Cara menanam bunga matahari

Menanam Sunflower di Rumah Ternyata Banyak Manfaatnya, Lho!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Topik Pembahasan

Siapa yang tak kenal dengan sunflower atau yang lebih sering disebut bunga matahari? Bunga ini sering sekali dijumpai dan memiliki banyak manfaat. Tapi sebelum kita bahas manfaat apa saja yang kita dapatkan dengan menanam sunflower, ada baiknya kita ketahui dulu jenis- jenis dari sunflower tersebut.

Sunflower yang diketahui banyak orang pada umumnya adalah berwarna kuning mekar pada bunga, dan memiliki biji di tengah seperti layaknya Matahari. Tapi ternyata sunflower memiliki beberapa jenis dan tidak hanya berwarna kuning. Yuk simak apa saja jenis- jenis dari sunflower.

Jenis- jenis Sunflower

Sunflower atau yang biasa kita sebut sebagai bunga matahari adalah jenis bunga yang berasal dari famili Asteraceae dan genus Helianthus. Bunga matahari memiliki kelopak yang besar, bisa mencapai diameter 30 cm. Kelopak ini juga tidak hanya besar, tetapi juga menyimpan bunga tabung yang dapat mencapai angka 2.000 buah. Sedangkan bunga yang berada di sisinya disebut dengan bunga lidah. Tak hanya memiliki kelopak yang besar, bunga matahari juga tergolong tanaman yang tinggi yaitu satu batang bunga matahari bisa mencapai 3-5 meter. 

Yang diketahui pada umumnya bunga matahari hanyalah memiliki kelopak berwarna kuning, dan memiliki biji atau bunga tabung di tengahnya atau yang lebih sering disebut dengan biji bunga matahari. Namun siapa sangka bahwa bunga matahari memiliki banyak jenis, lebih dari 10 jenis bunga matahari yang akan kita bahas kali ini. 

Giant Sun Gold adalah jenis bunga matahari yang memiliki kelopak besar dan tebal, bisa mencapai tinggi 1 meter, memiliki diameter sampai dengan 15 cm dan dapat bertahan selama 2 bulan. Teddy bear, mengapa disebut teddy bear karena bunganya memiliki kelopak yang rapat dan tebal sehingga membentuk seperti kepala boneka teddy bear. Jenis ini sangat disukai banyak orang, ia juga tidak seperti pada umumnya, ia hanya memiliki ketinggian antara 60-90 cm. Big smile adalah jenis bunga matahari yang bisa Anda tanam sebagai hiasan di rumah. Bunga ini memiliki ketinggian sekitar 40 cm, bisa ditanam di pot dan bisa memiliki 4 bunga setiap batangnya. 

Earth Walker merupakan jenis bunga matahari yang berbeda pada umumnya. Bunga ini memiliki warna yang berbeda yaitu oranye, merah, hitam, dan kuning. Bunga ini juga bisa tumbuh dengan ketinggian mencapai 270 cm. Jika Anda ingin mencoba jenis bunga matahari yang unik, tak ada salahnya untuk mencoba menanam Earth Walker ini. Selanjutnya ada Fiesta Del Sol, bunga ini juga termasuk kedalam bunga yang cocok untuk ditanam di pot dan di rumah, meski ia memiliki  tinggi sekitar 80 cm namun ia hanya memiliki diameter 6-10 cm saja.. Bunga ini memiliki warna merah terang dan pekat.

Cherry Rose juga merupakan salah satu jenis bunga matahari yang unik. Bunga ini memiliki perpaduan dari warna ungu, merah, hitam, dan putih. Bunga ini juga menjadi salah satu incaran para pecinta bunga karena warnanya yang unik. Early Russian adalah jenis bunga matahari yang tampak seperti pada umumnya, namun bunga ini dapat tumbuh dengan tinggi 2-3 meter dan memiliki diameter hingga 30 cm. Red Sun adalah jenis bunga matahari yang dipenuhi dengan warna merah gelap nan indah. Bunga ini tergolong besar karena dapat mencapai ketinggian 1,5 meter atau lebih dan diameternya adalah 15 cm. Bunga ini dapat mekar selama 75 hari. 

