Rekomendasi Tanaman Hias yang Bisa Subur Tanpa Tanah

Rekomendasi Tanaman Hias yang Bisa Subur Tanpa Tanah

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Topik Pembahasan

Pandemi Covid-19 di Indonesia belum juga menunjukkan penurunan yang signifikan. Angka penularan yang terus meningkat membuat pemerintah menerapkan PPKM (Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Darurat. Masyarakat kembali diminta menjalankan semua aktivitas dari rumah, termasuk kegiatan belajar dan bekerja.

Menghabiskan waktu di rumah dalam jangka waktu yang lama tentu membuat Anda bosan dan rentan stres. Untuk mengatasinya, Anda dapat melakukan beberapa aktivitas yang dapat mengusir jenuh dan meningkatkan imun tubuh, salah satunya mendekorasi ruangan dalam rumah.

Menghias rumah bisa jadi aktivitas yang menyenangkan, loh. Dekorasi yang apik dapat memberikan nuansa berbeda dan membuat Anda lebih betah di rumah. Visual rumah yang indah dengan dekorasi menarik juga bisa membuat Anda lebih produktif.

Tanaman Hias dalam Ruangan Menambah Kesan Hangat

Bicara dekorasi ruangan tentu tidak lepas dari tanaman hias sebagai salah satu unsur yang mampu memberikan kesan manis. Kehadiran tanaman di dalam ruangan dapat menambah kesan hangat dan tenang. Dengan begitu Anda bisa lebih fokus menyelesaikan beragam tugas dan pekerjaan dari rumah.

Beberapa dari Anda mungkin berpikir memelihara tanaman di dalam rumah akan cukup merepotkan karena harus menggunakan tanah, pupuk, dan lain-lain. Eits, nanti dulu!

Untuk menghias rumah dengan beragam tanaman, kini tidak perlu repot-repot menggunakan tanah yang bisa membuat rumah jadi kotor. Pasalnya, ada beberapa jenis tanaman hias yang bisa tetap hidup tanpa tanah sebagai media tanam.

Melalui artikel ini, Demfarm.id akan menyajikan rekomendasi beberapa tanaman hias yang bisa ditanam tanpa tanah dan cocok ditempatkan di dalam ruangan serta tips perawatannya yang praktis. 

10 Jenis Tanaman Hias yang Bisa Subur Tanpa Tanah, Cocok untuk Dalam Ruangan

Tanaman hias yang bisa tumbuh subur tanpa tanah memang jadi pilihan tepat untuk diletakkan di dalam ruangan. Keindahannya dapat menjadikan ruangan nampak lebih estetik, serta mampu memperbaiki suasana hati saat memandangnya.

Berikut 10 rekomendasi tanaman hias estetik yang dapat Anda pelihara di dalam ruangan tanpa menggunakan media tanah.

1. Bambu Hoki

Dinamakan bambu hoki karena banyak yang meyakini tanaman ini dapat membawa keberuntungan. Bambu hoki termasuk jenis tanaman hias yang mudah dirawat.

Bambu hoki biasanya ditanam menggunakan media tanam berupa campuran sedikit tanah, pasir, dan gambut. Tapi ternyata, tanaman ini juga bisa tumbuh dengan baik dengan media tanam air yang dicampur dengan kerikil. Kerikil tersebut berfungsi menyangga tanaman agar tetap tegak.

2. Marimo

Marimo ini berasal dari bahasa Jepang yang memiliki arti bola lumut atau moss ball. Meski dinamakan bola lumut, tapi tanaman ini sebenarnya bukan lumut. Ia adalah sejenis alga yang biasa ditemukan di danau yang ada di belahan bumi bagian utara.

Marimo berasal dari Danau Akan di Hokkaido, Jepang. Marimo juga dapat dijumpai di beberapa wilayah bagian Eropa dan Islandia. Di Jepang, marimo ditetapkan sebagai harta nasional dan diyakini bisa membawa keberuntungan.

Marimo banyak dijadikan peliharaan di rumah karena bentuknya yang lucu. Bola lumut ini bisa tumbuh di dalam akuarium atau toples berisi air. Perawatannya pun mudah, cukup mengganti air akuarium secara berkala, seminggu atau dua minggu sekali.

3. Lidah Buaya

Kalau tanaman satu ini pasti sudah cukup familiar. Selain sebagai tanaman hias, tanaman berduri dan berdaging tebal ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, serta kerap dijadikan bahan baku kosmetik.

