Tanaman skincare

Tampil Glowing di Iduladha, Tanaman Ini Bisa Dijadikan Skincare Bagus

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Topik Pembahasan

Iduladha menjadi salah satu momen yang dinantikan umat muslim. Tak hanya berkurban, Iduladha juga menjadi salah satu ajang kumpul keluarga baik virtual dengan keluarga jauh maupun dengan keluarga inti. 

Agar momen Iduladha tampak berseri dan prima, tidak ada salahnya Anda menunjukkan wajah sehat dan glowing saat Hari Raya nanti. Masih ada waktu untuk mempersiapkan wajah tampak glowing saat Iduladha. Bagaimana caranya?

  1. Tidur cukup sebelum hari H

Tips pertama adalah pastikan menuju Hari Lebaran, Anda memiliki tidur yang cukup untuk menghindari wajah terlihat lelah. Dengan tidur yang cukup minimal 8 jam, Anda bisa menghindari kantung mata yang mengganggu penampilan. 

Saat tidur, kulit akan membentuk kolagen baru yang mencegah kulit kendur. “Itu bagian dari proses perbaikan,” kata Patricia Wexler, MD, seorang dokter kulit di New York.

Lebih banyak kolagen berarti kulit lebih montok dan kecil kemungkinannya untuk keriput. Hanya tidur 5 jam semalam dapat menyebabkan garis halus dua kali lebih banyak daripada tidur.

  1. Gunakan beauty gadget untuk mendapatkan regenerasi dan melembabkan kulit

Jika sudah tak sempat melakukan perawatan di klinik kecantikan, Anda bisa memanjakan kulit wajah dengan keistimewaan beauty gadget yang bisa membantu kita memiliki manfaat baik bagi kecerahan dan kesehatan kulit. 

Namun ada baiknya, sebelum menggunakan produk beauty gadget, pastikan wajah Anda bersih bebas dari kotoran, bekas makeup, bahkan skincare seperti sunscreen. Produk beauty tools bisa dipakai meski wajah sedang breakout.

Pasar Industri skincare di Indonesia

Indonesia merupakan salah satu pangsa pasar besar dalam industri kecantikan, khususnya perawatan kulit (skincare). Berdasarkan data Euromonitor International bertajuk The Future of skincare, Indonesia dianggap akan menjadi penyumbang terbesar kedua untuk pertumbuhan perawatan kulit di dunia. 

Data dari Euromonitor International, total pasar skincare Indonesia mencapai lebih dari US$2 miliar pada 2019 atau sekitar 33% dari total pendapatan pasar kecantikan disumbang dari industri perawatan kulit. Hal tersebut menunjukkan bahwa pasar Indonesia saat ini sudah peduli terhadap perawatan kulitnya, karena dengan memiliki kulit yang bagus akan meningkatkan rasa percaya diri. 

Saat ini Industri Kosmetik di Indonesia berkembang pesat karena kaum perempuan sudah menyadari bahwa dengan merawat tubuh yang baik akan mendapatkan kesempatan bagus di dunia pekerjaan maupun yang lainnya. Kondisi tersebut memicu penetrasi pasar industri skincare di Indonesia mencapai 70 persen.

Tapi tahukah kamu, bahwa bahan-bahan yang dapat dijadikan skincare bisa ditemukan di sekitar kita. Tanaman-tanaman tersebut memiliki manfaat bagus untuk menjaga kesehatan kulit dan banyak dipakai dalam berbagai merek skincare ternama.

Tanaman yang Dijadikan Skincare

Tanaman yang menghasilkan bunga bunga memiliki beberapa kandungan zat yang dapat merawat kulit. Penggunaan bunga-bunga sebagai bahan alami ini telah dimanfaatkan dalam beragam produk kecantikan, terutama produk perawatan kulit. Namun, sebenarnya apa saja sih bunga yang dapat dimanfaatkan untuk kecantikan?

1. Mawar dapat melembapkan wajah

Mawar menjadi bunga yang paling populer sebagai bahan alami bagi kecantikan. Tak dapat dipungkiri karena ekstrak mawar cenderung aman bagi seluruh jenis kulit. Namun, fungsi utamanya adalah melembapkan wajah yang kering. 

Kulit yang berjerawat juga dapat diatasi dengan bunga ini. Mawar memiliki khasiat antiseptik, antiinflamasi, dan astringent yang dapat meredakan iritasi atau luka, seperti kemerahan pada kulit.

