Urban Healing Garden

Perindah Nuansa Alam di Rumah, Lewat Konsep Urban Healing Garden

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Topik Pembahasan

Healing adalah kata yang saat ini sering kita dengar terutama oleh gen Z, di mana kata healing sering kali digunakan sebagai ekspresi untuk menenangkan diri dan menjernihkan pikiran dari beban kerja, stress, dari kegiatan sehari- hari. Healing sebenarnya memiliki makna proses penyembuhan dari penyakit baik secara fisik maupun mental.  Proses penyembuhan ini terdiri dari proses medis seperti obat-obatan dan juga tentu saja lingkungan. Lingkungan yang sehat dan kondusif sangat membantu dalam proses healing.

Konsep urban healing garden adalah konsep di mana di tengah- tengah kota yang dominan hiruk pikuk terdapat satu tempat berupa taman yang dapat menjadi tempat untuk bisa melepaskan penat, stress, menjernihkan pikiran dan membantu proses healing. Konsep healing garden sebenarnya telah banyak dilakukan oleh beberapa rumah sakit sebagai salah satu usaha untuk proses penyembuhan pasien.

Urban healing garden adalah konsep yang saat ini banyak diterapkan oleh beberapa pemerintah kota dengan menciptakan sebuah kebun atau ruang hijau terbuka di tengah- tengah kepadatan kota. Konsep ini diharapkan dapat menjadi tempat bagi masyarakat untuk melepaskan penat, stress dan beban pikiran di tengah- tengah kesibukan sehari- hari. 

Selain sebagai tempat untuk proses healing, beberapa kota juga mengadakan edu agrowisata bagi pengunjungnya. Jadi kebun atau taman tidak hanya sebagai tempat untuk refreshing tetapi juga dapat menjadi tempat untuk mempelajari tentang tanaman, bercocok tanam dan tentu saja dapat memotivasi masyarakat untuk lebih dekat dengan dunia tanaman atau pertanian. Jakarta adalah salah satu kota yang telah menerapkan konsep Urban Healing Garden.

Pemerintah Kota Jakarta terus meningkatkan peran ruang hijau terbuka sebagai tempat penghilang penat, tempat edukasi dan juga agrowisata. Harapannya pengunjung tidak hanya datang untuk melihat pemandangan hijau sebagai penghilang penat, tetapi juga dapat belajar ilmu budidaya tanaman hingga praktiknya.

Tips Hadirkan Urban Healing Garden di Rumah

Tani muda tentu juga dapat melakukan proses healing di rumah tanpa harus pergi kesuatu tempat. Caranya adalah dengan menghadirkan konsep urban healing garden di rumah sendiri. Ditengah kesibukan tani muda bisa menghilangkan penat, stress dan beban pikiran dengan melihat kebun di rumah ataupun dengan aktivitas berkebun sendiri di rumah. Berikut beberapa tips yang bisa tani muda ikuti : 

  • Memilih tanaman

Pemilihan tanaman adalah langkah pertama yang harus tani muda lakukan. Pilihlah tanaman yang tani muda sukai, dan pelajari karakteristik tanaman tersebut. Sesuaikan tanaman yang dipilih dengan tempat penanaman dan media tanam yang akan digunakan. Dan tentukan metode apa yang hendak tani muda gunakan, apakah itu menanam langsung ditanah, hidroponik, vertical garden dan lain sebagainya.

Untuk konsep healing garden memang beberapa tempat menggunakan beberapa jenis bunga yang berwarna-warni untuk dapat mengubah suasana hati, tetapi tani muda juga dapat menanam dengan jenis sayur-sayuran ataupun tanaman pangan lainnya seperti selada, tomat, cabai yang juga memiliki warna menarik dan ketika menghasilkan panen dapat memberikan sensasi bahagia.

  • Memberikan ruang gerak

Di taman tani muda bisa memberikan ruang gerak untuk melakukan aktivitas lain seperti duduk- duduk di bangku melihat tanaman sambil ngopi pagi dan sore. Tani muda juga bisa menambahkan bebatuan untuk pijakan sehingga membantu melancarkan peredaran darah serta menghadirkan efek suara dari air mancur atau kolam ikan yang menghadirkan suara menenangkan.

  • Perbanyak keanekaragaman hayati

Tani muda bisa menanam berbagai jenis tanaman seperti sayuran, tanaman hias, bunga- bunga hingga buah. Keanekaragaman hayati ini tentu akan memperindah taman, dan dapat mengundang beberapa hewan seperti capung, kupu-kupu, kumbang untuk mampir ke kebun dan tentu saja dapat memperindah taman dan membantu proses healing menjadi lebih baik. Silakan mencoba! (Fitri)

Latest Article