Mau Panen Kentang Berlimpah? Coba Pakai NPK Pelangi Joss

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Topik Pembahasan

KENTANG merupakan sayuran yang biasa dikonsumsi sebagai makanan pokok. Sayuran ini termasuk umbi yang tumbuh dibawah tanah. Harga kentang relatif murah dan mudah dimasak.

Jenis umbi ini memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh seperti sumber energi, memperlancar pencernaan, dan baik untuk ibu hamil. Kentang beserta kulitnya mengandung banyak lemak, kalori, dan rendah sodium. Jika dimasak dengan tepat, kentang bisa menjadi makanan lezat dan sehat.

Untuk meningkatkan produktivitas tanaman kentang, tentu dibutuhkan langkah nyata, mulai dari pemilihan benih, penanaman, pemupukan, hingga penyiraman.

Salah satu daerah penghasil kentang di Indonesia adalah Desa Linelean, Kecamatan Modoinding, Kabupaten Minahasa Selatan, Provinsi Sulawesi Utara. Daerah ini mampu menghasilkan kentang berkualitas melalui demonstration plot (demplot).

Demplot ini menjadi bukti keunggulan dan kualitas pupuk NPK Pelangi Joss, sebagai inovasi produk dari PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT). NPK Pelangi Joss merupakan gabungan pupuk kimia dan hayati pertama di Indonesia.

Pupuk ini telah diperkaya dengan mikroba unggul yang berfungsi untuk menambat nitrogen, melarutkan fosfat, dan mendorong hormon pertumbuhan. Keunggulan ini mampu menjadikan tanah makin kaya akan nutrisi tanpa harus kehilangan daya dukung lahan, sehingga petani lebih efisien dalam pemakaian.

Manfaat Pupuk NPK Pelangi Joss


Melalui NPK Pelangi Joss, PKT mendorong petani dapat menjalankan praktik sustainable agriculture. Dimana pupuk ini tak hanya memiliki unsur NPK, tapi juga agen hayati yang berfungsi memperkaya sifat biologis tanah tetap lestari, sehingga lahan terjaga untuk musim tanam selanjutnya.

Demplot kentang di Modoinding menggandeng Kelompok Tani Jaya Desa Linelean dengan peningkatan hasil mencapai 55 persen dari sebelumnya, untuk masa tanam selama 120 hari.

Hal itu diakui oleh Koordinator Penjualan Retail PKT Wilayah Sulamapa Deny Indra Pratama. Menurutnya, dari perhitungan rata-rata hasil demplot kentang Modoinding mencapai 15,8 ton per Hektare (Ha), dibanding perlakuan petani dengan hasil maksimal 9,9 ton/Ha. Hal ini menunjukkan penggunaan NPK Pelangi Joss mampu meningkatkan hasil panen kentang sebesar 5,9 ton/Ha.

“Dari demplot ini kita bisa melihat peningkatan produktivitas hasil pertanian, karena NPK Pelangi Joss sangat cocok untuk segala jenis tanaman. Mulai tanaman pangan, hortikultura maupun perkebunan,” kata Deny.

Beberapa daerah yang telah melaksanakan uji coba demplot pun telah membuktikan efektivitas NPK Pelangi Joss, dengan peningkatan hasil panen pada berbagai komoditas seperti kentang, padi, sawi putih dan bawang merah. Rata-rata peningkatan hasil mencapai 15-50 persen dari sebelumnya, untuk penggunaan dosis 70 hingga 100 persen.

“Untuk itu kami berharap para petani tidak perlu ragu akan kualitas NPK Pelangi Joss. Jika diaplikasikan dengan perlakuan serta dosis yang tepat, unsur hara akan cepat terurai dan tersedia bagi tanaman sehingga tidak menjadi residu dalam tanah,” harap Deny.

Ketua Kelompok Tani Jaya Desa Linelean, Steven Kapahang mengungkapkan pemupukan dengan menggunakan pupuk NPK Pelangi Joss telah berhasil membuat produktivitas tanaman kentangnya mengalami peningkatan. Selain itu, ungkap Steven, pupuk NPK Pelangi Joss juga berhasil meningkatkan kualitas tanaman kentang yang ditandai dengan lebih besarnya hasil dari tiap biji kentang.

“Dari demplot ini kami membuktikan sendiri kualitas NPK Pelangi Joss, dan ke depan kami sangat merekomendasikan produk ini agar hasil panen tetap tinggi dan berkualitas,” ungkap Steven.

NPK Pelangi Joss merupakan pupuk majemuk makro yang mampu memberi hasil terbaik bagi komoditas pertanian karena terdiri dari pupuk hayati dan pupuk kimia dengan kandungan N, P dan K serta mikroba Bacillus sp.

Keunggulan pupuk ini juga sudah dibuktikan pada berbagai komoditas di sejumlah daerah lain, seperti Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur untuk komoditas padi dengan kenaikan hasil 36 persen, atau rata-rata 8,7 ton per Hektare (Ha) dari sebelumnya 6,4 ton/Ha. Produktivitas bawang merah di Kendal Jawa Tengah mengalami peningkatan 14 persen sebesar 13,1 ton/Ha hanya dengan menggunakan dosis 70 persen dari seharusnya.

Cara Pengaplikasian Pupuk NPK Pelangi Joss Pada Tanaman Kentang

Pemberian pupuk NPK Pelangi Joss pada tanaman kentang tak jauh berbeda dengan tanaman lain. Sebelum melaksanakan penanaman, buatlah dahulu garitan tanam yang disesuaikan dengan jarak tanam yang dianjurkan yaitu 30 cm x 100 cm atau 35 cm x 80 cm tergantung pada varietas bibit dan tingkat kesuburan tanah. Garitan tanam dibuat sedalam 20 cm, di mana nantinya ke dalam garitan ditaburkan pupuk NPK Pelangi Joss.

Sebelum mulai tanam, sebaiknya lakukan penyemaian terlebih dahulu jika benih yang digunakan berasal dari biji umbi. Hal ini dilakukan untuk menghindari penyulaman jika ada bibit yang tidak tumbuh.
Setelah penyemaian selesai, letakkan umbi yang telah dipangkas di dalam garitan di atas pupuk yang telah disebar sebelumnya. Lakukan penanaman dengan jarak tanam sekitar 20-30 cm. Setelah itu, timbun umbi menggunakan tanah dan membentuk gundukan setinggi 10-15 cm. Jarak antar gundukan 80 – 100 cm sesuai garitan yang sudah dibuat tadi.

Perawatan tanaman kentang dapat dilakukan dengan pemberian pupuk serta penyiangan gulma. Pupuk ditaburkan di setiap batang kentang yang sudah mulai membesar namun jangan terlalu dekat dengan tanaman.