Rekomendasi Tanaman Liar Cantik

Rekomendasi Tanaman Liar yang Bisa Bikin Rumah Jadi Estetik

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Topik Pembahasan

Tanaman liar biasa tumbuh di sembarang tempat, seperti di sekitar halaman rumah atau di pinggir jalan. Karena kehadirannya yang tidak diinginkan, tanaman liar kerap dianggap sebagai pengganggu. Sehingga saat melihat tanaman liar tumbuh subur, orang-orang langsung memangkasnya.

Padahal sebenarnya, tidak semua tanaman liar itu mengganggu loh. Ada beberapa jenis tanaman liar yang memiliki bentuk yang indah sehingga dapat menjadikan halaman rumah lebih estetik jika dirawat dengan benar. Jika Anda melihatnya tumbuh di sekitar halaman rumah, jangan langsung disingkirkan ya.

Benih atau bibit beberapa jenis tanaman liar juga dapat dibeli di toko pertanian. Jenis tanaman liar tersebut dapat menjadi solusi bagi Anda yang menginginkan tanaman hias yang mudah dirawat. Sebab tanaman liar biasanya dapat tumbuh subur tanpa perawatan ekstra.

Selain untuk dijadikan tanaman hias, beberapa jenis tanaman liar yang dikeringkan juga bisa dimanfaatkan sebagai dekorasi ruangan.

Jenis Tanaman Liar

Berikut ini kami rangkum sepuluh jenis tanaman liar yang memiliki bentuk yang cantik dan menarik yang dapat menjadi alternatif penghias halaman, teras rumah, atau pun di dalam ruangan.

1. Kembang Sepatu

Kembang sepatu termasuk salah satu jenis tanaman semak yang sering dijumpai di pinggir jalan. Kembang sepatu memiliki bunga berbentuk terompet dengan diameter bunga 6 – 20 cm. Tanaman ini umumnya tumbuh dengan ukuran 2 – 5 meter.

Kembang sepatu memiliki beberapa warna seperti merah, putih, ungu, dan oranye. Namun yang sering ditemui adalah yang berwarna merah. Ukuran bunganya yang besar dan warnanya yang menarik menjadikan tanaman ini cocok ditanam sebagai penghias. Biasanya kembang sepatu dijadikan tanaman pagar di halaman rumah.

2. Lantana

Lantana adalah tumbuhan asli Indonesia yang dikenal dengan beberapa nama, di antaranya saliara, tembelekan, cente manis atau sasahangan. Tanaman ini biasanya tumbuh liar, namun banyak juga yang menanamnya sebagai tanaman hias. 

Lantana memiliki bunga dengan beragam warna, mulai dari putih, ungu, kuning, oranye, dan banyak warna lainnya. Keindahan bunga lantana dapat menjadikan halaman atau pun teras rumah terlihat lebih indah dan estetik.

Bibit tanaman lantana bisa Anda dapatkan melalui aplikasi jual beli online atau toko tanaman. Harganya cukup murah. Mulai dari harga ribuan rupiah saja, Anda sudah bisa membeli satu pot bibit lantana dengan bunga berwarna-warni.

3. Begonia

Begonia adalah salah satu genus tanaman bunga dari famili Begoniaceae yang memiliki varietas yang cukup beragam, yakni lebih dari 1.800 spesies. 

Nama Begonia sendiri diambil oleh para pakar botani dari nama Michel Begon, seorang kolektor tanaman. Begon adalah Gubernur Saint-Domingue, koloni Perancis yang berada di kawasan Amerika Tengah. 

Tanaman ini memiliki warna dan pola daun yang sangat cantik sehingga cocok untuk dijadikan tanaman hias dalam ruangan. Salah satu jenis yang memiliki warna dan pola tercantik adalah rex begonia.

Umumnya tanaman ini tumbuh subur di area lembap, tetapi Anda juga bisa merawatnya di dalam rumah.

4. Coleus

Coleus atau miana merupakan tanaman semak yang dapat tumbuh dengan tinggi mencapai 1,5 meter. Di Indonesia, tanaman ini dikenal dengan nama yang beragam, yaitu sigresing (Batak), adong-adong (Palembang), jawek kotok (Sunda), iler (Jawa Tengah), ati-ati (Bugis) , bulunangko (Toraja) dan serewung (Minahasa).

