Hari Ibu

Rekomendasi Tanaman Hias yang Cocok Jadi Kado di Hari Ibu

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Topik Pembahasan

Hari Ibu diperingati oleh banyak negara di dunia. Hari Ibu tidak hanya menjadi momen untuk menghargai perjuangan para ibu dalam membesarkan dan mendidik anak-anaknya, lebih dari itu, Hari Ibu merupakan bentuk apresiasi kepada seluruh wanita atas kontribusinya terhadap peradaban.

Penetapan tanggal Hari Ibu berbeda di setiap negara, di Indonesia Hari Ibu diperingati setiap tanggal 22 Desember. Bagi masyarakat Indonesia, Hari Ibu adalah wujud perjuangan emansipasi wanita di negeri ini yang turut berkontribusi dalam merebut kemerdekaan.

Dikutip dari Kompaspedia, Sejarah Hari Ibu diawali dari terselenggaranya Kongres Perempuan Indonesia I pada 22-25 Desember 1928, berselang dua bulan dari Sumpah Pemuda. Kongres ini bertujuan untuk mempersatukan seluruh organisasi perempuan saat itu dalam suatu badan federasi tanpa memandang latar belakang agama, politik, dan kedudukan sosial dalam masyarakat.

Kongres perempuan ini menjadi puncak dari kesadaran berorganisasi kaum perempuan di Indonesia dalam memperjuangkan hak-haknya yang tertindas oleh kolonialisme Belanda. Isu utama yang dibahas dalam kongres adalah tentang pendidikan, perkawinan, serta perlindungan perempuan dan anak-anak.

Politik kebangsaan semakin berani disuarakan setelah kongres perempuan Indonesia menjadi organisasi. Pemenuhan hak politik perempuan untuk memilih dan dipilih dalam parlemen Hindia Belanda menjadi langkah selanjutnya perjuangan mereka. Ditetapkannya Hari Ibu pada 22 Desember dalam Kongres Perempuan Indonesia ke-III menjadi momentum peringatan perjuangan kaum perempuan Indonesia pada masa penjajahan Belanda.

Tanaman Hias untuk Kado di Hari Ibu

Hari Ibu menjadi momen yang tepat untuk menyampaikan ucapan terimakasih dan mengekspresikan rasa cinta kepada seorang ibu ataupun sosok perempuan yang Anda sayangi. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk membuat para ibu bahagia di hari ini, salah satunya dengan memberikan kado yang istimewa.

Tanaman hias dapat menjadi kado yang istimewa pada Hari Ibu, sebab setiap jenis tanaman hias memiliki nilai keindahan tersendiri yang dapat membuat si penerima merasa bahagia. Berikut ini kami rekomendasikan jenis tanaman hias yang cocok dijadikan kado di Hari Ibu.

1. Peace Lily

Peace lily atau dikenal sebagai lili perdamaian menjadi salah satu bunga penghias, baik di dalam maupun luar ruangan. Bunga bernama ilmiah Spathiphyllum wallisii ini memiliki warna putih yang menawan. Selain warnanya yang indah, bunga ini bermanfaat untuk membersihkan dan mengurangi spora jamur di udara.

Sesuai namanya, peace lily adalah tanaman hias yang kerap dijadikan simbol kedamaian dan ketulusan. Peace lily ini cocok dijadikan kado spesial di Hari Ibu. Anda dapat memberikannya dalam bentuk buket bunga ataupun tanaman hidup lengkap dengan pot-nya.

Peace lily tidak memerlukan perawatan yang rumit, sehingga tidak menyulitkan orang yang menerima hadiah tanaman ini. Cukup menyiramnya secara konsisten setiap hari sekali untuk memastikan tanah selalu lembab. Namun, tanaman ini sensitif terhadap bahan kimia, pastikan air yang digunakan bersih tanpa bahan kimia seperti kaporit.

Peace lily juga tidak membutuhkan terlalu banyak pupuk. Anda cukup melakukan pemupukan sebulan sekali. Terlalu banyak pupuk tidak baik bagi perkembangan peace lily. Terlalu banyak pupuk menyebabkan bunga berwarna hijau. Pupuk NPK Pelangi 16-16-16 yang dilarutkan cocok digunakan untuk jenis tanaman hias, termasuk peace lily.

2. Kaktus

Tanaman kaktus juga cocok dijadikan hadiah pada momen Hari Ibu. Tanaman ini melambangkan kesetiaan, daya tahan, kekuatan, atau keabadian karena karakteristiknya yang mampu bertahan dalam keterbatasan air sekalipun. Meski tidak disirami, tidak diperhatikan, kaktus tetap mampu memberikan keindahannya.

