Petik Cuan dari Pupuk dan Bibit Berkualitas Pinterest

Turorial Petik Cuan dari Pupuk dan Bibit Berkualitas

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Topik Pembahasan

Di tengah kondisi apapun, tentu ada saja peluang usaha yang bisa dilakukan asal mau bekerja keras dan ulet. Pun begitu di masa pandemi COVID-19, tren bercocok tanam baik tanaman hias maupun sayuran tentu menjadi peluang bisnis.

Kini, banyak pebisnis tanaman baru bermunculan yang diawali dari hobi,  tak tanggung-tanggung omzetnya sangat besar.

Lalu, apakah semudah itu menanam dan menjual tanaman? tentunya tidak juga gampang dan tidak juga susah. Asal membekali diri dengan pengetahuan bagaimana karakter dan cara merawat serta membudidayakan tanaman kita.

Melansir Tekno Farm, bibit dan benih serta pupuk yang berkualitas akan menghasilkan hasil panen atau tanaman dengan pertumbuhan yang bagus. Apabila benih sayuran maka pertumbuhan merata, besar-besar dan masa panen bisa cepat serta merata pertumbuhannya..

Cara Memilih Bibit dan Benih Berkualitas

Tips memilih bibit tanaman unggul siap tanam

1. Perhatikan daun bibit tanaman

2. Perhatikan batangnya

3. Perhatikan akar bibit tanaman

4. Perhatikan rantingnya

5. Perhatikan buah bibit tanaman

Sedangkan cara memilih benih tanaman dalam bentuk biji

1. Masih dalam kemasan dan tidak kedaluarsa

2. Membeli benih di kios atau toko pertanian yang terpercaya.

3. Biji bibit dari petani

4. Biji bibit harus berisi dan bernas

5. Biji benih harus bersih

6. Biji bibit berwarna cerah

7. Biji bibit ukurannya seragam

Pemilihan pupuk yang tepat tentu sangat penting dalam merawat tanaman, baik pupuk organic,  pupuk anorganik, atau kerap disebut sebagai pupuk buatan,  merupakan pupuk tanaman yang diproses oleh pabrik. 

Pupuk Buatan Berkualitas untuk Buah Unggulan

Pupuk buatan tersebut biasanya merupakan pupuk alam yang diproses bersama bahan-bahan kimia. Dalam dunia pertanian, pupuk buatan juga berperan penting dalam pertumbuhan tanaman.

Berikut sejumlah pupuk anorganik yang biasa digunakan untuk merawat tanaman, 

1. Pupuk Urea

Pupuk ini merupakan pupuk buatan yang didalamnya terkandung banyak unsur Nitrogen (N), sehingga sering juga disebut sebagai pupuk nitrogen.

Nitrogen sendiri merupakan salah satu unsur kimia yang sangat dibutuhkan oleh tanaman. Rumus kimia dari pupuk urea adalah NH2 CONH2. Berbentuk kristal putih dan tekstur kasar,  bersifat mudah menghisap air atau higroskopis.

PT Pupuk Kaltim memproduksi pupuk urea sebanyak 3,43 juta ton per tahun. Dengan nama dagang Urea Granul Daun Buah yang mudah diserap tanaman sangat sesuai untuk perkebunan dan industri.

Urea Prill cocok untuk tanaman pangan dan industri.

2. Pupuk KCl

Pupuk KCl dapat digunakan pada berbagai macam tanaman yang toleran dengan unsur klorida.

Kandungan pupuk KCl  adalah unsur  zat hara sebesar 60%. Sifatnya larut dengan mudah dalam air, higroskopis, dan mudah diserap oleh tanaman. Pupuk ini bermanfaat meningkatkan kualitas buah pada tanaman.

3. Pupuk NPK

Pupuk NPK adalah pupuk majemuk yang merupakan campuran tiga unsur makro sekaligus, yakni Nitrogen (N), Fosfor (P) dan Kalium (K). Unsur kalium dalam NPK akan membantu metabolisme tanaman, diantaranya fotosintesis, menunjang pertumbuhan batang, serta membentuk bakal calon bunga atau buah.

Kalium dalam NPK juga berfungsi mengatasi penyakit pada tanaman, meningkatkan daya tahan tanaman terhadap iklim yang ekstrim, terlibat dalam pembentukan buah, serta efektif untuk efisiensi air.

Unsur fosfor sendiri akan membantu respirasi, pembelahan sel, kualitas kecambah yang meningkat, meningkatkan perkembangan akar, begitu pula dengan biji serta buahnya.

