaman jenis perdu yang berasal dari keluarga Vitaceae. Anggur di Indonesia sangat diminati karena dapat dijadikan sebagai makanan dan minuman. Anggur dapat dimakan secara langsung ataupun diolah menjadi jelly, jus anggur, minuman anggur, minyak biji anggur atau kismis. Di Indonesia Anggur yang ada di pasaran berasal dari anggur impor dan beberapa jenis anggur lokal. Anggur termasuk kedalam buah premium yang mana harga jualnya juga berbeda yang mana cenderung lebih tinggi daripada buah- buah lainnya.

Di Indonesia sudah banyak jenis Anggur yang dibudidayakan. Sudah banyak jenis buah anggur yang dibudidayakan di Indonesia. Dan beberapa jenis bibit anggur yang paling dicari di Indonesia untuk ditanam antara lain adalah Anggur Jupiter, Anggur Ninel, Anggur Black Panther, Anggur Julian, Anggur Harold, Anggur Akademik Avidza, Anggur Victor, Anggur Dixon, Anggur Banana, dan Anggur Taidun.

Buah anggur menjadi salah satu buah premium tentu bukan tanpa alasan. Salah satu alasan anggur menjadi buah premium karena kandungan gizi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Gizi yang terkandung di dalam buah anggur adalah energi, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, magnesium, natrium, kalium, zat besi, zink, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, asam pantotenat, asam folat, vitamin C, vitamin K, serat, dan air. Kandungan air anggur relatif tinggi mencapai 70—80 persen. Anggur mengandung 25 komponen gizi didalamnya. 

Selain beberapa kandungan diatas, anggur juga mengandung zat gizi lainnya seperti fitokimia, yaitu flavonoid, saponin, polifenol, dan asam ellagic. Kandungan mineral pada anggur juga dapat  membuat pembuluh darah jadi memiliki kemampuan besar untuk mengurangi timbunan racun dan lemak dalam pembuluh darah. Anggur juga memiliki antioksidan tinggi sehingga dapat menjadi pencegah tumbuhnya sel kanker.

Manfaat yang didapat ketika mengkonsumsi buah anggur adalah menurunkan resiko kanker, meningkatkan gen pembasmi kuman, mengurangi resiko penyakit jantung. Anggur juga dapat menurunkan tekanan darah, mencegah konstipasi, mengurangi gejala alergi, menjaga kesehatan mata. Karena mengandung sedikit kadar gula maka anggur dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes. Anggur juga dapat memberikan manfaat untuk mengobati jerawat.

Kisah Sukses Petani Anggur di Atap Rumah

Supriyanto adalah seorang pria yang sukses dengan menanam anggur di atap rumahnya. Ia sangat bangga dengan kebun anggurnya tersebut. Sampai saat ini Supriyanto sudah berhasil menanam ratusan bibit anggur dari berbagai jenis. Meski memiliki lahan sempit, ia tidak merasa kehabisan akal. Ia menanam buah anggur di atap rumah di bilangan Jakarta Selatan. Di lahan seluas 6,5 x 10 meter awalnya ia menanam berbagai jenis sayuran, namun setelah berhasil menanam anggur, akhirnya ia memilih untuk lebih fokus pada penanaman buah anggur. 

Supriyanto tentu tidak langsung berhasil dalam percobaan pertamanya menanam anggur. Awalnya ia juga sering merasakan kegagalan dalam menanam anggur, namun kini ia telah berhasil menanam ratusan bibit anggur. Ia menghabiskan waktu di kebun anggurnya untuk dapat memastikan bibit yang ditanamnya dapat tumbuh subur dan berbuah. Saat ini ia memiliki 100 jenis bibit anggur dan 12 pohon yang telah berbuah. Supriyanto memilih untuk membudidayakan anggur karena anggur adalah salah satu jenis tanaman yang tidak kenal musim. Selain itu anggur juga tanaman yang memiliki umur panjang hingga ratusan tahun, dan karena akarnya yang serabut, anggur dapat ditanam di lahan yang sempit.

Dari hasil kebun tersebut, buah yang dihasilkan menjadi konsumsi pribadi. Selain menjadi konsumsi pribadi, ia juga menjual bibit tanaman buah anggur. Ia juga sering dan tak sungkan untuk memberikan tips dan trik dalam menanam buah anggur kepada banyak orang. Ia berharap semakin banyak orang yang dapat membudidayakan buah anggur. Anggur bisa menjadi pilihan bagi orang- orang yang ingin menanam buah tetapi tidak memiliki lahan luas. Budidaya anggur bisa ditanam hanya dalam pot dan tidak membutuhkan lahan luas. 

