tips menanam a la Yuni Shara

Artis Cantik Yuni Shara Punya Tanaman Kesayangan Lho, Cari Tahu Cara Merawatnya Yuk

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Topik Pembahasan

Yuni Shara merupakan salah seorang penyanyi legendaris tanah air. Memiliki nama asli Wahyu Setyaning Budi, Yuni Sarah ternyata tak hanya pintar bernyanyi, tapi juga terampil dalam merawat tanaman hias di rumahnya.

Dikutip dari chanel youtubenya, Yuni rutin menyapa burung dan tanamannya setiap pagi. Dari vidio tersebut, penonton dapat mengetahui bahwa Yuni berkeinginan untuk menciptakan suasana rumah yang rimbun dan penuh kehijauan bak di hutan.

Yuni juga menamai rumahnya dengan sebutan “Jungle House”. Konsep rumah ini sudah ia rancang dan bangun sejak 8 tahun yang lalu bersama dengan Rasyid, seorang spesialis tanaman hias yang ditemukan oleh Yuni dipinggir jalan. Kata Yuni, waktu itu ia sedang berjualan di toko bunga hiasnya.

“Awalnya masih gersang di halaman hanya ada kamboja dan beringin, dari awal renovasi rumah kita semuanya yang membuat” kata Rasyid di akun youtube milik Yuni. 

Yuni Shara sangat menyayangi tanaman-tanaman hias yang ia miliki terutama tanaman berwarna hijau. Setiap pagi selepas salat subuh, Yuni rutin mengucapkan rasa syukur sebagai bentuk menghargai ciptaan gusti Allah melalui tanamannya.

Yuni juga mengakui bahwa tanaman-tanamannya membuat ia semakin berpikir positif. Ia juga kerap mengajak tanaman-tanaman tersebut berbicara dan memiliki kontak batin layaknya manusia.

“Kalau habis subuhan tuh suka bilang bersyukur itu ngomongnya sama tanaman. Kamu percaya nggak ini kita lagi nggak enak badan, tanaman saya layu semua” ujar Yuni Shara.

Jenis- jenis Tanaman Milik Yuni Shara

Di setiap bagian rumah Yuni ditanami tanaman hias yang berbeda-beda mulai dari halaman rumah hingga dapur. Jika sedang mencari inspirasi hunian rumah asri dan rimbun dengan tanaman, berikut beberapa jenis tanaman di rumah Yuni Shara yang dirangkum dari berbagai sumber:

  1. Lidah Mertua 

Tanaman ini merupakan tanaman yang mendominasi di seluruh bagian rumah Yuni Shara. Yuni mengatakan bahwa lidah mertua merupakan tanaman yang mudah dirawat dan banyak manfaat. Salah satu contohnya yakni mampu menghisap debu dan menghilangkan bau tak sedap dalam ruangan. 

  1. Spathe Flower

Tanaman dengan nama ilmiah Peace Lily ini merupakan tanaman yang paling cocok ditanam dalam ruangan. Cara merawat dan menanamnya juga tergolong mudah. Tanaman ini mampu membersihkan udara di sekitar ruangan, namun jika ditempatkan di bawah sinar matahari daunnya akan menguning dan menjadi rusak.

  1. Primrose Willows

Tanaman yang memiliki nama lain Ludwigia glandulosa ini merupakan tanaman yang satu jenis tanaman air yang membutuhkan banyak CO2. Jika ditempatkan di bawah sinar matahari terik daunnya akan berwarna merah dan akan berwarna hijau bila di dalam ruangan dan cukup cahaya.

  1. Bird Nest Fern

Merupakan salah satu tanaman hias berdaun lebar, jika dilihat sekilas mirip dengan daun pisang. Bird Nest Fern ini memiliki nama lain yakni pakis sarang burung. Dapat ditanam dalam pot ataupun ditempel di dinding menggunakan kawat. Tanaman ini menjadi salah satu rekomendasi NASA sebagai tanaman penyaring udara terbaik. Selain itu ia juga mampu menurunkan suhu udara dan meningkatkan kelembaban yang dapat membuat ruangan menjadi sejuk lho.

