cara menanam Pepaya California. Foto: Pinterest

Menanam Pepaya California Itu Mudah, Pakai Pupuk Ini agar Buahnya Lebat

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Topik Pembahasan

Sejak 10 tahun lalu, pepaya California mulai dikenal masyarakat Indonesia. Banyak yang mengira kalau buah kaya manfaat ini berasal dari Amerika Serikat, iya namanya memang persis nama salah satu negara bagian di negeri Paman Sam.

Faktanya tanaman pepaya ini merupakan bibit unggul hasil pemuliaan Tim PKHT atau Pusat Kajian Hortikultura Tropika dari Institut Pertanian Bogor (IPB) yang dinamai dengan Calina atau nama latinnya Carica Papaya L.

Kenapa disebut pepaya California, ternyata hanya trik pedagang pepaya agar buah asli Indonesia dengan rasa manis dan berbiji sedikit ini mudah dikenal masyarakat. Benar saja, pepaya California bukan hanya populer karena namanya yang dikira produk impor tetapi rasanya yang lebih manis ketimbang jenis lain dan bentuk serta beratnya tak terlalu besar membuat buah ini digemari penyuka buah.

Petani di berbagai daerah di Indonesia, bukan hanya di Pulau Jawa tetapi juga di Sumatera, seperti di pinggiran Kota Palembang juga sejak tahun 2012 telah membudidayakan pepaya California. Buahnya lebat dan panennya pun teratur membuat petani senang menanam pepaya ini.

Andi salah seorang petani pepaya California di kawasan Talang Jambe, Kota Palembang mengungkapkan memiliki 150 pohon pepaya tersebut. “Merawat tanaman ini, sangat mudah asal dipastikan tanah dalam kondisi lembap dan diberi pupuk yang cukup maka produksi buah akan terus menerus,” kata dia.

Dia menyebutkan setiap minggu setidaknya 200 kilogram pepaya hasil kebunnya dijual ke pembeli yang datang langsung ke kebun yang tidak jauh dari kediamannya tersebut.

Pembeli biasanya pedagang buah yang akan menjual kembali buah yang kaya vitamin A, B dan C serta zat lainnya yang baik untuk tubuh tersebut. Di kebun harga pepaya California Rp4.000 per kilogram, kalau sudah dijual di pasar biasanya mencapai Rp7.000/kg.

Popularitas pepaya California telah mengalahkan pepaya Bangkok yang sebelumnya sempat menjadi primadona penggemar pepaya dan juga petani. 

Menanam Pepaya California di Rumah

Ingin mencoba menanam pepaya California di pekarangan rumah?. Tentu saja bisa, karena tanaman ini sebenarnya bisa tumbuh dengan mudah di daerah dataran rendah hingga dataran sedang dengan ketinggian 0-700 mdpl, media tanam yang digunakan adalah campuran tanah dengan berpasir sedikit.

Pepaya akan tumbuh optimal meskipun di pekarangan masyarakat perkotaan asal kebutuhannya dipenuhi, penyiram yang cukup, paparan matahari optimal dan perawatan yang baik pula.

Situs paranet99.com menjelaskankan bagaimana cara agar pepaya California bisa tumbuh subur dan menghasilkan buah yang berlimpah. Suhu pada lahan sangat berpengaruh pada proses pertumbuhan pepaya California, sehingga perlu diperhatikan secara khusus, suhu yang cocok untuk pertumbuhan tanaman berkisar 25-30 derajat celcius dengan curah hujan 1.000-2.000 mm per tahunnya. Untuk kelembapan udara, tanaman pepaya California cocok dengan kelembapan berkisar 40 % dengan tingkat keasaman tanah sekitar 6-7 pH. Berikut tahapan menanam pepaya California.

Pembibitan atau Penyemaian

Pemilihan biji sangat penting dilakukan untuk mendapat bibit yang unggul dan tahan terhadap hama,  pemilihan biji dilakukan dengan memilih biji dari buah pepaya California yang telah matang di pohon, sehat dan bebas dari hama. Berikut merupakan langkah penyemaian pepaya California.

