rekomendasi film

Mau Nyerah Merawat Tanaman, Tonton Film Wall-E dulu Yuk!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Topik Pembahasan

Wall- E adalah sebuah film keluaran Walt Disney yang rilis pada tahun 2008 lalu. Film ini menceritakan bagaimana kehidupan di bumi yang sudah dicemari berbagai jenis sampah sehingga tidak lagi bisa ditinggali oleh manusia. Akhirnya manusia meninggalkan bumi dengan menggunakan pesawat ruang angkasa bernama Axiom. Manusia meninggalkan bumi dengan ratusan ribu robot penghancur sampah yang diberi nama Wall-E. Setelah 700 tahun lamanya ternyata sampah-sampah di bumi tidak bisa terurai oleh para robot dan banyak pula robot yang sudah tidak berfungsi. Hanya satu robot Wall-E yang masih berfungsi. 

Wall-E yang masih tersisa ini memiliki tingkat kecerdasan dan keingintahuan yang tinggi. Selagi mencoba untuk mengurai sampah, Wall-E juga gemar mengoleksi barang- barang yang dianggapnya unik. Ia juga bisa bertahan dengan mengambil onderdil dari para robot lain yang sudah tidak berfungsi. Dalam pencarian koleksinya, Wall-E menemukan sebuah bibit tanaman yang ternyata mengubah jalur hidupnya.

Ia mencoba untuk menyelamatkan bibit tersebut dan menanamnya di sepatu usang. Ternyata setelah ia menanam bibit tersebut, datanglah sebuah robot yang bernama EVE yang memiliki tugas untuk mendeteksi adanya keberadaan flora di bumi. Di sini lah perjalanan Wall- E dan EVE mulai.

Melihat dari jalan cerita film Wall- E, ada satu pesan bagi para pecinta tanaman yang dapat diambil, yaitu bagaimana Wall- E berusaha untuk menyelamatkan bibit tanaman tersebut dan mulai untuk menanam serta merawatnya.

Kita sebagai pecinta tanaman terkadang mendapat fase di mana semangat menurun untuk merawat tanaman, khususnya pohon. Nah, dari pohon ini kita bisa mengambil semangat Wall- E untuk terus merawat tanaman, karena sangat banyak manfaat yang bisa didapatkan. 

Manfaat Pohon untuk Kehidupan

Tanaman khususnya pohon tentu memiliki banyak manfaat untuk kehidupan sehingga diperlukan usaha dan semangat untuk merawatnya. Beberapa manfaat pohon dalam kehidupan adalah pohon merupakan salah satu sumber penghasil oksigen terbesar di dunia. Pohon menghasilkan oksigen yang dibutuhkan oleh manusia dan hewan untuk bernapas. Selain itu, pohon juga menyerap gas karbondioksida yang dikeluarkan oleh manusia sehingga dapat menjadikan udara menjadi bersih dan sehat.

Selanjutnya pohon juga bisa menahan laju air dan erosi. Hutan menurut penelitian dapat menyerap lebih air 60-80% lebih banyak. Sehingga dengan adanya pohon dapat membantu meningkatkan cadangan air tanah. Akar pohon juga berfungsi untuk menjaga erosi tanah. Dengan adanya keberadaan pohon dapat menjadikan tanah menjadi lebih subur dan sehat, karena dapat menahan air hujan yang jatuh tidak langsung menyentuh tanah sehingga mengurangi daya gerus air hujan terhadap tanah. lingkungan yang yang ditumbuhi banyak pohon juga akan menjadi nyaman, segar, sejuk, mencegah kebisingan dan memberikan pemandangan yang indah. Selanjutnya pohon juga bisa mengurangi pencemaran udara.

Pentingnya Menanam Pohon di Rumah

Karena keberadaan pohon memberikan banyak manfaat, maka itu sangat penting untuk memiliki pohon di rumah sendiri. Dengan adanya pohon di rumah, dapat menjadikan rumah memiliki kualitas udara yang baik sehingga dapat membantu menjaga kesehatan keluarga. Pohon juga dapat membantu mencegah terjadinya banjir karena dapat menyerap air hujan menjadi air tanah. Melestarikan pohon di rumah berarti membantu untuk menjaga bumi. Karena oksigen hanya dapat dihasilkan oleh pohon.

Jika tidak menanam pohon dimulai dari rumah, maka akan sulit untuk mendapatkan oksigen dan udara yang bersih untuk bernapas. Jika menanam pohon tidak dilestarikan sesegera mungkin, bisa saja nanti bumi kita akan menjadi seperti yang diceritakan dalam film Wall- E. 

Yuk sama- sama kita mencoba untuk menanam pohon di rumah, merawatnya dengan penuh semangat sehingga dapat memberikan banyak manfaat untuk kita dan bumi.

Penulis: Fitri