cara-menanam-ubijalar-dirumah

Belajar Menanam Ubi Jalar Kesukaan K-POP Idol IU di Rumah, Yuk

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Topik Pembahasan

Siapa yang tak kenal ubi jalar? Jenis umbi-umbian ini memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Bahkan di Korea Selatan, ubi jalar menjadi primadona bagi mereka yang sedang melakukan diet. Seperti yang dilakukan K-POP Idol seperti IU yang menjadikan ubi jalar sebagai salah satu menu dietnya. IU seorang penyanyi asal Korea Selatan dengan nama asli Lee Ji Eun yang memiliki banyak lagu populer.

IU tidak hanya terkenal sebagai penyanyi namun ia juga dikenal dengan kepiawaiannya dalam dunia peran. IU telah membintangi banyak drama dan film populer seperti Hotel De Luna, The Producers, Moon Lovers : Scarlet Heart Ryeo, Dream High,dan masih banyak lagi. Sebagai seorang idol, IU tentu menjaga badannya agar tetap sehat dan ideal.

Seperti yang kita ketahui, IU memiliki tubuh yang ramping dan indah. Hal ini tentu tak didapatkan dengan cara mudah, IU sempat melakukan diet sebelum ia memulai debut. Salah satu diet yang dilakukannya adalah dengan mengubah pola makannya. IU biasa memulai hari dengan sebuah apel, makan siang dengan ubi jalar rebus, dan malam hari minum protein powder. Ubi jalar menjadi menu yang selalu ada dalam keseharian IU.    

Manfaat Ubi Jalar

IU pasti telah berkonsultasi dengan dokter gizi dan mencari tahu manfaat yang terkandung dalam ubi jalar. Maka dari itu, ubi jalar menjadi pilihan makanan yang ia konsumsi demi menjaga bentuk tubuhnya sebagai idola KPOP.

Lalu apa saja sih manfaat dari ubi jalar tersebut?

  1. Menurunkan berat badan

Ubi jalar dapat membantu menurunkan berat badan karena memiliki serat yang tinggi serta tingkat kalori yang rendah daripada kentang.

  1. Mengendalikan Gula Darah

Ubi jalar merupakan salah satu tanaman yang memiliki skala indeks glikemik yang tergolong rendah. Yang berarti kecepatan ubi jalar menjadi gula darah tidak terlalu tinggi. Hal ini juga yang membuat ubi jalar dapat menjadi salah satu enu bagi penderita diabetes karena adanya penurunan resistensi insulin. 

  1. Mengurangi Resiko Kanker

Ubi jalar kaya akan antioksidan sehingga dengan mengonsumsinya dapat membantu mengurangi resiko beberapa sel kanker. Penelitian pada tahun 2018 menunjukan bahwa antosianin salah satu jenis antioksidan pada ubi jalar dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker. Dengan mengkonsumsi ubi jalar dapat mengurangi resiko terkena kanker prostat, kanker usus hingga kanker payudara.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  2. Meningkatkan Kesehatan Mata

Dari beberapa manfaat di atas, bukan tidak mungkin ubi dapat dijadikan sebagai salah satu menu rutin yang harus dikonsumsi. Apalagi, ubi jalar bisa ditanam sendiri di rumah.

Budidaya ubi jalar tidaklah sulit. Ada dua cara yang bisa dilakukan, pertama menggunakan media tanam pot dan kedua bisa ditanam di tanah atau kebun.

Cara Menanam Ubi Jalar di Pot

Cara menanam ubi jalar di rumah sebenarnya mudah, termasuk untuk pemula. Jika tidak memiliki halaman yang luas, cobalah menanamnya di dalam pot. Menanam ubi jalar di pot memiliki nilai plus, karena selain ubi dan daunnya dapat dimanfaat sebagai makanan, ubi jalar yang ditanam di dalam pot juga dapat dimanfaatkan sebagai tanaman hias .

Sebelum melakukan penanaman langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan bibit dengan varietas yang baik. Kemudian lakukan stek ubi jalar dengan memotong ⅔ ubi, tanam ke dalam polybag. Setelah bibit tersebut mengeluarkan tunas barulah pindahkan ke dalam pot. 

