minuman enak dari daun tarragon

Teh Tarragon Menambah Kehangatan Malam Natal Bersama Keluarga

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Topik Pembahasan

Natal merupakan salah satu hari raya umat Kristiani yang sangat erat dengan perayaan bersama keluarga, sahabat, pacar, dan orang-orang terdekat. Perayaan Natal juga lekat dengan tradisi untuk menyemarakkan perayaan Natal setiap tahunnya. Berbagai tradisi ini memiliki arti, makna, dan keunikannya sendiri-sendiri.

Biasanya, saat Natal, umat kristiani di Indonesia akan menjalankan ibadah di Gereja terlebih dahulu. Ibadah biasanya dilaksanakan mulai malam hari atau disebut dengan ibadah malam natal, yaitu pada tanggal 24 Desember. Selanjutnya, pada 25 Desember umat Kristiani juga akan menjalankan ibadah kembali yang disebut sebagai ibadah natal.

Usai menjalani ibadah, umat Kristiani biasanya akan menjalankan tradisi-tradisi uniknya untuk merayakan natal. Beberapa keluarga biasanya akan merayakan natal dengan berkumpul bersama dan menikmati sajian khas natal.

Apalagi di musim penghujan seperti sekarang. Berkumpul dengan keluarga di rumah akan menjadi pilihan yang tepat. Curah hujan yang tinggi akan membuat suhu menjadi dingin. Sehingga menghabiskan Natal dengan minum teh bersama keluarga di rumah akan menjadi lebih seru dan hangat.

Rekomendasi Teh Unik

Salah satu teh yang cocok untuk dinikmati bersama keluarga di malam Natal adalah teh tarragon. Teh ini disebut banyak memiliki manfaat baik untuk tubuh.

Cara menyeduhnya juga mudah. Kamu cukup membuat teh seperti biasa menggunakan teh celup. Lalu tambahkan daun tarragon secukupnya. Aroma teh celup yang diseduh bersama daun tarragon memiliki wangi yang khas dan menenangkan.

Tarragon adalah tanaman yang biasa ditanam di Eropa Timur, Asia Tengah dan Timur, Amerika Utara bagian Barat dan selatan utara India dan Meksiko. Tarragon memiliki nama latin Artemisia dracunculus. Tarragon biasa digunakan untuk bahan makanan dan minuman.

Tarragon sendiri memiliki tiga jenis, yaitu, Tarragon Perancis yang memiliki rasa seperti akar manis, Tarragon Rusia yang memiliki rasa lebih pahit dan pedas, terakhir adalah Tarragon Meksiko. Tarragon adalah tanaman yang memiliki bentuk daun panjang dengan pertumbuhan tanaman hingga 150 cm.

Tarragon juga sering digunakan sebagai campuran bahan masakan, seperti semur, omelet, saus, atau makanan olahan berbahan ayam. Bagian yang digunakan adalah daun kering dan pucuk bunganya.

Manfaat Tarragon

Tarragon ternyata banyak manfaatnya bagi kesehatan. Tarragon biasanya digunakan sebagai bahan pengobatan. Di Perancis tarragon juga dimanfaatkan sebagai bahan tambahan sabun atau kosmetik. Daun tarragon memiliki banyak kandungan, seperti protein, Vitamin A, C, B6, dan folat. Daun tarragon juga mengandung mineral yang baik untuk tubuh, seperti kalium, kalsium, magnesium dan fosfor.

Dengan banyaknya kandungan gizi di dalamnya mengonsumsi daun tarragon akan memberikan banyak manfaat kesehatan, di antaranya;

  1. Menurunkan kadar gula darah
  2. Meningkatkan nafsu makan
  3. Meningkatkan kualitas tidur
  4. Membantu meredakan nyeri dan peradangan
  5. Menjaga kesehatan jantung
  6. Mencegah infeksi yang disebabkan oleh bakteri makanan
  7. Mengatasi gangguan pencernaan
  8. Memperlancar haid
  9. Sebagai obat antimual setelah operasi

Cara Budidaya Tarragon di Rumah

Untuk dapat menikmati Tarragon dengan rutin dan segar, Tani Muda bisa mulai untuk menanam tarragon di rumah. Beberapa hal yang harus tani muda perhatikan sebelum menanam Tarragon adalah tanaman ini membutuhkan intensitas sinar matahari penuh.

Tanaman tarragon juga membutuhkan sirkulasi udara yang baik. Tani Muda bisa menanam tarragon di tanah yang subur yang dikeringkan dengan baik. Tarragon juga jenis tanaman yang dapat ditanam sepanjang tahun tanpa adanya musim tanam.

Tanaman tarragon dapat bertahan dan tumbuh subur di daerah dengan kondisi tanah buruk, kering ataupun berpasir. Tanaman tarragon yang sudah dewasa juga tidak terlalu membutuhkan penyiraman yang terlalu sering. Tani muda cukup menjaga tarragon untuk tidak kering terlalu ekstrim. Tani muda juga dapat menanam tarragon di pot di dalam ruangan, ataupun di halaman sebagai tanaman hias ataupun dikembangkan di rumah kaca.

Untuk menanam tarragon dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan menyemai benih ataupun menggunakan bibit tarragon. Berikut cara menanam tarragon dari bibit di polybag : 

  • Siapkan wadah/ polybag yang memiliki drainase baik
  • Isi polybag dengan media tanam sebanyak ¾ sehari sebelum penanaman dengan komposisi tanah, pasir.sekam, dan kompos menggunakan perbadingan 2:1:1.
  • Pindahkan bibit yang telah memiliki 4-5 helai daun ke polybag yang telah dilubangi di tengah.
  • Saat pemindahan tani muda harus berhati- hati terhadap akar dan sekitarnya.
  • Masukkan tanaman kedalam lubang dengan posisi tegak, dan tambahkan tanah untuk menutupinya
  • Letakkan polybag yang telah ditanami di tempat teduh. Setelah daun baru tumbuh barulah tani muda dapat memindahkannya ke tempat dengan intensitas matahari cukup.
  • Melakukan perawatan seperti pemberian pupuk, penyiraman, penyiangan gulma, penyulaman dan menghalau hama.
  • Panen tarragon dapat dilakukan 55-85 hari setelah tanam.

(Fitri)

Latest Article