gaya hidup hemat energi dan air

Produk Eco Friendly Material Makin Bisa Diandalkan

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Topik Pembahasan

DUNIA yang kita tinggali perlu dijaga supaya kondisinya bisa terus berada di dalam keadaan yang baik. Menjaga lingkungan sekitar bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti tidak menggunakan kantong belanja plastik yang sulit untuk hancur dan diolah, lalu mengurangi untuk menggunakan kendaraan pribadi dan beralih untuk menggunakan kendaraan umum.

Hal tersebut seringkali disebut sebagai sebuah konsep ecofriendly. Secara lengkap, sebuah konsep ecofriendly ini merupakan sebuah kegiatan, panduan dan kebijakan yang bergerak untuk menjaga kondisi lingkungan dengan menerapkan berbagai cara yang berbeda-beda. Setiap negara yang ada di dunia memiliki konsep ramah lingkungan yang berbeda sehingga tidak bisa disamakan antara satu negara dan negara lainnya. Kebijakan yang dikeluarkan dari pemerintah setiap negara berbeda dan tidak ada yang sama.

Kebijakan dan konsep tersebut terus mengalami perkembangan. Hingga saat ini, sudah ada banyak sekali aktivitas ramah lingkungan yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah sebagai bentuk kontribusi untuk menjaga kondisi lingkungan sekitar. Menurut berbagai sumber menjelaskan arti dari ecofriendly adalah ramah lingkungan atau tidak berbahaya bagi lingkungan. Istilah yang sering merujuk pada produk yang berkontribusi terhadap gaya hidup “green living” atau gaya hidup hemat energi dan air

Produk ramah lingkungan juga dapat mencegah kontribusi untuk polusi udara, air dan tanah. Apa saja contoh produk ramah lingkungan yang bisa kita temui di sekitar kita? Contoh packaging makanan. Ada juga cairan pembersih multifungsi, tas belanja terbuat dari kaos, lilin beraroma homemade, sedotan bambu sederhana, dan menanam tanaman hidroponik tanpa pestisida.

Awalnya pola hidup sehat dan ecofriendly masih banyak yang menganggap remeh. Namun saat ini sudah semakin banyak yang merasa bahwa gaya hidup ramah lingkungan sangatlah penting untuk dilakukan dan mempunyai banyak manfaat. Penerapan hidup ecofriendly membuat Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lebih besar untuk listrik dan air setiap bulannya. Suasana rumah juga akan menjadi lebih teduh dan nyaman karena penerapan gaya hidup ramah lingkungan akan terasa sekali perbedaannya dibandingkan gaya hidup pada umumnya.

Penerapan gaya hidup ramah lingkungan juga akan mengurangi sampah yang dihasilkan oleh rumah tangga Anda. Jumlah sampah yang berkurang tentu akan membuat lingkungan menjadi tidak tercemar oleh sampah. Produk ecofriendly Anda juga bisa memberikan penghasilan tambahan sehingga bisa menjadi sebuah usaha rumahan yang bisa dilakukan dengan mudah.

Pupuk Kaltim Aktif Hadirkan Inisiatif dan Inovasi Green Company

Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) yang berlokasi di Bontang, Kalimantan Timur, merupakan salah satu anak usaha PT Pupuk Indonesia (Persero) yang memproduksi pupuk urea, pupuk amonia, dan pupuk NPK. Pupuk Kaltim memiliki sejumlah pabrik, di antaranya lima pabrik pupuk urea dengan jumlah produksi 3,4 juta ton per tahun, lima pabrik ammonia dengan jumlah produksi 2,7 juta ton per tahun, dan pabrik NPK dengan jumlah produksi 350 ribu ton per tahun.