  1. Sirih Gading

Sirih Gading merupakan jenis tanaman rambat dengan bentuk daun bersusun-susun. Tanaman ini memiliki visual yang sangat cantik bila dibiarkan menjuntai ke bawah. Cara menanam dan merawatnya pun sangatlah mudah. 

  1. Butterfly Palm

Butterfly Palm merupakan tanaman dengan nama lain Areca palm atau palem kuning ini mampu tumbuh hingga 2 meter lebih lho. Tanaman ini juga merupakan incaran para pecinta tanaman karena memiliki manfaat untuk meningkatkan kelembaban di ruangan yang  ia tempati. Sama seperti Bird Nest Fern direkomendasikan sebagai salah satu tanaman pembersih udara terbaik.

  1. Elephant’s Ear 

Elephant’s Ear atau bernama lain kuping gajah ini memiliki daun berbentuk hati yang besar dengan tepian bergerigi. Tanaman ini dapat ditanam di dalam dan di luar ruangan lho! Kuping gajah juga bermanfaat untuk mengobati sengatan serangga. 

  1. Chinese Fan Palm

Koleksi tanaman lain dari Yuni Shara ada Chinese Fan Palm. Daunnya berbentuk kipas dengan warna hijau kekuningan yang lebar. Batangnya ramping dan dapat tumbuh hingga 2 meter. Walaupun begitu masih dapat ditanam dalam pot dan memperindah ruangan lho.

Tips Khusus Yuni Shara dalam Merawat Tanamannya

Untuk menanam dan merawatnya itu tidak mudah, butuh ketelatenan dan kesabaran super ekstra. Kakak kandung dari penyanyi Krisdayanti ini bahkan tidak segan-segan untuk menanam dan merawat tanamannya sendiri.

Dalam video Youtubenya itu, Yuni tampak luwes membongkar dan menanam tanaman hiasnya. Yuni mengakui bahwa tanaman hiasnya bukanlah tanaman mahal melainkan tanaman dengan harga terjangkau dan yang terpenting berwarna hijau.

“Sekarang kan banyak banget orang-orang yang suka tanaman, tapi tanamannya mahal-mahal. Nah, saya nggak begitu, kalau saya yang penting hijau” cerita Yuni dalam akun youtubenya. 

Yuni Shara membagikan kisahnya merawat tanaman hias dalam akun youtubenya, ia mengakui bahwa tips untuk merawat tanaman hanya air dan kasih sayang. Selain itu, ia juga sering ngobrol kepada tanamannya agar cepat membesar.

Yuni Shara menuturkan bahwa dirinya tidak mengerti mengenai teknik khusus ataupun nama-nama tanaman terutama yang sedang hits saat ini lho! Yang ia ketahui tanaman itu adalah yang berwarna hijau-hijau. Untuk penggunaan vitamin tanaman saat ini Yuni tidak menggunakannya. Ia hanya mengandalkan air, pupuk,  dan kasih sayang.

Dalam akun youtubenya berjudul “saya ajak mereka bicara”, Rasyid yang membantu Yuni merawat tanamannya menuturkan bahwa untuk menanam tanaman hias sebaiknya menggunakan tanah organik dan sekam yang sudah dibakar.

Cara penanamannya pun cukup mudah yakni dengan cara berikut:

  1. Siapkan satu buah pot kosong
  2. Siapkan tanaman yang akan ditanam 
  3. Lalu masukkan sekam bakar hingga setengah pot 
  4. Kemudian masukkan tanaman yang akan ditanam
  5. Tutupi bagian kosong dipermukaan dengan tanah organik hingga seluruh akar tertutup

Penulis: Fitri