Tanaman Milik Angela Gilsha pakai pupuk apa

Tahu Tanaman Milik Angela Gilsha? Kira-Kira Pupuk Apa yang Bisa Bikin Tanaman Sebagus Itu ya?

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Topik Pembahasan

“Get well soon my dear Verru.. akar busuk, paniknya setengah mati (dengan emoticon sedih),” tulis Angela Gilsha dalam status instagramnya beberapa waktu lalu.

Kecintaan perempuan blasteran Italia, Bali, dan Toraja terhadap beragam tanaman diungkapkannya dalam  puluhan unggahan di status IG-nya.

Bukan hanya philodendron verrucosum yang merupakan spesies tanaman berbunga dari keluarga Araceae, asli dari Kosta Rika, Panama, Kolombia, Ekuador dan Peru. Tetapi beragam tanaman lainnya, seperti calathea, philodendron birkin, monsteramonday dan melanochrysum dirawatnya .

Lalu tak ketinggalan Angela juga mengunggah sebuah video saat panen pakcoy yang ditanam secara hidroponik, dan penampakan tanaman bayamnya yang dikomentari lebih dari 500 follower IG-nya yang mencapai 2,9 juta pengikut.

Ia mengungkapkan tidak mudah  menanam dan merawat tanaman hingga seperti saat ini. Banyak belajar dan menggunakan media dan pupuk yang tepat jadi solusi.

Kini setiap sudut kediaman kakak almarhum Marco Panari tampak asri dihiasi beragam tanaman dalam pot-pot cantik dan menawan.

Sejumlah tanaman dengan aneka warna dan bentuk menarik di ruangan dalam rumah juga ramai dikomentari netizen, apalagi aktivitas Angela mengurus tanamannya, seperti sembari minum secangkir teh menyiram beragam jenis tanaman menuai komentar menarik. 

Ingin Miliki Tanaman Seperti Angela?

Dalam satu kesempatan Angela mengungkapkan kalau tanaman juga harus disayang sehingga akan tumbuh dengan baik. Pelajari kebutuhan tanaman baik dari media, air, pupuk dan sinar matahari hal penting lainnya.

Karena perlakuan terhadap tanaman tak bisa disamaratakan, beda jenis, spesies dan asal beda juga cara merawatnya. 

Berikut trik merawat tanaman yang disarikan dari dekoruma.com;

1.Teknik Penyiraman Air yang Tepat

Menyiram tanaman harus dipastikan dilakukan secara merata dan tepat, jangan hanya menyiram akarnya saja atau bagian daun tanaman saja tetapi semua tersiram dengan cukup.

2. Memberikan Sinar Matahari Secara Merata

Sinar matahari sangat dibutuhkan untuk keberlangsungan hidup tanaman, termasuk diantaranya untuk proses fotosintesis, bahkan tanaman dalam ruangan  juga mesti terpapar sinar matahari meskipun hanya sesekali.

3. Kontrol Suhu dan Kelembapan yang Pas

Memastikan suhu udara terkontrol dan kelembaban yang sesuai dengan kebutuhan tanaman akan sangat membantu keberhasilan pertumbuhan tanaman kita.

4. Antisipasi Hama dan Penyakit Sejak Dini

Inilah yang kerap menjadi keluhan pencinta tanaman karena sulit menghindari beragam hama dan penyakit , ayo kita terapkan strategi berikut, menjaga kualitas tanah, ruti merotasi tanaman, mengoptimalkan lokasi dan kondisi tanaman, memangkas rumput liar dan memotong tanaman yang mati atau kering serta memberikan nutrisi berupa nitrogen, fosfor, potassium, magnesium, sulfur, dan kalsium.

Chemicalsafetyfacts menyebutkan sejumlah tanaman dalam pertumbuhannya bisa menghabiskan nutrisi tanah setelah beberapa musim tanam. Sedangkan pupuk memainkan peran penting dalam menyediakan nutrisi tanaman.

Karena itu, jika ingin memiliki tanaman yang terawat dan tumbuh sehat serta sangat indah dipandang tak salah kalau menambahkan sejumlah pupuk, baik pupuk organik maupun berbahan kimia tentu bisa jadi pilihan dilansir Popmama.com ada lima jenis pupuk yang bisa digunakan agar tumbuhan cepat berkembang atau berbuah. 

1. Pupuk hijau mampu menekan pertumbuhan gulma

Gulma merupakan tumbuhan yang hidup diantara tanaman yang menganggu pertumbuhan, karena itu harus  dipastikan tidak hidup di dalam pot yang berbagi media dengan tanaman kita.