Beberapa jenis coleus ada yang toleran terhadap matahari, seperti wizard series, versa series, dan marquee series. Ada pula yang bagus untuk hidup di tempat teduh, seperti colorblaze series, fairway series, superfine rainbow series, main street series, dan kong series. Jenis-jenis tanaman coleus memiliki corak, warna, dan serat-serat yang beragam dan indah. 

Selain dijadikan tanaman hias, coleus juga dikenal sebagai obat tradisional untuk mengobati wasir, obat bisul, obat demam, nifas hingga bisa menjadi obat radang hingga obat haid tidak teratur.

5. Foxtail Barley 

Foxtail barley merupakan salah satu jenis rumput liar yang memiliki tampilan unik dan cantik. Rumput yang satu ini mudah dikenali dengan rumpun daun melengkung dan bunga berbulu.

Warna aslinya hijau dan merah dengan warna merah muda atau ungu yang akan memudar menjadi cokelat saat dewasa. Tampilannya yang unik membuat rumput liar ini banyak dimanfaatkan untuk dekorasi 

Foxtail barley tidak ditanam sebagai tanaman hias di dalam rumah, melainkan dikeringkan terlebih dahulu untuk dijadikan dekorasi unik di dalam rumah.

6. Geranium

Geranium merupakan salah satu jenis tanaman liar yang memiliki bunga dengan warna-warna cerah, seperti merah muda, ungu dan putih. Karena keindahan warnanya, tanaman ini cocok dijadikan hiasan dalam rumah agar rumah terlihat lebih estetik.

Selain warnanya yang menarik, geranium memiliki aroma yang khas. Aroma tanaman ini berkhasiat untuk mengusir nyamuk.

Tanaman geranium dapat ditempatkan di dekat jendela yang menghadap cahaya.

Agar bisa tumbuh dengan subur, pastikan Anda menyiram saat tanahnya benar-benar kering terlebih dahulu untuk menghindari kelebihan air.

7. Keladi

Keladi merupakan salah satu jenis tanaman yang tumbuh liar, tetapi dapat juga dijadikan sebagai tanaman hias.

Anda bisa menempatkannya di dalam pot kecil dan menyimpannya di area yang tidak langsung terkena cahaya matahari daun keladi tidak mengering dan berubah warna.

Keladi memang menyukai cuaca dingin, tetapi akan tumbuh subur jika ditempatkan di area yang sejuk. Oleh sebab itu, jaga kelembapan tanaman ini dengan rutin menyiramnya agar media tanam tetap basah.

8. Pampas

Pampas merupakan salah satu rumput liar yang kerap dimanfaatkan menjadi dekorasi ruangan atau backdrop. Bagi kamu penyuka gaya vintage, rumput kering pampas dapat menjadi pilihan untuk hiasan atau dekorasi di rumah atau acara-acara tertentu. Rumput kering ini akan memberikan tampilan yang estetik sebagai dekorasi.

9. Abutilon

Tanaman abutilon atau kembang sore (abutilon indicum) termasuk famili Malvaceae yang tumbuh pada daerah beriklim tropis dengan suhu hangat.  Abutilon memiliki bunga dengan mahkota berwarna kuning atau jingga pucat.

Tanaman liar ini memiliki bentuk bunga yang menawan sehingga cocok dijadikan tanaman hias dalam ruangan. Abutilon menyukai cahaya terang, Anda dapat menempatkannya di pot berukuran sedang di dekat jendela yang menghadap sinar matahari langsung.

10. Violet Anjing

Violet anjing atau dog violet ini memiliki nama latin Viola riviniana. Tanaman liar ini memiliki bunga berwarna ungu lilac yang menawan dan cocok untuk memperindah taman minimalis Anda. Tanaman ini memiliki kekuatan hidup yang tinggi sebab biasa tumbuh di hutan bersemak.

Itu dia sepuluh tanaman liar dengan keindahannya masing-masing yang dapat menjadikan rumah Anda lebih estetik.

Penulis: Eva