Rekomendasi alat penggembur tanah modern

Mengenal Alat Penggemburan Tanah Modern yang Bisa Bantu Petani

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Topik Pembahasan

Indonesia terkenal sebagai negara agraris yang mana sektor pertanian merupakan salah satu mata pencaharian terbesar masyarakatnya. Pertanian di Indonesia mencakup perkebunan, hortikultura, perikanan, peternakan, dan kehutanan. Sektor pertanian juga menjadi salah satu penunjang ekonomi terbesar untuk negara.

Oleh sebab itu tentu hasil panen yang baik adalah harapan dari semua petani. Salah satu faktor penting yang bisa membuat hasil panen berkualitas dan melimpah adalah kesehatan dan kesuburan tanah.

Jenis tanah di Indonesia yang cocok untuk dijadikan lahan pertanian adalah tanah Aluvial, Andosol, Entisol, dan Humus. Jenis-jenis tanah tersebut cocok untuk dijadikan lahan pertanian karena memiliki tingkat kesuburan yang tinggi serta tekstur yang mudah untuk ditanami.

Meski demikian, penggemburan tanah tetap harus dilakukan sebelum mulai untuk menanam. Saat ini untuk menggemburkan tanah tidak hanya dapat dilakukan dengan cara tradisional, seperti membajak dengan menggunakan bantuan sapi. Tetapi saat ini untuk menggemburkan tanah dapat dibantu dengan alat pertanian modern.

Pentingnya Menggemburkan Tanah

Penggemburan tanah adalah proses pengolahan tanah yang bertujuan untuk mengembalikan kesuburan tanah. Kesuburan tanah adalah kemampuan tanah untuk menyediakan unsur hara pada takaran dan kesimbangan tertentu secara bekesinambungan untuk menunjang pertumbuhan suatu jenis tanaman. Secara praktisnya penggemburan tanah adalah proses penghancuran pori- pori tanah yang keras sehingga membantu mengembalikan kondisi tanah dari tandus menjadi subur. 

Mengapa melakukan penggemburan tanah sebelum menanam menjadi penting? Sebab, dengan melakukan penggemburan, perakaran akan mudah masuk ke dalam tanah dan memudahkan akar tanaman menyerap unsur hara sehingga dapat bermanfaat.

Jika pertumbuhan akar tanaman maksimal, unsur hara akan mudah diperoleh untuk perkembangan tanaman sehingga kebutuhan nutrisi bagi tanaman akan tercukupi.

Alat Penggembur Tanah Modern yang Dapat Membantu Petani

Penggemburan tanah harus dilakukan dengan baik. Saat ini sudah banyak alat penggembur tanah modern yang dapat membantu petani. Teknologi pertanian di Indonesia sudah berkembang cukup besar. Berikut beberapa alat mesin pertanian yang dapat digunakan untuk menggemburkan tanah :

  • Traktor 

Traktor merupakan alat yang secara umum digunakan oleh para petani untuk menggemburkan tanah. Traktor juga memiliki beberapa jenis, seperti traktor besar dan kecil dengan roda dua. Lalu juga ada jenis traktor yang beroda rantai dapat digunakan di tanah berlumpur dan untuk roda dua dapat digunakan untuk tanah kering.

  • Rotavator 

Rotavator adalah proses penggemburan tanah dengan dua tahap. Tahap pertama adalah pengolahan dilakukan dengan membolak-balikan tanah , memotong dan mencacah. Tahap kedua adalah akan menjadikan tanah menjadi rapi, menghilangkan hama, dan menjadikan tata air menjadi rapi.

  • Garu sisir

Penggunaan garu sisir dilakukan setelah penggunaan bajak singkal. Garu sisir biasa digunakan oleh para petani untuk menggemburkan tanah di sawah dalam keadaan yang masih basah sehingga tanah bisa menjadi gembur.

  • Bajak singkal

Salah satu alat pertanian modern ini membantu menggemburkan tanah dengan cara membolak balikan tanah. Bajak singkal juga memiliki dua jenis, yaitu bajak singkal satu arah dan bajak singkal dua arah.

  • Bajak Subsoil

Bajak subsoil merupakan alat mesin pertanian modern yang dapat menggemburkan tanah dengan memecah tanah dengan kedalaman 20-36 inci. Bajak subsoil biasanya digunakan untuk membuat parit pada lahan.

  • Garu piring

Garu piring merupakan alat pertanian modern yang digunakan untuk mengolah tanah tepat sebelum penanaman. Selain itu alat ini juga bisa membersihkan lahan tanaman bersih dari rumput bala. Setelah melakukan penanaman, garu piring bisa dilakukan untuk menutupi bibit dalam tanah.

Penulis: Fitri