2. Pupuk kandang membuat tanaman tetap sehat hijau

Pupuk jenis ini kaya akan nutrisi, seperti nitrogen yang dibutuhkan tanaman. Pupuk kandang berasal dari kotoran hewan yang berperan untuk memperbaiki sifat fisik, kimia dan biologi tanah

3. Pupuk kompos membantu menahan air nutrisi

Pupuk kompos terbuat dari sampah rumah tangga berperan memperkaya dan melepaskan nutrisi secara perlahan, sehingga tidak larut seperti yang dilakukan beberapa pupuk sintetis.

4. Pupuk KCL bisa mempercepat pertumbuhan tanaman

Pupuk KCL atau kalium fosfat bisa digunakan untuk mengatasi kekurangan dan melengkapi nutrisi penting tanaman berbuah. 

5. Pupuk NPK dapat dipilih untuk menyuburkan tanah

Jenis pupuk buah seperti NPK adalah pupuk buatan yang dapat dipilih untuk menyuburkan tanah. NPK Pelangi salah satu produk andalan PT.Pupuk Kaltim.

 Unsur hara yang dibutuhkan tanaman dalam jumlah terbesar adalah N, P dan K. Oleh karena itu, pupuk NPK sering dianggap sebagai penyusun protein dan asam nukleat yang merupakan komponen penting dari jaringan tumbuhan.

Bahkan pemberian pupuk NPK berperan guna memberikan kualitas produk tanaman yang dipanen dan membuat tanaman buah bisa cepat berkembang.

Sederet Tanaman dengan Harga Fantastis

Keladi hias atau caladium sampai kini masih menjadi tanaman yang paling banyak dicari dan dipelihara pencinta tanaman. Keindahan dan keunikan tanaman dari suku talas-talasan ini semakin popular saat banyak pesohor Indonesia yang memublikasikan tanaman mereka.

Semakin populer lagi saat tanaman yang berdaun warna warni  cantik dan corak unik ini dijual dengan harga fantastis sehingga makin menjadi idola pecinta tanaman, melansir merdeka.com berikut tanaman dengan harga sampai jutaan rupiah;

1. Caladium New Wave

New wave berpenampilan unik dengan daun oranye kemerahan dan urat-urat berwarna kuning cerah. Ada juga Caladium new wave dengan daun berwarna kuning dan urat-urat berwarna kemerahan. Jika daunnya masih sedikit, Caladium new wave bisa dihargai sampai Rp450.000. Sementara tanaman yang memiliki paling sedikit 5 lembar daun sehat bisa dihargai sampai Rp1.200.000.

2. Caladium Dwi Warna

Jenis Caladium yang satu ini termasuk variegata. Artinya tanaman memiliki kelainan berupa corak berpola acak yang sulit diturunkan kepada tanaman anakan. Karena jarang dan sulit dibudidayakan, variegata biasanya berharga selangit.

Umbinya saja bisa dihargai sampai Rp500.000. Tanaman remaja dengan beberapa helai daun dihargai mulai dari Rp2.700.000. Jika sudah dewasa dan berdaun rimbun, tanaman ini bisa berharga delapan jutaan. Bahkan ada yang menawarkannya dengan harga Rp18 juta.

3. Caladium iindenii (Xanthosoma iindenii)

Bibit yang daunnya cuma seukuran telunjuk orang dewasa saja bisa dihargai Rp170.000. Tanaman dewasa dengan dua sampai tiga helai daun bisa dihargai Rp240.000. Jika daunnya sudah lebih dari lima helai, harganya mencapai Rp1.000.000. Caladium indenii berdaun rimbun yang sudah bisa dijadikan tanaman induk bahkan bisa dihargai sampai Rp9.000.000.

4. Caladium Red Devil

Red devil memang termasuk jenis Caladium paling cantik. Tanaman ini memiliki daun lebar dengan warna merah terang dan permukaan mengkilap seperti plastik.

Umbinya saja bisa dibanderol seharga Rp100.000. Sementara tanaman anakan yang daunnya tak lebih besar dari ibu jari orang dewasa laku dijual mulai dari Rp200.000. Bagaimana dengan tanaman dewasa? Harganya cukup bervariasi, mulai dari Rp600.000 sampai Rp2.300.000.

5. Caladium Red Kujang

Red kujang merupakan varietas Caladium berdaun merah muda dengan garis-garis teratur berwarna merah tua. Umbi tanaman hias ini bisa didapat dengan harga mula dari Rp35.000.

Tanaman remaja atau bibit dihargai mulai dari Rp1.000.000 sampai Rp3.000.000. Sementara indukan berdaun lebat bisa dihargai sampai Rp7.500.000.

Sedangkan tanaman hias yang viral saat ini di antaranya, Sirih Badak , Syngonium Pink Perfection, Philodendron Emerald Black, Kuping Gajah dan Anthurium Tembakau dengan harga mulai dari Rp50 ribu sampai Rp1,5 juta per tanaman.