Baking soda

Membasmi Jamur Tanaman dengan Baking Soda, Ampuh Nggak Ya?

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Topik Pembahasan

Memiliki kebun yang subur, indah, dan memiliki banyak manfaat tentu menjadi idaman setiap orang. Namun dalam berkebun banyak sekali yang harus diperhatikan, seperti bagaimana cara merawat kebun itu sendiri.

Memelihara kebun dari hama dan penyakit-penyakitnya juga merupakan hal yang menjadi prioritas bagi Anda. Jamur bisa menjadi salah satu penyebab berbagai penyakit pada tanaman dan menyerang bagian lain pada tanaman, seperti akar, batang, daung, bahkan buah. Tidak hanya tanaman, jamur juga dapat menyerang tanah sebagai media tanam. 

Adanya jamur pada tanaman dan tanah bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti kondisi kelembapan pada media tanam, cuaca ekstrem, pola penyiraman yang tidak teratur, bibit yang memang sudah memiliki penyakit dan kurangnya pemupukan ataupun penyemprotan fungisida pada tanaman. Ada beberapa jenis jamur yang dapat menyerang tanaman, dan penyakit apa yang dapat disebabkannya. Berikut akan kita bahas jenis jamur apa saja yang dapat menyerang tanaman Anda.

Jamur menyebabkan banyak penyakit pada tanaman seperti sayur-sayuran dan tanaman hias. Pada cabai, jamur dapat menyebabkan layu pada daun dan buah. Penyakit ini biasa disebut dengan layu verticillium. Dimana gejala awal adalah terlihat dari ukuran tanaman yang kerdil, daun menguning dan menyebabkan daun rontok dan akan berakhir pada tanaman mati. Jamur ini tidak hanya menyerang tanaman cabai tetapi juga beberapa tanaman hias. Jamur ini biasanya didapat dari tanah, jamur ini dapat mengendap bertahun-tahun pada tanah sehingga membuatnya tidak subur dan mengganggu pertumbuhan tanaman.

Selanjutnya penyakit yang disebabkan oleh jamur adalah bercak pada daun, akar dan buah yang busuk. Jamur adalah salah satu penyebab penyakit mematikan bagi tanaman Anda. namun jangan terlalu cepat menyerah, karena ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi resiko penyakit akibat jamur ini. 

Baking soda sebagai pembasmi jamur?

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi resiko kerusakan tanaman akibat jamur. Menggunakan baking soda ternyata adalah salah satu cara yang dapat Anda coba di rumah.

Baking soda mungkin biasa Anda kenal sebagai salah satu bahan untuk memasak kue. Namun ternyata selain menjadi bahan untuk membuat kue, baking soda memiliki banyak manfaat lainnya dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu manfaat yang akan kita bahas adalah baking soda sebagai penghambat penyebaran jamur pada tanaman.

Cairan baking soda dapat membantu mencegah infeksi jamur pada tanaman. Dari beberapa hasil penelitian, baking soda ternyata tidak sepenuhnya bisa membunuh atau membasmi jamur

Cairan baking soda hanya mampu untuk membantu mencegah penyebaran infeksinya saja. Namun tak ada salahnya Anda menggunakan cairan baking soda sebagai pembantu Anda dalam berkebun. Karena baking soda juga terbukti tidak mengganggu tanaman, namun harus dengan takaran yang tepat. 

Cara yang tepat untuk membuat cairan baking soda adalah dengan melarutkan 1 sendok teh baking soda ke dalam 4 liter air. Tambahkan 5 ml minyak dorman dan 2,5 ml sabun cuci piring atau sabun hortikultura sebagai surfaktan yang membantu cairan dapat menempel. 

Cairan baking soda tidak berbahaya bagi tanaman dan dikenal dapat membantu penyebaran spora jamur pada tanaman. Cairan baking soda bisa menjadi efektif untuk beberapa jenis tanaman seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Diperlukan pengaplikasian teratur, terutama pada musim kemarau, dimana dapat membantu meminimalkan penyakit embun tepung dan penyakit daun lainnya.

Tingkatkan Kesuburan Tanah

Kesuburan tanah juga sangat mempengaruhi kesuburan tanaman. Tanah yang subur tentu takkan mudah untuk diserang oleh jamur, karena tanah juga merupakan media tanam yang dapat menyebabkan penyakit bagi tanaman dikarenakan adanya jamur. Untuk menyuburkan tanah Anda bisa melakukannya dengan cara biologis yaitu dengan memberikan pupuk kandang, kompos, dan pupuk organik. Selain cara biologis, Anda juga dapat menyuburkan tanah dengan cara kimia. Anda dapat memberikan pupuk kimia untuk menyuburkan tanah yang akan menjadi media tanam. Untuk tanaman yang ada di kebun rumahan, Anda dapat menggunakan pupuk ecofert dengan dosis seperti berikut :

  • Dosis pupuk ecofert untuk tanaman perkebunan: 100-120 kg/Ha/tahun
  • Dosis pupuk ecofert untuk tanaman hortikultura: 40 kg/Ha
  • Dosis pupuk ecofert untuk tanaman pangan: 20 kg/Ha

Penulis: Fitri Mariya Amin