rekomendasi minuman sehat

It’s Buah, Minuman Sehat Hasil Produk Petani Lokal

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Topik Pembahasan

It’s buah mengawali perjalanannya pada 2012 dengan menjual buah-buahan, jus buah, dan sayuran segar secara offline. It’s buah percaya bahwa “Sehat adalah hak segala bangsa”. Saat ini It’s Buah berkembang menjadi UKM yang mendukung program hidup sehat dengan menjual Cold Press Juice. Tidak hanya menjual produk yang mendukung program sehat, It’s Buah juga memberikan edukasi dan informasi seputar kesehatan.

Dalam perjalanannya It’s Buah merasa untuk dapat berkembang di dunia pasaran online, mereka harus memiliki keunikan dan tibalah mereka pada hasil pencarian yang mengenalkan istilah detoks. It’s Buah menyadari bahwa untuk melakukan detoks pada tubuh bisa dengan cara mengonsumsi buah dan sayur. Sehingga It’s Buah mengeluarkan produk jus dengan teknik Cold Press Juice yang terbuat dari 100% buah dan sayur.

Dengan penggunaan teknologi tersebut, konsumen bisa merasakan dan menikmati kesegaran jus dengan lebih aman karena nutrisi yang tetap terjaga, tanpa menggunakan air tambahan, tanpa gula, dan juga tanpa pengawet. Saat ini It’s Buah menyediakan program detoks untuk membantu menurunkan berat badan, membersihkan racun dalam tubuh dan menyehatkan badan. 

Gandeng Petani Lokal

Untuk dapat memastikan bahwa produk yang mereka jual ke konsumen memang aman, segar dan menyehatkan, It’s Buah memilih untuk menggunakan buah- buahan dan sayuran lokal. It’s Buah percaya bahwa buah dan sayuran lokal lebih baik dan lebih segar dan lebih baik daripada buah impor. It’s Buah juga percaya bahwa dalam penggunaan buah dan sayuran lokal, tidak hanya menjaga kualitas produk, tetapi juga dapat membantu para petani buah lokal. 

It’s Buah merasa dengan menggunakan buah dari petani lokal dapat membantu petani lokal. Tidak hanya membantu para petani buah, It’s Buah juga ingin memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa mengkonsumsi buah lokal tidak hanya menguntungkan konsumen karena mendapat buah yang segar, tetapi juga membantu para petani lokal. Bantuan It’s Buah terhadap petani lokal tidak hanya dalam penggunaan produknya, tetapi juga memberikan pelatihan- pelatihan dan edukasi bagaimana para petani lokal dalam memasarkan produk, memaksimalkan hasil panen dan masih banyak lagi.

It’s Buah mengedukasi konsumen dengan cara #SehatBerdampak. Di mana ketika membeli produk dari It’s Buah, maka masyarakat tidak hanya mendapat kesehatan dari mengonsumsi jus segar, tetapi juga dapat memberikan dampak positif kepada sesama. Dampak pertama adalah, dari setiap pembelian produk, mereka akan menyisihkan sedikit untuk berbagai kepada sesama yang kekurangan untuk juga dapat merasakan kesehatan dari konsumsi buah dan sayur. Yang kedua adalah dapat membantu para petani lokal dalam pemasaran hasil panen. Yang ketiga adalah menjaga lingkungan, karena It’s Buah menggunakan botol kaca sebagai kemasan sehingga dapat menekan bertambahnya sampah plastik.

Pentingnya Konsumsi Buah dan Sayur

Buah dan sayur menjadi salah satu makanan yang penting untuk dikonsumsi setiap hari. Hal ini karena di dalam buah dan sayur terdapat kandungan vitamin dan mineral yang mengatur pertumbuhan dan pemeliharaan tubuh.

Sayur dan buah juga mengandung serat yang tinggi. Selain memiliki kandungan tersebut, mengkonsumsi buah dan sayur juga memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Mengonsumsi buah dan sayur secara teratur dapat meningkatkan kinerja otak. Nutrisi dan gizi yang terdapat pada buah dan sayur dapat meningkatkan daya ingat sekaligus memproteksi sel-sel otak. 

