budidaya kencana ungu

Nostalgia Kecil: Kencana Ungu Tak Hanya Bisa Meledak, Tapi Punya Banyak Manfaat

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Topik Pembahasan

Tani muda mungkin pernah mengenal sebuah tanaman yang buahnya bisa meledak atau meletup kecil bila dimasukkan ke dalam air. Tanaman ini mungkin Tani Muda kenal dengan nama pletekan atau ceplikan.

Saat kecil buah ini menjadi salah satu permainan yang sangat sering dimainkan karena tanaman ini tumbuh secara liar dan banyak dijumpai. Tapi tahukah Tani Muda bahwa tanaman pletekan adalah tanaman dengan nama kencana ungu?

Kencana ungu adalah sebuah tanaman semak yang memiliki bunga berwarna ungu atau biru. Kencana ungu liar adalah spesies dari tumbuhan berbunga yang termasuk ke dalam keluarga Acanthaceae. Berasal dari Amerika Tengah, tetapi kini sudah tersebar di seluruh dunia terutama daerah beriklim tropis dan juga di Asia Tenggara. Tanaman kencana ungu memiliki nama latin Ruellia Tuberosa.

Buah dari kencana ungu bisa meledak atau meletup dan terlempar dengan sendirinya ketika sudah tua dan kering. Ini adalah salah satu penyebab tanaman ini dapat tumbuh di mana-mana karena buah yang terlempar akan menjadi benih yang akan tumbuh menjadi tanaman kencana ungu tersebut. Selain bisa menjadi hiburan karena bijinya yang bisa meledak atau meletup ketika dimasukkan ke dalam air, ternyata tanaman kencana ungu memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi tubuh.  

Manfaat Tanaman Kencana Ungu

Tidak hanya memiliki warna dan bentuk yang indah, bunga dari tanaman kencana ungu memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, di antaranya adalah 

  • Mengobati rasa gatal

Tani muda bisa mengobati luka bekas garukan karena gatal yang terjadi terus menerus dengan menggunakan bunga dari kencana ungu. Caranya adalah dengan menumbuk halus bunga kencana yang sudah dicuci bersih, lalu balurkan pada area kulit yang terkena gatal.

  • Mengobati batuk

Untuk mengobati batuk dengan cara herbal, tani muda bisa menggunakan tanaman kencana ungu sebagai obatnya. Rebuslah bunga kencana ungu lalu minum dengan menambahkan madu.

  • Menyembuhkan peradangan

Untuk menyembuhkan peradangan, tani muda bisa menggunakan akar dari kencana ungu. Ambil akar kencana ungu, bersihkan lalu jemur hingga kering. Setelah akar mengering tani muda bisa menghaluskannya. Tani muda bisa minum air hasil rebusan dari akar yang sudah dihaluskan untuk menyembuhkan peradangan.

  • Mengobati diabetes

Daun dari kencana ungu dapat membantu mengobati diabetes basah ataupun diabetes kering. Untuk mengobati luka pada diabetes kering, tani muda bisa menumbuk daun dari kencana ungu yang sudah dicuci bersih hingga halus, lalu balurkan kepada luka. Daun kencana ungu akan membantu membuat luka cepat mengering.

Untuk diabetes kering, tani muda bisa minum teh dari daun kencana ungu. Tani muda bisa membuat teh daun kencana ungu dari daun yang sudah kering, ataupun daun yang tidak kering. Meminum teh daun kencana ungu pada pagi dan sore hari dapat membantu mengobati diabetes kering.

  • Mencegah hipertensi 

Untuk mencegah hipertensi, tani muda bisa memanfaatkan daun dari kencana ungu. Ambillah 12 bunga kencana ungu, cuci bersih lalu rebus dengan satu liter air. Minum pada pagi dan sore hari.

  • Mengobati saluran kemih dan ginjal

Tani muda bisa menggunakan batang dari kencana ungu untuk mengobati penyakit yang satu ini. Tani muda bisa menggunakan 75-112 gram batang segar lalu rebus dengan satu liter air. Tani Muda juga bisa menggunakan batang kencana ungu yang sudah kering sekitar 25-58 gram, dan rebus dengan satu liter air. Minumlah pada pagi hari sebelum sarapan, ini akan membantu Tani Muda mengatasi permasalahan kandung kemih dan ginjal.

Cara Membudidayakan Kencana Ungu di Rumah

Meski termasuk ke dalam salah satu tanaman yang liar dan dapat tumbuh di mana-mana, tidak salahnya tani muda juga menanam kencana ungu di rumah, karena banyak manfaat yang didapat dari tanaman satu ini. Tani Muda bisa membudidayakan tanaman kencana ungu dari benih ataupun stek.

Saat ini benih atau bibit kencana ungu bisa didapatkan di toko pertanian terdekat, ataupun secara online marketplace. Harga bibit kencana ungu berkisar Rp. 1.500,00 hingga Rp10.000,00 per batang. Bibit ini dijual dari hasil stek atau dari semai benih. Bibit yang dijual secara online biasanya memiliki berat sekitar 100 gram dan sudah memiliki akar.

Untuk membudidayakan kencana ungu terbilang mudah. Hal pertama yang harus Tani Muda lakukan adalah pilih daerah tanam yang mendapat sinar matahari cukup. Karena sinar matahari sangat mempengaruhi proses pembungaan.

Bila tanaman mendapat banyak cahaya matahari maka bunga pun akan banyak. Selanjutnya adalah memperhatikan proses penyiramannya. Lakukan penyiraman pada benih yang telah disemai secara teratur hingga tumbuh akar. Setelah itu pindahkan pada media tanam baik itu pot, poly bag ataupun tanah.

Tanaman yang sudah memiliki akar akan toleran kepada kekeringan, langkah selanjutnya adalah melakukan pemupukan dengan sedikit unsur phospor. Ketika daun sudah tua dan menguning, Tani Muda harus melakukan pemangkasan. Pastikan tanaman mendapat cahaya matahari yang cukup untuk memperbanyak bunga dan air untuk mempercepat penyebaran tanaman.(Demfarm/Fitri)