Perlu Tahu Nih, Mitos atau Fakta Tanaman Ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Topik Pembahasan

Menanam dan berkebun adalah kegiatan yang menyenangkan. Selain menjadikan rumah asri, nyaman dan segar, menanam dan berkebun juga adalah kegiatan yang menyehatkan dan memberikan banyak manfaat. Tetapi terkadang pemilihan tanaman yang akan di tanam atau sudah ditanam memiliki pro dan kontra. Tak sedikit mitos yang beredar terkait beberapa tanaman yang akan ditanam di dekat rumah. Yuk simak tanaman apa saja yang memiliki mitos dan apa sih faktanya!

Sirsak 

Sirsak adalah salah satu tanaman yang memiliki beberapa mitos. Menurut mitos ketika menanam pohon sirsak di halaman pekarangan rumah terutama di depan rumah akan memberikan efek negatif terhadap rumah. Konon ketika menanam pohon sirsak di depan rumah akan membuat atau menyebabkan pertengkaran dalam keluarga. Mitos selanjutnya adalah ketika menanam pohon sirsak di depan rumah akan mengundang makhluk halus. Namun ini semua hanyalah mitos yang bisa dipercaya oleh sebagian orang dan juga tidak.

Fakta dari tanaman pohon sirsak, yaitu pohon sirsak memiliki khasiat dan merupakan tanaman yang memiliki gizi dan nutrisi yang baik bagi tubuh. Buah sirsak adalah buah yang padat gizi, kaya akan vitamin B, C, karbohidrat, serat, protein, kalsium, magnesium, zat besi, asam folat, zinc, dan sebagai antioksidan. Mengkonsumsi buah sirsak dapat memberikan manfaat seperti meningkatkan daya tahan tubuh, meredakan peradangan, melancarkan pencernaan, melawan infeksi, dan mencegah pertumbuhan sel kanker . selain buahnya, daun sirsak juga dikenali dapat mencegah sel kanker dan dapat menjadi obat untuk asam urat.

Pisang 

Pisang adalah salah satu tanaman yang kaya akan manfaat seluruh bagian dari tanaman pisang bisa dimanfaatkan, mulai dari buah, batang, daun dan jantung pisang. Selain itu pohon pisang juga memiliki daya ekonomis tinggi. Sayang sekali pohon yang kaya akan manfaat ini juga memiliki mitos. Mitos untuk menanam pohon pisang di depan rumah atau halaman rumah adalah katanya akan memberikan energi negatif bagi pemilik rumah, sehingga dapat merugikan pemilik rumah. Selanjutnya jantung pisang juga dikira dapat menjadi jembatan antara dunia gaib dan dunia nyata. Selanjutnya adalah menanam pohon di dekat rumah atau depan rumah juga dapat menjadi musibah untuk penghuni rumah.

Faktanya adalah ketika menanam pohon pisang dekat rumah memang dapat menjadi musibah tetapi bukan hal mistis seperti tempat makhluk gaib dan sebagainya, tetapi ketika menanam pohon pisang terlalu dekat dengan rumah adalah ketika ada angin kencang atau pohon pisang terlalu tinggi dapat sewaktu-waktu tumbang menimpa rumah sehingga membuat rumah rusak. Pisang sendiri memiliki banyak sekali manfaat, terutama buahnya yang dapat menjadi salah satu pengganti nasi sebagai sumber karbohidrat. Selain itu buah pisang juga dapat membantu mengatasi hipertensi, memperlancar metabolisme tubuh, meningkatkan kekebalan tubuh, mengatasi anemia, menurunkan berat badan, menyehatkan tulang, dan juga dapat merawat kulit.

Nangka

Pohon nangka juga salah satu tanaman yang memiliki mitos. Mitos dalam menanam pohon nangka hampir sama seperti sirsak dan pisang yang mana dikira sebagai tempat bersarangnya makhluk halus dan pembawa sial atau musibah kepada penghuni rumah. Faktanya adalah buah nangka adalah salah satu buah tropis yang mengandung banyak manfaat untuk kesehatan. Manfaat buah nangka adalah melancarkan pencernaan, menjaga berat badan ideal, mencegah penyakit kardiovaskular, memelihara kesehatan kulit, dan mengurangi resiko kanker. Hal ini karena di dalam buah nangka terdapat kandungan karbohidrat kompleks, serat, protein, vitamin A, B, dan C, mineral seperti magnesium, kalium, tembaga, dan mangan.

Jadi tani muda jangan takut lagi untuk menanam ketiga tanaman tersebut. Karena tanaman tersebut memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan. Tips nya adalah tani muda jangan menanam terlalu dekat dari rumah, karena nanti akar, ataupun batang dari tanaman dapat merusak rumah. Untuk bisa mendapatkan hasil panen yang baik, tani muda juga dapat memberikan pupuk pada tanaman- tanaman tersebut.

Tani muda bisa menggunakan pupuk produk dari PT. Kalimantan Timur (PKT), yang mana PKT menyediakan pupuk dengan kualitas tinggi dan baik. PKT juga memiliki beragam jenis pupuk seperti Urea, NPK, Ammonia, pupuk hayati seperti Ecofert, Biotara, Biodex, Biolk, dan Bio Salin, 

Latest Article