Perawatan tanaman kaktus sangat mudah. Tanaman ini memiliki persediaan air pada batangnya, serta memiliki jumlah akar yang sedikit. Hal tersebut menyebabkan kaktus tidak dapat menyerap kelembapan terlalu tinggi. Karena itu, jangan terlalu banyak memberikan asupan air pada kaktus, karena dapat menyebabkan kaktus menjadi cepat busuk dan mati. Cukup lakukan penyiraman satu kali dalam dua minggu.

Jenis pupuk yang bisa direkomendasikan untuk tanaman kaktus, di antaranya pupuk kompos, pupuk kandang, atau jenis pupuk NPK. Namun pemberian pupuk pada kaktus hias harus berbentuk hati-hati, karena jika sembarangan akan merusak bentuk fisik dari kaktus hias tersebut.

3. Anggrek

Anggrek atau Orchidaceae adalah salah satu jenis bunga yang indah dengan kelopaknya yang besar, mekar tahan lama, dan berwarna segar. Bunga anggrek memiliki warna yang beragam, mulai dari warna putih, pink, magenta, ungu, kuning, hingga hitam. Tanaman ini kerap dijadikan hiasan interior rumah.

Anggrek melambangkan kesuburan, keanggunan, hormat, hingga kasih sayang. Karena itulah bunga ini direkomendasikan sebagai hadiah, termasuk saat momen Hari Ibu. Jenis anggrek yang bisa Anda jadikan kado, di antaranya dendrobium, cymbidium, dan myltonia.

Perawatan anggrek pun cukup mudah, jangan menaruh anggrek di tempat yang terpapar sinar matahari langsung. Hak itu akan membuat akarnya cepat kering. Cukup siram tanaman anggrek seminggu sekali untuk memastikan zat berlumut yang mengelilingi akar anggrek tidak benar-benar kering.

Untuk pemupukan, gunakan pupuk NPK Pelangi 16-16-16 produksi PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT). Pupuk ini mengandung banyak zat yang dibutuhkan tanaman, termasuk anggrek. Siramkan air larutan pupuk NPK ke media tanam dan akar bunga anggrek. Usahakan penyiraman air larutan NPK 16-16-16 jangan sampai mengenai daun anggrek.

4. Lidah Mertua

Lidah mertua atau snake plant adalah salah satu jenis tanaman hias yang menjadi favorit banyak orang. Selain bentuk dan warnanya yang minimalis, tanaman ini dapat menyerap polutan di udara. Lidah mertua cocok dijadikan hadiah di Hari Ibu. Selain perawatannya yang tidak rumit, tanaman ini bisa hidup di berbagai kondisi lingkungan dan tidak memerlukan banyak penyiraman.

5. Alocasia Dragon Scale

Alocasia dragon scale merupakan tanaman hias dengan daun berbentuk lebar berwarna hijau muda dengan urat daun tebal berwarna hijau gelap. Sekilas penampilannya mirip tempurung kura-kura. Banyak orang yang menyukai alocasia jenis ini karena bentuk daunnya yang indah, karena itu tanaman hias ini cocok dijadikan hadiah istimewa di Hari Ibu.

Alocasia dragon scale termasuk tanaman yang mudah dirawat dibandingkan alocasia jenis lain. Alocasia jenis ini tidak membutuhkan banyak air, suka menyerap air dengan cepat karena air langsung mengalir dari tanah. Penyiraman berlebihan akan menyebabkan akar alocasia membusuk dan berjamur.

NPK Pelangi 16-16-16 yang dilarutkan juga direkomendasikan untuk tanaman lidah mertua dan alocasia dragon scale. Pemupukan penting untuk memastikan tanaman hias yang Anda miliki mendapatkan nutrisi tambahan yang cukup.

Itulah lima tanaman hias yang kami rekomendasikan untuk dijadikan hadiah di Hari Ibu, serta sekilas tentang perawatan dan rekomendasi pupuknya. Jika Anda ingin memberikan tanaman hias di atas sebagai kado, Anda dapat membelinya di gerai tanaman hias atau aplikasi jual beli online. Harganya untuk tiap jenis tanaman cukup beragam, mulai dari puluhan hingga ratusan ribu. Untuk Anda para ibu dan wanita di Indonesia, selamat Hari Ibu ya!

Penulis: Eva

Latest Article