Selanjutya, pemilihan pot sangatlah penting sebagai media tanam. Pilihlah pot yang memiliki kekuatan baik sehingga tidak mudah pecah. Pilihlah pot dengan kapasitas besar yang diameternya 20-30 cm dan memiliki tinggi 40-50 cm. Jika ingin tetap menggunakan polybag maka pilihlah yang ukurannya 50 x 60 cm. Selanjutnya lubangi pot atau polybag untuk memudahkan pembuangan air yang berlebihan ketika disiram atau terkena hujan. Sebelum menanam ubi jalar tentu media tanah atau media tanam harus dipersiapkan dengan baik. Siapkan lapisan atas (top soil) yang subur, pupuk kandang, dan sekam padi. Campur ketiga bahan tersebut dengan perbandingan 1:1:1, jika pupuk kandang diganti dengan kompos maka perbandingannya menjadi 2:1:1. Setelah ketiganya tercampur masukan kedalam pot dengan ketinggian ⅔ .

Setelah menyediakan pot dan media tanam yang baik, langkah selanjutnya adalah menanam bibit yang telah disediakan. Setiap pot dapat diisi dengan 1-2 bibit ubi jalar, tanam ditengah agar tampak simetris dan rapi.

Langkah selanjutnya adalah perawatan. Perawatan tentu menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan. Hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan pot berada pada spot yang dapat menerima sinar matahari dengan baik dan penuh.

Lakukan penyiraman secukupnya setiap harinya dengan teratur. lakukan juga penyiangan pada gulma yang tumbuh pada pot untuk memaksimalkan tumbuhnya ubi jalar.

Pemupukan juga tak kalah pentingnya agar nutrisi dan unsur hara pada tanah tetap tercukupi. Pupuk yang dapat digunakan adalah jenis pupuk majemuk NPK ataupun pupuk tunggal (ZA, SP-36, dan KCL). Anda dapat menggunakan pupuk dari produk Pupuk Kaltim, seperti NPK Pelangi.

Lakukan pemupukan secara teratur agar tumbuh ubi jalar maksimal. Tambahkan juga sedikit pupuk kompos atau kandang ketika pengaplikasian pupuk anorganik. Dan hal yang sangat penting dalam perawatan ubi jalar dalam pot adalah jangan lupa angkat batangnya setiap 2 minggu sekali agar tidak tumbuh akarnya pada ruas-ruas batang dan masuk kedalam tanah. Karena hal tersebut dapat menghambat perkembangan ubi jalar yang akan menjadikannya umbinya kecil.

Langkah terakhir yang dilakukan tentulah panen. Melakukan panen ubi jalar pada pot sangatlah mudah, cukup dengan membalikkan pot dan mengeluarkan seluruh media tanam sehingga umbi-umbi dapat terlihat.

Menanam Ubi Jalar di Kebun

Cara menanam ubi jalar di tanah sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara menanam ubi jalar dalam pot. Langkah pertama tentu saja pilih varietas bibit ubi jalar yang akan digunakan. Langkah kedua lakukan slip ubi jalar dengan memotong ⅔ ubi sehingga dapat dijadikan sebagai bibit.

Persiapkan lahan, untuk lahan yang digunakan sebagai media tanam ubi jalar sebenarnya tidak memiliki kriteria khusus, karena ubi jalar dapat tumbuh pada berbagai jenis tanah. Namun hindari menanam ubi jalar pada tanah liat karena itu dapat menghasilkan akar yang tidak baik. Selanjutnya jangan lupa untuk menambahkan pupuk kandang atau kompos.

Tanam ubi jalar dengan cara membenamkan ⅔ slip batang kedalam tanah. Bentuk dalam satu bedengan dengan dua baris tanaman. Jarak antar tanaman dalam satu aris sekitar 30 cm dan jarak antar baris 40 cm. Usahakan untuk menjaga kelembapan tanah dengan cara penyiraman yang teratur pada pagi dan sore hari pada slip yang baru ditanam.

Perawatan ubi jalar yang ditanam langsung ditanah sebenarnya tidaklah sulit. Namun bila ingin hasil yang maksimal tentu perawatan yang baik dan teratur akan sangat membantu. Panen dapat dilakukan setelah waktu 3-4 bulan sejak penanaman. Panen dapat dilakukan apabila daun dan ujung tanaman merambat sudah mulai menguning.

Itu tadi kegunaan ubi jalar dalam kehidupan sehari- hari dan tentu juga bagaimana cara budidaya yang dapat dilakukan dirumah. Semoga bermanfaat.