Sudah Tahu Belum, Ada Tanaman Pembawa Hoki dan Keberuntungan? Tanam dan Rawat dengan Pupuk Ini Yuk

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Topik Pembahasan

Sebagian orang mulai senang mendekorasi rumah mereka dengan beragam tanaman. Selain mempercantik rumah, beberapa jenis tanaman dipercaya bisa menjadi pembawa kemakmuran, kekayaan, dan keberuntungan.

Ada beberapa tanaman yang dianggap sebagai pembawa keberuntungan. Tanaman-tanaman ini juga dianggap mampu menyerap semua energi negatif. 

Dilansir Leafy Place, berikut ini adalah deretan tanaman hias yang diyakini bisa mendatangkan hoki jika ditempatkan di rumah.

  1. Tanaman Giok (Crassula Ovata)

Crassula ovata kerap disebut money plant. Ada juga yang mengenalnya dengan sebutan jade plan atau tanaman giok. Tanaman hias yang satu ini diyakini bisa mendatangkan nasib baik dan kekayaan. Daunnya yang cenderung bulat pipih dengan permukaan berkilau dianggap mirip uang logam atau batu giok.

Tanaman yang termasuk jenis sukulen ini tidak membutuhkan perawatan yang rumit. Umur tanaman ini bisa mencapai 100 tahun. Tanaman ini bisa tumbuh hingga setinggi 2 meter.

  1. Pohon Uang (Pachira Aquatica)

Jika tanaman giok disebut sebagai money plant, ada pula money tree plant alias pohon uang. Tanaman dari spesies pachira aquatica ini juga dikenal sebagai pohon keberuntungan dan guiana chestnut. Sesuai namanya, tanaman ini dipercaya bisa menarik kekayaan.

Pohon uang yang merupakan tanaman dari jenis pachira dan keluarga malvaceae ini memiliki batang pohon langsing dengan daun lancip bercabang lima. Biasanya di lapak tanaman hias, pohon ini dijual dengan nama pachira

  1. Bambu Air (Dracaena Sanderiana)

Bambu air ini dikenal juga dengan nama bambu rezeki atau dracaena sanderiana. Ada juga yang menyebutnya dengan nama tanaman pita (ribbon plant). Bambu air berasal dari Kamerun. Meski demikian, tanaman ini justru populer sebagai tanaman hias di Jepang, China, dan negara-negara Asia Timur lainnya.

Bambu rezeki dianggap mampu menyeimbangkan kelima elemen di bawah tanah, sehingga menjadikan fengshui hunian lebih baik. Kelima elemen tersebut adalah unsur kayu, bumi, air, metal, dan api.

  1. Karet Merah (Ficus Elastica)

Ficus elastica dikenal dengan nama karet kebo atau karet merah. Di luar negeri, sebutan untuk tanaman ini adalah rubber plant. Daunnya lonjong dengan ujung membulat. Tanaman ini tergolong mudah diurus dan perawatannya tidak merepotkan.

Karet kebo memiliki daun yang lebar. Daun ini mampu menyerap lebih banyak partikel dari udara, kemudian diubah menjadi nutrisi untuk tanaman atau tanah. Kualitas udara di dalam kamar pun menjadi lebih baik. Selain itu, tanaman dari keluarga Moraceae ini juga dipercaya mendatangkan hoki dan energi positif di dalam rumah.

  1. Anggrek

Bunga anggrek memiliki bentuk dan warna yang eksotis. Menurut fengshui, tanaman ini melambangkan kebahagiaan, hubungan asmara yang baik, dan kesuburan. Dari sekian banyak varietas, anggrek ungu dianggap paling menguntungkan. Anggrek dapat mempercantik ruangan dengan bentuk dan warnanya yang cantik, disamping bisa mendatangkan keberuntungan di dalam keluarga.

  1. Peace Lily (Spathiphyllum)

Menurut fengshui, tanaman ini merupakan lambang keberuntungan. Meski bernama lili, tanaman ini bukan berasal dari keluarga Liliaceae, tetapi dari genus Araeceae, tanaman berdaun lebat yang memiliki bunga seperti lili. 

  1. Pohon Jeruk Hias

Menanam pohon jeruk di dalam rumah kerap dianggap sebagai cara yang baik untuk mendatangkan kekayaan dan keberuntungan. Pohon jeruk hias seperti lemon, jeruk nipis, hingga jeruk nagami bisa ditanam dalam pot di ruangan.

  1. Palem Parlor (Chamaedorea Elegans)

Selain menyejukkan mata dan mampu memurnikan udara serta meningkatkan harmoni di dalam rumah, tanaman palem parlor dipercaya bisa mendatangkan energi positif dan keberuntungan. 

  1. Pakis Gunung (Nephrolepis Exaltata)

Tanaman hias ini dikenal dengan nama paku gunung, sword fern, atau boston fern. Tak hanya memurnikan udara dalam ruangan, tanaman ini diyakini juga bisa mendatangkan keberuntungan.

  1. Lidah Mertua (Dracaena Trifasciata)

Tanaman selanjutnya yang kderap disebut bisa mendatangkan energi positif dan keberuntungan bagi penghuni rumah adalah lidah mertua. Menurut artikel Rolling Nature, lidah mertua memiliki energi pelindung yang kuat jika diletakkan di sudut rumah yang jarang dilewati orang.

Penggunaan Pupuk Untuk Tanaman Hias Keberuntungan

Merawat tanaman hias, termasuk tanaman hias yang dipercaya mendatangkan keberuntungan ini sebenarnya cukup mudah. Cukup dengan menyiramnya dan memberikan pupuk yang berkualitas, tanaman akan tumbuh dengan baik.

Pupuk merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Pasalnya pupuk merupakan bahan yang memiliki kandungan satu atau lebih unsur hara yang diberikan pada tanaman atau media tanam untuk mendukung proses pertumbuhannya agar bisa berkembang secara maksimal. 

Fungsi pupuk yang utama adalah untuk mendukung proses pertumbuhan tanaman dan menyediakan serta mengganti unsur hara pada tanah. 

Lalu, pupuk apa saja sih yang cocok untuk tanaman hias ini?

Pupuk pertama yang biasa digunakan untuk meningkatkan kualitas tanaman keberuntungan adalah pupuk NPK. Sebagai produsen pupuk berkualitas, Pupuk Kaltim juga memproduksi pupuk NPK ini. Salah satu yang paling laris adalah NPK Mutiara 16-16-16. Pupuk NPK mengandung unsur kalium, fosfat, dan nitrogen. Memberikan pupuk NPK untuk tanaman hias pun caranya sangat bervariasi, bisa dari akar, daun, dan batangnya.

Pupuk lainnya adalah urea. Seperti halnya NPK, Pupuk Kaltim juga merupakan produsen dari pupuk urea ini. Bahkan anak usaha PT Pupuk Indonesia (Persero) ini dikenal sebagai produsen pupuk urea terbesar di Indonesia.

Pupuk urea yang banyak mengandung unsur N, memiliki harga terjangkau. Penggunan pupuk ini tergantung ukuran tanaman. (*)