Healing garden

Tips Sehat: Menyulap Halaman Rumah Menjadi Healing Garden

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Topik Pembahasan

Sehat, adalah satu hal yang sangat penting dalam kehidupan. Baik itu sehat secara fisik maupun sehat secara mental. Untuk mendapatkan kesehatan tentu banyak hal yang harus dilakukan, mulai dari menjaga pola makan, olahraga, sampai menjaga pola tidur.

Namun ternyata kesehatan seseorang tidak hanya ditentukan oleh beberapa hal tersebut. Lingkungan yang sehat juga merupakan faktor terbesar untuk kesehatan. Tidak hanya untuk menjaga kesehatan, lingkungan yang sehat juga membantu untuk proses penyembuhan dari berbagai penyakit. Lingkungan yang sehat dapat membantu penyembuhan dari segi mental. 

Dari hasil beberapa penelitian menyebutkan proses penyembuhan atau yang biasa disebut healing tidak hanya didukung oleh proses medis seperti obat-obatan. Lingkungan menjadi salah satu faktor yang memberikan kontribusi sehat sebanyak 40%.

Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan menerapkan konsep healing garden. Healing garden merupakan taman yang dibuat dengan tujuan untuk membantu proses penyembuhan secara mental. Selain itu healing garden juga memiliki manfaat untuk mengurangi stress, menenangkan pikiran, dan membantu untuk melengkapi emosi pada seseorang.

Healing garden biasanya dibuat sebagai pusat rehabilitasi di beberapa rumah sakit di Indonesia. Namun bagi kamu yang juga ingin merasakan manfaat dari healing garden, tidak lagi perlu untuk pergi ke rumah sakit, karena kamu bisa menyulap taman kamu di rumah menjadi healing garden.

Cara Membuat Healing Garden Mini di Rumah

Sebelum membuat healing garden di rumah, terlebih dahulu kamu harus tahu beberapa karakteristik yang harus dimiliki taman dengan konsep penyembuhan.

Healing garden harus memiliki aksesibilitas yang baik dan mudah dicapai, memiliki bentuk landscape yang menyediakan pengalihan positif, memiliki ruang untuk beraktivitas dan beraneka ragam. Berikut tips membuat healing garden di rumah!

  • Memilih tanaman

Untuk memilih tanaman, kamu bisa memilih dengan tanaman yang kamu suka karena itu bisa membantu kamu untuk bersemangat dalam merawatnya. Namun ada beberapa faktor yang harus diperhatikan seperti tanaman-tanaman tersebut dapat menstimulasi panca indra, menghasilkan banyak oksigen, mengurangi polusi dan lainnya.

Kamu bisa memilih tanaman yang memiliki warna cerah sehingga dapat menstimulasi mood, seperti bunga matahari, bunga petunia, bunga melati, dan bunga lainnya yang kamu sukai. Dengan memilih tanaman sesuai dengan yang kamu sukai, itu akan membantu proses penyembuhan karena dapat memberikan energi positif dan memperbaiki mood.

  • Hadirkan ruang gerak 

Tips kedua adalah kamu bisa memberikan sedikit ruang untuk pergerakan fisik di taman. Karena salah satu tujuan healing garden adalah membantu proses penyembuhan dengan bergerak aktif. Kamu bisa menyediakan ruang gerak seperti jalan setapak dari bebatuan, atau hamparan rumput sebagai tempat berolahraga dan beraktivitas. 

  • Sediakan bangku taman

Kamu bisa menambahkan bangku taman sebagai tempat istirahat sambil menikmati dan memandangi taman yang indah.

  • Adanya keragaman hayati

Kekayaan atau keragaman hayati tentu dapat membantu untuk proses penyembuhan. Untuk dapat mewujudkannya, kamu bisa menanam bunga- bunga yang mengandung nektar sehingga dapat mengundang kupu- kupu untuk datang. Atau kamu juga bisa membuat rumah burung yang mau bersarang di taman. 

  • Adanya focal point

Focal point pada taman, akan membantu proses healing. Kamu bisa memiliki focal point seperti air mancur, bebatuan alami, dan tanaman spesial. 

Itu tadi beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk membangun sebuah healing garden di rumah. Bila kamu merupakan seorang pemula untuk bercocok tanam dan berkebun, pasti masih banyak pertanyaan- pertanyaan dan kebingungan. Namun jangan khawatir, karena kamu bisa coba untuk mengikuti akun social media demfarm yaitu akun instagramnya @demfarm.id. Jika mengikuti akun ini, kamu bisa mendapatkan banyak tips dan trik untuk bercocok tanam bagi pemula ataupun yang sudah ahli. 

@demfarm.id dengan aktif memberikan informasi-informasi mengenai cara bercocok tanam, info pertanian, info pupuk yang bagus, bahkan ada info beberapa artis dan selebritis yang juga bercocok tanam.

Selain itu, @demfarm.id juga sering mengadakan IG live untuk berbagai macam kegiatan. Dalam waktu dekat ini tepatnya tanggal 28 November 2021, @demfarm.id akan mengadakan talk show dengan tema “Menjadi Petani Millennial” di Zoom. Untuk mengikuti talkshow ini, kamu terlebih dahulu mengunggah sebuah foto/video tanaman rumah di Instagram, dengan mention @Demfarm.id dan hashtag “Cerita saya #punyakebunterbaik. Bagi partisipan terpilih, akan dikirimkan paket Garden Kit untuk kegiatan Virtual Tree Planting di pembukaan acara talkshow.

Yuk jangan sampai ketinggalan acara lainnya. Kamu bisa mendapatkan informasi lainnya bila mengikuti akun social media @demfarm.id. 

Penulis: Fitri