Moonwalker sekilas terlihat seperti bunga matahari pada umumnya. Namun bunga ini memiliki warna yang sedikit pudar yaitu kuning muda. Bunga ini juga tergolong besar yaitu tingginya bisa mencapai 170 cm dan diameternya 15 cm. Valentine adalah jenis bunga matahari yang sering dibudidayakan di perkebunan. Ia memiliki karakteristik yang hampir sama dengan Moonwalker, yaitu memiliki warna pudar pada kelopak yaitu kuning muda, memiliki tinggi mencapai 1,5 meter dengan diameter 15 cm dan dapat bertahan selama 75 hari.

Velvet Queen adalah jenis bunga matahari yang bentuknya menyerupai gerhana bulan cincin. Warnanya yang gelap di tengah dan sisi-sisinya yang merah kekuning-kuningan. Bunga ini dapat menghasilkan 5-8 kelopak setiap tangkainya. Pacino Gold adalah salah satu jenis bunga matahari yang dapat ditanam di pot. Bunga ini memiliki warna kuning keemasan dan bagian tengah yang gelap. Selain itu ia hanya memiliki ketinggian sekitar 60 cm dan dapat bertahan hingga 2 bulan dalam keadaan mekar. Autumn Beauty merupakan jenis bunga matahari yang sangat unik. Ia memiliki warna yang berbeda pada bunganya. Mulai dari warna kuning, oranye kemerahan, hingga kecoklatan. Bunga ini juga tergolong besar karena dapat tumbuh hingga ketinggian 170 cm dengan diameter 15 cm dan dapat mekar selama 75 hari.

Cara menanam Sunflower

Setelah mengetahui apa saja jenis- jenis sunflower, tentu selanjutnya Anda ingin menanam salah satunya. Berikut beberapa cara menanam sunflower yang dapat Anda ikuti di rumah.

  • Siapkan lahan. Anda perlu menyiapkan tanah yang memiliki kadar pH yang sedikit asam ke basah sekitar 6.0 hingga 7.5. Meskipun sebenarnya bunga matahari dapat tumbuh di banyak jenis tanah, tak ada salahnya Anda memilih tanah dengan banyak gambut. 
  • Pilih bibit yang berkualitas
  • Proses menanam adalah hal yang paling penting. Langkah pertama adalah gemburkan tanah dengan memberikan pupuk kandang atau pupuk kompos. Selanjutnya gali lubang sedalam 2,5 cm dengan jarak 45 cm diantaranya. Masukan bibit pada lubang lalu tutup kembali dengan tanah. Selanjutnya berikan pupuk organik dan sebarkan pada area tanam agar batang bunga menjadi kuat. Berikan air, namun Anda harus bisa memperkirakan jumlah air, jangan sampai bibit terbanjiri air.
  • Proses perawatan adalah hal yang tak kalah penting. Proses penyiraman adalah kunci, dan Anda harus perhatikan bahwa bunga matahari menyukai penyiraman yang banyak namun jarang, daripada sering tapi sedikit. Selanjutnya Anda dapat melapisinya dengan mulsa. Basmi hama dan jamur dengan cara mengambil cacing, pasanglah jaring agar bunga tak dihancurkan burung, lalu semprotkan fungisida bila bunga terkena jamur.

Manfaat untuk Kesehatan

Selain sebagai tanaman hias yang sedap dipandang, bunga matahari juga memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan. Bagian dari bunga matahari yang sering dimanfaatkan adalah bijinya yang dapat dikonsumsi.

BIji bunga matahari atau yang sering kita ketahui sebagai kuaci memiliki khasiat untuk mencegah diabetes dan mengurangi resiko jantung. Ini dikarenakan biji bunga matahari mengandung asam klorogenat yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Biji bunga matahari juga memiliki kandungan magnesium yang dapat menurunkan tekanan darah, dan asam linoleat yang dapat mencegah penyempitan pembuluh darah dan menurunkan kolesterol.

Selain dari bijinya, bunga matahari juga dapat dijadikan minyak. Minyak bunga matahari memiliki banyak manfaat seperti menjaga kesehatan kulit, meredakan peradangan kulit, mencegah rambut rontok. Hal ini karena minyak bunga matahari mengandung vitamin E, VItamin B6, A, C, D, dan asam linoleat.