Perendaman dilakukan terhadap biji pepaya California di dalam air dengan kurun waktu semalam, sehingga esoknya mendapat biji yang tenggelam dan buang biji yang mengambang. Kemudian biji diperam dengan menggunakan kertas koran atau kain basah selama sekitar satu minggu, dengan selalu menjaga kelembaban koran atau kain yang digunakan.

Setelah satu minggu diperam biji pepaya California yang menjadi benih tersebut telah dapat disemai pada polybag. Penyemaian dapat dilakukan pada polybag atau pot, dengan media tanam campuran tanah halus dan kompos atau pupuk kandang dengan perbandingan 2:1.

Lalu media tanam siap digunakan, masukan benih ke dalam tanah dan tutupi dengan tanah lalu sirami dengan air secukupnya. Bibit dapat diletakkan pada tempat yang terkena sinar matahari hingga berumur 1-1,5 bulan, kemudian bibit pepaya California siap ditanam pada lahan yang lebih besar.

Persiapan Lahan Tanam

Penyiapan lahan tanam dilakukan dengan menggemburkan tanah melalui proses dibajak atau dicangkul untuk menetralkan unsur hara dalam tanah dan membersihkan lahan dari rumput liar atau gulma. Pembuatan bedengan dilakukan agar tidak ada genangan air di sekitar tanaman, pembuatan lubang tanam dengan ukuran sekitar 50 cm dengan jarak per lubang sekitar 2,5×2,5 meter. Kemudian lubang dapat diberi campuran tanah dan pupuk kandang atau kompos, namun jangan sampai menutupi seluruh permukaan lubang tanam dan siram dengan air secukupnya sampai tanah terlihat lembab. 

Penanaman

Bibit pepaya California dapat secara langsung ditanam pada lubang yang telah dibuat, dengan jumlah satu bibit untuk setiap lubang tanam. Penanaman dapat dilakukan pada sore hari, karena sore merupakan waktu yang paling bagus untuk menanam bibit pepaya California agar tidak mengganggu proses fotosintesis tanaman.

Pemeliharaan dan Perawatan

1. Penyiraman

Penyiraman sangat penting untuk tanaman pepaya California, namun penyiraman jangan dilakukan secara berlebih sampai membuat genangan air di sekitar media tanam. Hal tersebut dapat berpengaruh pada tanaman karena batang pohon bisa menjadi mudah busuk jika terlalu banyak mendapatkan penyiraman dan hal ini juga mempengaruhi buah tanaman. Oleh karena itu penyiraman tanaman pepaya California dilakukan secara rutin sampai tanah terlihat lembab namun jangan sampai berlebihan.

2. Pemupukan

Pemupukan dilakukan secara rutin untuk menjaga kesuburan tanah sekaligus tanaman pepaya California. Gunakan pupuk NPK Pelangi untuk setiap pohon dengan berat 500 gram untuk sebatang pepaya. Ketika tanaman pepaya California mulai berbuah penambahan pupuk KCL dapat dilakukan.

3. Pemangkasan

Pemangkasan dapat dilakukan pada tunas atau dahan yang kering atau mati agar pertumbuhan tanaman dapat lebih optimal. Proses ini dapat disesuaikan dengan kondisi tanaman pepaya California.

Pemanenan

Pemanenan dapat mulai dilakukan pada saat tanaman pepaya California berumur sekitar 8-9 bulan setelah masa tanam, dengan ciri-ciri buah yang sudah masak kulit buah mulai menguning dengan cara memotong tangkai buah dan simpan pada tempat yang memiliki jerami agar buah tidak terbentur. Pemanenan buah pepaya California biasanya bisa 4 kali dalam sebulan.

Tunggu apalagi, yuk kita tanam pepaya California di pekarangan rumah dan rasakan buah hasil tanaman sendiri setelah waktunya tiba.