Lidah buaya ternyata juga bisa tumbuh subur tanpa tanah, loh. Cukup letakkan akar lidah buaya di dalam vas kaca berisi air secukupnya. Lalu letakkan di atas meja tamu atau meja makan untuk menjadikan ruangan terlihat lebih manis.

4. Paperwhite atau Bunga Bakung

Paperwhite atau Narcissus tazetta berasal dari wilayah Maroko, Portugal, dan Yunani. Paperwhite juga biasa disebut bunga bakung. 

Tanaman ini dapat tumbuh hanya dengan media tanam berupa kerikil sebagai pengganti tanah. Anda dapat menanam paperwhite untuk mempercantik ruangan.

5. Anggrek

Tanaman anggrek tumbuh dalam berbagai warna, seperti putih, lavender, merah, biru, hingga merah muda. Umumnya, anggrek bisa tumbuh dengan baik tanpa tanah.

Anggrek dapat hidup di atas media tanam berupa campuran pecahan batu bata, genteng, serutan atau potongan kayu, arang kayu, hingga sabut kelapa. Media tanam ini memungkinkan anggrek untuk menancapkan akarnya.

6. Paku Gunung

Di alam bebas, Anda bisa menemukan paku gunung di tepi sungai, tebing, dan pohon palem. Tanaman ini juga cocok dijadikan tanaman hias. Cukup gunakan air sebagai media tanam agar tanaman tidak kering dan terhidrasi dengan baik.

7. Kaktus

Tanaman yang identik dengan padang pasir ini kini jadi tanaman hias yang populer. Setiap jenis kaktus memiliki bentuk beragam yang unik sehingga cocok dijadikan hiasan di dalam ruangan.

Tanaman kaktus juga tidak memerlukan tanah sebagai media tanam. Tanaman ini lebih cocok ditanam menggunakan pasir.

Anda juga tidak perlu repot-repot menyiram tanaman ini setiap hari karena kaktus dapat menyimpan air dalam waktu yang lama.

8. Sri Rejeki

Tanaman hias ini bisa ditanam menggunakan media tanah dan juga air. Untuk dijadikan dekorasi dalam ruangan, sri rejeki cukup ditanam di dalam vas bening berisi air.

9. Tanaman Udara atau Tillandsia

Seperti namanya, tanaman ini tidak tumbuh di tanah, melainkan di udara. Anda tidak membutuhkan media tanam apapun agar tanaman ini bisa tumbuh baik. Bahkan tanaman ini bisa hidup hanya dengan digantungkan begitu saja.

Tanaman ini cocok diletakkan di dalam ruangan, namun tetap mendapat paparan sinar matahari yang redup. Ketika penampilannya sudah terlihat keriting atau berwarna kecoklatan, Anda harus menyiram atau merendamnya agar kembali segar seperti semula.

10. Sirih Gading

Sirih gading juga termasuk salah satu tanaman hias dalam ruangan yang cukup populer. Tanaman ini mudah dirawat dan tidak memerlukan perhatian banyak. Tanaman ini memiliki daun yang unik, baik bentuk dan warnanya. Sirih gading dapat bisa ditanam di air menggunakan botol, vas, atau wadah kaca. 

Selain itu, menanam sirih gading di air tidak akan membuatnya tumbuh dengan cepat, sehingga cocok dijadikan hiasan di dalam ruangan.

Perawatan Tanaman Hias Tanpa Tanah

Perawatan tanaman hias yang ditanam tanpa menggunakan tanah umumnya jauh lebih praktis dibandingkan tanaman yang ditanam di tanah. Berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam merawat tanaman hias tanpa media tanah:

– Untuk tanaman yang menggunakan media air, Anda hanya perlu mengganti airnya sesekali. Sementara untuk media tanam lainnya cukup basahi media tanam dengan cara disemprot agar tetap lembab.

– Basahi juga seluruh tanaman dengan cara disemprot setiap pagi agar selalu terlihat segar.

– Letakkan tanaman pada sudut rumah dengan cahaya tidak langsung.

– Usahakan untuk mencari tempat yang sedikit hangat yang suhunya dan tidak terlalu sering berubah.

– Terakhir, hindari meletakkan tanaman dekat pendingin atau pemanas ruangan.

Bagaimana mudah bukan perawatannya? Perawatan yang super praktis ini membuat metode menanam ini sangat cocok bagi orang-orang yang sibuk atau tidak begitu telaten dalam merawat tanaman. Selamat mencoba, ya! (*)