Keuntungan dari menjual bibit anggur juga menjanjikan. Harga bibit buah anggur memiliki harga yang tinggi. Supriyanto bisa menjual satu bibit senilai 100 ribu rupiah dan 300 ribu rupiah untuk harga bibit anggur sultan. Supriyanto juga mengajak para pemuda untuk mulai menanam buah anggur karena menurutnya bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Cara Budidaya Anggur di Pot

Jika tani muda ingin mengikuti jejak kesuksesan Supriyanto dalam berkebun Anggur, taka ada salahnya untuk mulai menanamnya di rumah. Anggur adalah tanaman yang hidup pada dataran rendah. Anggur membutuhkan musim kemarau yang panjang sekitar 4-7 bulan dan intensitas sinar matahari yang cukup. Oleh karena itu buah anggur cocok untuk di tanaman di Indonesia yang memiliki iklim tropis. Anggur hanya membutuhkan curah hujan 800 mm per tahun. Anggur tidak membutuhkan penyiraman yang berlebihan karena akan berpengaruh kepada proses pembuahannya. Suhu yang tepat untuk menanam anggur adalah maksimal 31 derajat celcius  dan minumin 23 derajat celcius dengan kelembaban udara berkisar 75-80%.

Untuk menanam buah anggur di dalam pot langkah pertama yang harus tani muda lakukan adalah memilih jenis bibit anggur yang akan di tanam. Setelah itu pelajari lebih lanjut tentang karakter tanaman, baik dari segi penanaman dan perawatan. Setelah itu tani muda bisa memilih jenis pot atau polybag yang akan digunakan, pilihlah pot yang memiliki diameter 30-40 cm atau lebih besar lebih baik. Selanjutnya tani muda bisa menyiapkan media tanam. Untuk menanam angguah media tanam yang digunakan adalah campuran tanah, pasir dan kompos dengan perbandingan 1:1:1. Pasir berfungsi agar tanaman tidak mengalami tranpirasi berlebihan.

Setelah media tanam siap, tani muda bisa menanam bibit ke dalam pot. Buatlah lubang di tengah sedalam 5-10 cm, lalu masukkan bibit. Tutup menggunakan tanah hampir memenuhi pot. Setelah itu siram tanaman dan letakkan pada tempat yang mendapatkan sinar matahari dengan intensitas tinggi. Setelah menanam anggur pada pot, tani muda bisa menggunakan ajir untuk tempat rambatan anggur kelak. Penggunaan ajir juga berfungsi membuat pohon tegak lurus, dan sebagai penyangga bibit hingga tiba waktu pemangkasan pertama.

Buah anggur akan berbuah setelah usia tanaman 9 bulan. Sebelum berbuah tani muda harus melakukan perawatan seperti pemangkasan dan pemberian pupuk. Pemangkasan dilakukan untuk memacu tanaman berbuah dengan cepat selain itu juga membentuk pohon yang kokoh dan rapi. Ada dua jenis pemangkasan, yaitu pemangkasan bentuk dan pemangkasan produksi.pemangkasan bentuk dimulai ketika tanaman anggur berumur 7-10 bulan. Pemangkasan pertama dilakukan ketika batang tanaman mencapai 75 cm. Batang dipangkas 50-60 cm dari permukaan media tanam. Dari sini nanti menghasilkan cabang primer. Selang 1-1.5 bulan, dilakukan pemangkasan cabang primer dengan menyisakan 2-4 cabang sehat. Selanjutnya dilakukan pemangkasan dengan selang 1-1.5 bulan sampai menghasilkan cabang tersier.

Pemangkasan produksi dilakukan setelah tanaman berumur lebih dari satu tahun. Ranting-ranting atau daun yang tumbuh dari di cabang primer dan sekunder dipangkas dengan menyisakan cabang terpilih yang berbentuk runcing.  Pemangkasan produksi umumnya dilakukan pada bulan Maret-April dan diulangi lagi pada bulan Juli-Agustus. Dari pemangkasan ini akan dihasilkan tunas-tunas baru yang akan muncul bunga dan buah.  Setelah dipangkas maka anggur dalam pot akan berbuah.

Selanjutnya adalah pemupukan. Pada masa pertumbuhan buah, tani muda harus memberikan pupuk sekali dalam sebulan. Pupuk yang digunakan adalah pupuk NPK. pupuk ini berfungsi untuk memperkaya unsur hara di dalam tanah, sehingga tanaman dapat menyerap nutrisi pada tanah dengan maksimal. Tani muda bisa menggunakan pupuk NPK produk dari PKT (Pupuk Kalimantan Timur). Pupuk NPK produksi Pupuk Kaltim terdiri dari dua jenis yaitu NPK Blending dan NPK Fusion. NPK dibuat dalam berbagai komposisi, sesuai kebutuhan tanaman dan jenis tanah. Jenis pupuk ini mengandung tiga unsur hara makro yang sangat dibutuhkan oleh tanaman. Bahan baku NPK berupa urea, DAP (Diammonium phosphate)/RP (Rock phosphate), KCl (Kalium klorida), dan bahan-bahan lain berupa mikronutrien berkualitas tinggi.