pot dari panci bekas

Memanfaatkan Panci Bocor untuk Membuat Apotik Hidup di Rumah

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Topik Pembahasan

Punya panci yang sudah bocor dan tak terpakai di rumah? Jangan langsung dibuang, ya. Kamu bisa menggunakan panci tersebut sebagai media tanam untuk kebun di rumah.

Untuk membuat kebun bagus dan menarik tak selalu membutuhkan biaya yang besar. Saat ini untuk mulai menanam atau berkebun tidak membutuhkan banyak biaya. Kamu bisa memanfaatkan barang- barang bekas dirumah. Salah satunya adalah panci bocor ini. Kamu bisa mengubah fungsi panci dari wadah untuk memasak menjadi pot atau media tanam di kebun mungil kamu.

Untuk bisa menjadikan panci bocor sebagai media tanam, ada beberapa hal yang harus kamu lakukan. Pertama kamu harus memberikan lubang di bawah panci, hal ini akan dapat membantu air mengalir dan tidak menggenangi tanah dan tanaman. Selanjutnya kamu bisa mendekor atau menghias panci agar tampak menarik. Kamu bisa coba untuk memberi mengecat panci menjadi warna- warni. Memberi aksen tali atau kawat sebagai tempat untuk menggantung panci sehingga bisa menghemat tempat. Selanjutnya kamu bisa menambahkan tanah dan pupuk pada panci, lalu panci siap menjadi pot dan siap untuk ditanami.

Cara Menghias Panci Bocor Jadi Pot Cantik 

Untuk menyempurnakan manfaat panci bocor sebagai pot, tak ada salahnya kamu coba untuk menghiasinya. Panci bocor yang dihiasi tentu akan menjadi pot yang cantik dan menambah keindahan taman atau kebun. Kamu bisa melakukannya dengan mudah.

Langkah pertama adalah membersihkan panci dari bekas-bekas masakan atau karat. Setelah dicuci bersih, keringkan dan tampal bagian yang memiliki kebocoran cukup besar. Setelah itu kamu bisa mulai untuk melubangi panci sesuai kebutuhan agar drainase baik. Setelah itu kamu bisa mulai untuk mengecat. Pilihlah warna yang dapat menambah keindahan yaitu warna- warna cerah seperti merah, kuning, biru, tosca, atau warna-warna salem. 

Setelah dicat, kamu bisa mencoba untuk melukis atau menempelkan gambar- gambar seperti bunga, kupu-kupu dan dedaunan. Setelah cat kering, kamu sudah bisa mulai mengisi panci dengan tanah dan pupuk. Penambahan tali untuk menggantung pot juga dapat memberi keindahan dan tentu saja membantu untuk menghemat pemakaian lahan. 

Jenis Tanaman yang Cocok Ditanam

Panci bocor yang sudah di sulap menjadi media tanam tadi bisa kamu manfaatkan untuk membuat apotik hidup di rumah. Kamu bisa menanam berbagai macam tanaman herbal seperti mint, rosemary, basil, sirih. Bumbu dapur seperti jahe, kunyit, lengkuas, kencur, daun bawang, bahkan kamu juga bisa menanam sayur- sayuran seperti bayam dan selada. 

Memiliki apotik hidup di rumah tentu sangat menyenangkan. Bayangkan saja ketika kamu butuh sesuatu seperti bumbu dapur, sayuran, kamu bisa tinggal petik dari kebun mungil kamu. Hanya bermodalkan barang bekas dan ketelatenan dalam berkebun, kamu bisa mendapatkan itu semua. Meski hanya bermodalkan barang bekas sebagai media tanam atau pot, kamu juga harus memperhatikan perawatan dan pemeliharaan tanaman. Salah satu yang penting adalah pupuk.

Sebelum menanam, kamu bisa menggunakan pupuk kandang atau kompos sebagai campuran tanah dengan perbandingan 1:1. Setelah itu kamu bisa menanaminya. Setelah ditanami, kamu juga perlu memberikan pupuk susulan, tergantung dari jenis tanaman yang ditanam. Pupuk susulan gunanya adalah untuk memaksimalkan tumbuh kembang dari tanaman. Sehingga tanaman dapat tumbuh subur, sehat dan menghasilkan panen yang memuaskan.

Untuk pupuk susulan, kamu bisa menggunakan pupuk organik dari hasil fermentasi sampah organik, atau pupuk kandang. Bila merasa agak repot menyiapkan pupuk organik, kamu juga bisa menggunakan pupuk kimia. Pupuk Kaltim menyediakan berbagai jenis produk pupuk untuk berbagai jenis tanaman sesuai dengan kebutuhan. Pupuk Kaltim menyediakan pupuk jenis urea, NPK, dan berbagai jenis pupuk hayati seperti Ecofert yang berfungsi untuk menyuburkan tanah, ada Biotara yang meningkatkan produktivitas tanaman, dan masih banyak lainnya.

Penulis: Fitri