Ternyata Tanaman Lidah Mertua Bisa Cegah Kanker, Rawat dengan Pupuk yang Tepat Yuk

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Topik Pembahasan

Saat ini, siapa yang tidak kenal dengan tanaman lidah mertua atau sansevieria juga disebut tanaman snake plant. Tanaman hias ini makin populer saat pandemi, banyak yang memelihara tanaman yang manfaatnya tidak hanya sebatas hiasan pekarangan atau indoor belaka tetapi sejumlah penelitian menunjukan manfaat lainnya yang baik untuk kesehatan.

Lalu kenapa sansevieria dikenal sebagai lidah mertua, hal itu berkaitan dengan bentuknya yang berdaun keras, sukulen, tegak panjang dan berujung runcing sehingga dianalogikan lidah yang tajam layaknya mertua. Dirangkum dari berbagai sumber, dan mengutip kompas.com mari kita ketahui apa saja manfaat lidah mertua yang populer ini.

1. Pembersih udara alami terbaik

Lidah mertua mampu menyerap karbon monoksida dalam jumlah berlebihan dan mengeluarkan oksigen serta menyaring racun lain dari udara seperti benzena, xilena, trikloroetilen, dan formaldehida. 

Karenanya, tanaman ini mampu memurnikan udara lebih baik daripada kebanyakan tanaman dalam ruangan lainnya, sehingga menjadi pilihan yang sangat baik untuk pecinta tanaman hias serta orang yang sadar kesehatan.

2. Penghilang polusi udara dalam maupun luar ruangan

Sebuah studi mengklaim bahwa polusi udara dalam ruangan bisa sama mematikannya dengan polusi udara luar ruangan. Ada banyak cara untuk mengurangi polusi udara di dalam maupun di luar ruangan dan cara terbaik adalah dengan menanam lidah mertua baik di dalam maupun luar ruangan. Lidah mertua dapat tumbuh dengan baik dalam kedua kondisi tersebut dan dapat mentolerir sinar matahari langsung yang sangat sedikit tanaman dalam ruangan yang mampu melakukannya. 

3. Pemasok oksigen melimpah

Sebuah laporan teoritis yang diterbitkan di Universitas Harvard menunjukkan bahwa lidah mertua adalah salah satu tanaman hias yang paling banyak memberi oksigen, sehingga manfaat kesehatannya bagi manusia tidak dapat disangkal. Lidah mertua secara efisien menyerap racun dan melepaskan oksigen ke lingkungan. Tanaman dapat melepaskan kelembapan di udara dan mengurangi risiko alergi di udara secara efektif. 

4. Tanaman anti kanker 

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kemampuan lidah mertua dalam menyerap dan menyingkirkan lingkungan dari polutan udara beracun dan agen penyebab kanker seperti benzena, formaldehida, xilen, dan toluena menjadikannya pilihan yang efektif untuk mengobati dan mencegah penyakit mematikan ini.

5. Penyerap karbon dioksida malam hari 

Lidah mertua juga mampu mengurangi karbon dioksida (CO2) bahkan di malam hari. Hal ini disebabkan oleh Crassulacean Acid Metabolism (CAM). CAM memiliki kemampuan untuk melakukan jenis fotosintesis tertentu yang biasanya dilakukan oleh tanaman yang toleran kekeringan, iklim kering dan tanaman sukulen. Mereka membuka stomata pada malam hari untuk meminimalkan kehilangan air dalam kondisi iklim panas.

6. Menyerap radiasi

Lidah mertua juga secara aktif untuk membantu penyerapan radiasi, salah satunya radiasi yang ditimbulkan oleh barang-barang elektronik. Oleh karena itu, sangat pas untuk meletakkan tanaman ini di areal meja tamu atau ruang keluarga yang sering dipakai untuk berkumpul. 

7. Menyerap bau 

Bunga lidah mertua memiliki bau yang khas dan kemampuan untuk menghisap segala sesuatu yang tak baik bagi manusia. Di beberapa negara maju seperti China dan Perancis malah menjadikan lidah mertua sebagai parfum. Oleh karena itu, sangat cocok meletakkan lidah mertua di kamar mandi maupun dapur yang kerap dan berbagai tempat lainnya yang meninggalkan bau bau menyengat. 

 8. Sebagai antiseptik 

Lidah mertua merupakan tanaman dengan bahan kandungan antiseptik alami yang memiliki sifat anti racun yang baik. Tanaman ini sangat baik digunakan sebagai antiseptik untuk membunuh kuman. 