2. Melati menenangkan wajah yang iritasi

Melati menjadi bahan alami yang dapat menenangkan dan melembapkan kulit sehingga tidak akan menyebabkan iritasi. Meskipun dapat melembapkan, tetapi melati tidak membuat kulit berjerawat.

Selain itu, penggunaan melati sebagai perawatan kulit juga tidak akan menyumbat pori-pori wajah. Sifat antibakterinya justru membantu membersihkan noda, seperti bekas jerawat atau luka.

3. Calendula mempercepat penyembuhan radang

Calendula telah banyak digunakan sebagai bahan dalam produk kecantikan. Hal ini karena minyak calendula memiliki sifat anti inflamasi sehingga dapat menenangkan kulit yang iritasi. Calendula juga merupakan antiseptic yang dapat bantu mempercepat penyembuhan luka maupun jerawat. Tak hanya itu, calendula bisa menjaga kelembapan kulit.

4. Lavender menyembuhkan kulit yang gatal

Bunga cantik berwarna ungu ini dapat membantu kulit terhindar dari kulit yang berminyak sehingga bebas jerawat. Lavender juga dapat membantu kurangi kemerahan dan menenangkan kondisi kulit yang gatal atau kering.

Biasanya, bunga lavender ini diolah dalam bentuk minyak sehingga dapat digunakan sebagai perawatan wajah. Minyak lavender akan menyerap dengan cepat dan nutrisi baiknya dapat membantu proses perawatan kulit dengan baik.

5. Anggrek mengurangi tanda penuaan

Bagi pemilik kulit kering, perawatan yang diperkaya dengan bahan alami dari bunga anggrek mungkin dapat membantu. Ekstrak bunga anggrek dapat memberikan kelembapan pada wajah.

Kandungan mineral alami pada anggrek, seperti kalsium, zinc, dan magnesium yang dapat mengurangi tanda-tanda penuaan. Anggrek juga dapat mengatur pigmentasi kulit sehingga warnanya merata dan kulit menjadi lebih halus.

6. Bunga matahari melindungi kulit dari sinar UV

Bunga matahari sebagai perawatan kulit biasanya digunakan dalam bentuk minyak. Minyak bunga matahari ini memiliki sifat emolien yang membantu kulit dalam mempertahankan kelembapannya. Vitamin E yang dikandung juga dapat menjadi sumber antioksidan sehingga melindungi kulit dari bahaya paparan sinar UV.

Selain vitamin E, bunga matahari juga diperkaya vitamin A, C, dan D yang membuatnya efektif dalam pengobatan jerawat. Kandungan asam lemaknya pun dapat membersihkan bakteri yang menyebabkan jerawat.

7. Teratai kaya akan antioksidan

Lotus atau teratai memiliki kandungan berupa vitamin C, B kompleks, dan beragam mineral yang bermanfaat bagi kulit wajah. Sifat antioksidannya dapat membuat kulit ternutrisi dengan baik dan lebih cerah.

Bunga teratai juga bisa mengontrol produksi minyak berlebih, tetapi bisa menjaga kelembapan, dan meningkatkan elastisitas kulit. Tak hanya itu, bunga teratai juga diperkaya vitamin A yang dapat mengurangi peradangan pada kulit sehingga cocok untuk penyembuhan jerawat.

8. Bunga Sepatu meningkatkan elastisitas kulit

Bunga sepatu atau yang dalam bahasa ilmiahnya disebut Hibiscus rosa-sinesis ini merupakan bahan alami untuk melawan penuaan di kulit. Hal ini karena bunga sepatu dapat membantu tingkatkan elastisitas kulit sehingga memberikan dorongan regenerasi sel-sel kulit yang baru.

Selain mencegah penuaan, bunga sepatu juga dapat membantu kurangi bintik-bintik hitam pada wajah. Bunga sepatu akan mempercepat pergantian sel dan menghasilkan warna kulit yang lebih merata.

Pupuk untuk Tanaman

Tanaman-tanaman bunga di atas akan tumbuh dengan subur jika diberikan pupuk yang sesuai. Salah satu jenis pupuk yang cocok untuk tanaman bunga tersebut adalah pupuk NPK Pelangi 16-16-16. Pupuk ini bisa menjadi tambahan pupuk kandang dan sekam. 

Penggunaan pupuk NPK Pelangi 16-16-16 akan membuat tanaman bunga memiliki batang yang lebih keras dan cepat tumbuh, serta bunga tidak mudah rontok. Ini karena pupuk NPK Pelangi terbuat dari berbagai unsur hara yang sesuai untuk tanaman. (*)