Sepanjang pertumbuhannya, perusahaan ini sudah menerapkan berbagai strategi dan inovasi green company dengan cara konsisten menerapkan PKT Management System. Ini merupakan sistem manajemen terintegrasi yang terdiri dari 11 sistem manajemen, termasuk Sistem Manajemen Lingkungan (ISO 14001:2015) dan Sistem Manajemen Energi (ISO 50001:2011). Perusahaan ini juga secara konsisten menerapkan green purchasing, green office (kantor dan pabrik), serta green port, sebagai pelabuhan pertama yang mendapat penghargaan green port dari Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi RI pada 2018. 

Perseroan juga telah melakukan langkah konkret sejak tahun 2019 terkait lingkungan hidup. Pertama, menghemat energi sampai 6 juta GJ dari 18 program. Kedua, mengurangi Emisi Gas Rumah Kaca sebanyak 707 ribu lebih ton ekuivalen CO2 dari 23 program, dan mengurangi Emisi Gas Konvensional sebanyak 873 ton dari satu program. Ketiga, mengurangi Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (LB3) sebanyak 211,73 ton dari delapan program. Keempat, menghemat air sebanyak 5,2 juta m3 dari 14 program, dan mengurangi beban pencemaran air sebanyak 896 ton lebih dari delapan program. Kelima, mengurangi sampah sebanyak 2.600 lebih ton dari 10 program. Keenam, membuat keanekaragaman hayati dengan konservasi tanaman endomix anggrek hitam, pembibitan tanaman langka, konservasi rusa sumbar, penanaman bakau di Kedindingan, Bontang (Kalimantan Timur), dan rehabilitasi terumbu buatan.

Inisiatif unggulan untuk lingkungan yang dilakukan Pupuk Kaltim adalah membuat Pompa Sluri bertenaga udara bertekanan dan Preciplam (Precision Agriculture Platform for OilPalm). Selanjutnya, memodifikasi Wire Mesh Suction Blower, dari sebelumnya hanya ada satu segmen dimodifikasi dengan inovasi menjadi multisegmen sehingga air lebih tersaring dengan lebih baik, lebih bersih airnya, dan bisa dipakai lagi.

Lalu, menerapkan Sistem Informasi Manajemen Risiko (SIMERI) sebagai inovasi agar perusahaan paperless dengan dukungan teknologi dan aplikasi sehingga bisa menghemat 1.586 lembar kertas per tahun. Inovasi ini sudah ada hak ciptanya. Untuk produk, Pupuk Kaltim mengembangkan berbagai pupuk ramah lingkungan (eco-friendly product). Untuk pupuk hayati (Biotara dan Ecofert) dikembangkan bahan aktif mikroba unggul dengan bahan pembawa organik (kompos dan humat) serta mineral (zeolit). Dengan dosis 20-25 kg/ha dapat mengurangi penggunaan pupuk anorganik, seperti urea, sebanyak 25% dosis standar.

Adapun untuk biokomposer (Biodex) dikembangkan bahan aktif mikroba unggul dengan bahan pembawa organik (kompos dan humat) serta mineral (zeolit). Semua produk sudah mendapat sertifikat paten untuk inovasinya. “Perusahaan berhasil untuk terus meningkatkan realisasi anggaran riset produk ramah lingkungan, dari anggaran Rp 1,4 miliar di 2017 naik 11,7% menjadi Rp 1,8 miliar di 2018. Lalu, naik lagi 65,7% dari 2018 ke 2019 (Rp 6,3 miliar),” ungkap Direktur Operasi dan Produksi PKT, Hanggara Patrianta.

Pupuk Kaltim juga sudah menerapkan eco-friendly services. Pertama, Precipalm (Precision Agriculture Platform for OilPalm), yaitu platform untuk memperkirakan kebutuhan pupuk secara presisi berbasis citra satelit sehingga didapatkan rekomendasi pemupukan tepat dosis untuk customer pupuk NPK. Ini merupakan hasil kolaborasi dengan Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta) IPB University. Kedua, Fleksibilitas Produksi NPK, pabrik fleksibel dalam memproduksi berbagai formula NPK (blending) sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan lahan atau customer.

Penulis: Tyo

Latest Article