Sedangkan unsur nitrogen berperan mengembangkan dan pertumbuhan tanaman, dimana daunnya akan berwarna hijau tua yang menjadi indikasi bahwa klorofil dalam daunnya tinggi.

Secara keseluruhan pupuk NPK berfungsi untuk merangsang pertumbuhan akar dan daun tanaman, membantu pembentukan enzim dan vitamin, serta sebagai pembentuk dinding sel tanaman.

NPK Pelangi merupakan salah satu produk hasil pabrik PT Pupuk Kaltim yang banyak diminati petani, pupuk nonsubsidi ini memiliki komposisi 16-16-16 cocok untuk tanaman pangan dan hortikultura.

Ini Prediksi Tanaman yang akan Menambah Cuan 

Sedikitnya ada lima jenis tanaman populer yang akan semakin eksis dan harga selangit pada tahun ini, melansir cnbcindonesia.com

1. Monstera Variegata

Bentuk daunnya besar dan bercorak dengan warna perpaduan hijau serta putih.

Corak daun dengan sedikit warna putih dihasilkan dari mutasi sel alias adanya kelainan. Namun karena keunikan inilah yang membuat harga Monstera Variegata menjadi tinggi. Tanaman hias ini dibanderol dari Rp750 ribu hingga puluhan juta rupiah.

2. Bonsai

Harga Bonsai umumnya senilai Rp3 juta. Sedangkan ada ukuran besar dengan harga mencapai Rp27 juta. Tanaman berbentuk pohon kecil ini jadi salah satu yang paling diminati.

3. Monstera Obliqua

Tanaman yang dikenal juga sebagai janda bolong menjadi salah satu tanaman favorit di 2020. Monstera Obliqua punya daun berbentuk hati dengan motif berlubang dan tersusun rapi mengikuti ruas tulang daun.

Namun janda bolong punya harga tak murah. Bagi yang tertarik harus rela mengeluarkan uang mencapai ratusan juta rupiah dan ada juga yang menjual Rp30 juta per lembar daunnya.

4. Saffron Crocus

Tidak hanya sekedar tanaman hias, saffron crocus juga dimanfaatkan sebagai penghasil rempah termahal di dunia.

Harga saffron sendiri yaitu sekitar 1.500 dolar per pon atau sekitar Rp21,9 juta per 453 gram, sedangkan untuk menghasilkan menghasilkan 500 gram saffron diperlukan sekitar 80.000 bunga.

5. Anthurium

Anthurium merupakan tanaman hias yang sudah tren sejak bertahun-tahun lalu tetap tidak kehilangan pamornya hingga tahun 2020.

Di Indonesia,  jenis tanaman anthurium yang populer adalah jenmanii variegata. Karakteristik tanaman hias ini memiliki warna hijau dengan kombinasi putih atau kuning.

Harganya juga variatif, mulai dari harga Rp 2 juta hingga Rp 12 juta untuk jenis anthurium gelombang cinta yang besar.

Harga Terbaru Tanaman Hias di Aplikasi Belanja Online

Sejumlah platform belanja online, seperti Tokopedia, Shopee dan Lazada juga tidak mau ketinggalan menjual beragam bibit tanaman hias, sayuran maupun buah.

Harga bibit tanaman sangat beragam dan terjangkau, tetapi hendaknya pembeli sangat teliti dalam menentukan pilihan tanaman yang akan dibeli. Bukan hanya harga, tetapi juga proses pengirimannya juga harus dipastikan.

Berikut harga jual bibit yang ditawarkan:

Platform belanja Shopee

1.Janda bolong mulai dari Rp20.000

2.Keladi hias Florida Pink Love Mini Rp3.500

3.Alocasia Dragon Scale Rp13.000

4.Aglonema Rotundum Aceh 2 Rp19.900

Tokopedia

1.Calathea White Fusion Rp45.000

2.Monstera Obliqua atau janda bolong Rp30.000.

3.Anthurium Sirih Rp60.000

4.Pohon Philo Eppirenum Pinnatum Rp250.000

5.Monstera Thai Constellation Variegata-dua daun Rp2,8 juta.

Sedangkan kekinian harga tanaman hias yang sudah jadi sangat bervariasi dan fantastis diantaranya, Monstera Variegata mulai Rp750 ribu, Bonsai senilai Rp3 juta, Monstera Obliqua Rp30 juta dan Anthurium mulai Rp2 juta.