9. Sebagai bahan tonik rambut alami 

Sama seperti lidah buaya, lidah mertua juga memiliki manfaat alami untuk rambut. Kamu yang menginginkan rambut halus dan indah secara alami hanya perlu mengambil gel yang ada di daun lidah mertua dan oleskan ke rambutmu.

10. Membantu mengobati wasir

Tanaman lidah mertua ternyata juga bisa digunakan sebagai bahan obat wasir yang merupakan penyakit yang menyebabkan penderitanya susah menjalani buang air besar. Lidah mertua berfungsi untuk membantu melancarkan proses pembuangan. 

11. Membantu menyembuhkan sakit kepala

Sakit kepala akan sangat mengganggu seseorang saat menjalankan aktivitas baik ringan maupun berat. Penggunaan lidah mertua untuk menyembuhkan sakit kepala adalah dengan membakar tanaman pendang-pedangan ini terlebih dulu. 

12. Membantu menurunkan risiko diabetes

Lidah mertua juga ampuh mengatasi penyakit degeneratif, seperti diabetes. Daun lidah mertua perlu direbus kemudian diminum agar bisa menjadi penetralisir tingginya kadar gula dalam darah.

Harga Beli Lidah Mertua

Ahli Biologi lulusan UGM, Pratama Adi mengungkapkan terdapat sekitar 70 jenis sansevieria  di seluruh dunia. Diantara jenis tersebut ada yang langka dan memiliki harga mahal. Berikut ini, mengutip portal jember lima jenis tanaman lidah mertua langka di dunia dan dijual dengan harga mahal.

1. Sansevieria Bagamoyensia

Sansevieria jenis ini tidak sama dengan jenis sansevieria lainnya yang relatif berdaun panjang, lidah mertua ini mempunyai ukuran daun yang kecil dan tipis.

2. Star Sansevieria Kirkii

Star Sansevieria Kirkii ini berasal dari daerah Tanzania. Ciri khas yang dimiliki yaitu mempunyai bunga majemuk dimana mahkotanya berwarna kuning dengan bentuk mirip terompet. Daunnya tebal dan bergelombang dengan ketebalan daun bisa mencapai 9mm.

3. Sansevieria Stuckyi

Jenis sansevieria ini mempunyai daun yang tegak lurus, bundar dan memanjang. Di bagian dalam, terdapat daging yang tebal dengan ketebalan daun mencapai 10mm. Saat ditanam di daerah yang mempunyai intensitas cahaya matahari tinggi, daunnya bisa tumbuh hingga 2m. Karena keunikan dari bentuknya, jenis sansevieria ini mempunyai harga yang cukup fantastis dibandingkan jenis lainnya.

4. Sansevieria Ehrenbergii

Morfologi tanaman yang berasal dari Afrika Timur ini sangat sederhana, daunnya tumbuh berpasangan dan berlawanan.

5. Sansevieria Elensis

Sansevieria jenis ini hanya terdapat di negara Somalia dan dikenal dengan sebutan ‘Ein’. Sansevieria Elensis termasuk yang tidak tahan dengan kelembaban dan lebih suka tumbuh di daerah yang kering. Daunnya sangat unik karena sekilas terlihat seperti buah pisang yang sudah dikupas kulitnya. Panjang daun ini bisa mencapai 7-12 cm dengan tebal sekitar 2 cm.

Harga tanaman lidah mertua lokal tergolong terjangkau dijual dengan harga bervariasi mulai dari Rp5.000 anak sansevieria di platform pasar digital. Sedangkan, harga tertinggi untuk tanaman yang kaya manfaat ini mencapai puluhan juta rupiah biasanya tanaman langka dan berasal dari luar negeri.

Cara Merawat Sansevieria

Merawat lidah mertua tergolong cukup muda, karena tidak perlu ekstra asalkan media tanam yang cocok dan pupuk yang tepat akan mendukung mengoptimalkan pertumbuhan tanaman ini.

Sansevieria merupakan tanaman yang tidak butuh banyak sinar matahari dan air, sehingga cocok untuk diletakan dalam ruangan juga. Namun, untuk menghasilkan pertumbuhan terbaik dibutuhkan juga nutrisi yang cukup untuk tanaman yaitu pupuk.

Pupuk majemuk komersial, yaitu NPK Pelangi komposisi 16-16-16 produksi PT Pupuk Kaltim sangat cocok untuk diaplikasikan dalam tanaman hias termasuk tanaman lidah mertua. Mendapatkan pupuk NPK Pelangi pun tidak sulit, bisa dibeli secara online maupun datang langsung ke kios pupuk resmi. (*)