Mengonsumsi buah dan sayur bisa mengurangi resiko penyakit kanker. Meski sukar untuk disembuhkan, mengonsumsi beberapa jenis buah berwarna merah dan ungu, seperti stroberi, dan tomat dapat mencegah secara dini gangguan akibat pertumbuhan abnormal sel-sel jaringan tubuh.

Buah dan sayur juga bisa menjadi sumber antioksidan karena kaya akan molekul yang memperlambat dan mencegah proses oksidasi molekul lain. Oksidasi sangat berbahaya karena dapat memicu munculnya radikal bebas yang berpotensi merusak sel-sel. Oleh sebab itu konsumsilah buah dan sayur setiap hari agar mendapatkan antioksidan yang cukup.

Buah Sehat Berasal dari Penanaman yang Bagus

Untuk bisa mendapatkan buah dan sayur yang sehat, tentu berasal dari proses penanaman yang baik dan benar. Beberapa hal yang menjadikan proses penanaman baik adalah sebagai berikut:

  • Pemilihan Bibit

Buah yang sehat tentu berasal dari bibit yang berkualitas. Sebelum menanam tani muda harus memastikan mendapat bibit yang memiliki kualitas baik, bisa dari toko pertanian yang sudah dipercaya ataupun pembibitan sendiri.

  • Pengolahan lahan

Selanjutnya adalah tempat untuk buat di tanam. Tanah yang subur, memiliki unsur hara yang baik, Ph sesuai juga sangat berpengaruh terhadap tumbuhnya tanaman buah. 

  • Pengairan dan intensitas cahaya matahari

Air dan matahari adalah faktor yang sangat penting dalam proses tumbuh tanaman. Pengairan dan intensitas cahaya matahari yang cukup akan membantu proses fotosintesis pada tanaman. Ketika proses fotosintesis berjalan baik, tentu penyerapan nutrisi dan gizi oleh buah juga akan maksimal sehingga akan menjadikan buah segar dan menyehatkan.

  • Perawatan 

Tanaman tentu perlu dirawat, mulai dari pemberian pupuk, pemeliharaan dari gangguan hama dan gulma, dan pemangkasan. 

Rekomendasi Pupuk Untuk Buah

Untuk membantu proses tumbuh buah yang baik, tani muda bisa menggunakan pupuk organik seperti pupuk kandang, kompos, dan pupuk hijau. Pupuk kandang adalah pupuk yang berasal dari kotoran hewan seperti kotoran sapi, kambing dan ayam. Selanjutnya adalah pupuk kompos yang berasal dari proses penguraian sisa-sisa sampah organik seperti sisa kulit buah, sisa sayuran, dan dedaunan. Pupuk hijau adalah pupuk adalah pupuk yang berasal dari penguraian tumbuhan lain.

Selain pupuk organik, tani muda juga bisa menggunakan pupuk anorganik atau pupuk kimia.

Pupuk kimia yang disarankan adalah NPK, KCL, dan pupuk ZA. pupuk NPK digunakan oleh para petani untuk membantu merangsang percepatan tumbuhnya buah dan tidak mudah rontok. Hal ini karena NPK memiliki tiga unsur hara yang sangat dibutuhkan oleh tanah seperti Nitrogen (N), fosfor (P), dan Kalium (K). Pupuk KCL digunakan sebagai solusi dari tanaman yang sulit berbuah dikarenakan tanah yang kurang ternutrisi. Sedangkan pupuk ZA digunakan sebagai pupuk dasar yang dapat memperkaya unsur nitrogen dan belerang sebelum proses penanaman. Pupuk Za juga bisa digunakan sebagai pupuk susulan untuk membantu mempercepat perkembangan tanaman.

Tani Muda bisa mencari pupuk dari salah satu anak perusahaan Pupuk Indonesia yaitu PT. Pupuk Kalimantan Timur (PKT.). PKT  menyediakan berbagai jenis pupuk sesuai dengan kebutuhan para petani. Mulai dari Urea, NPK yang memiliki dua jenis, Ammonia, dan pupuk Hayati seperti Ecofert, Biotara, Biolk, Bio Salin dan pembantu mempercepat proses kompos seperti Biodex. Seluruh pupuk PKT berasal dari bahan- bahan yang sudah memiliki standar SNI dan tentu saja asli dan aman untuk digunakan. (Demfarm/Fitri)