Healing hemat di Pekarangan Rinati

Healing Hemat di Pekarangan Rinati Sambil Belajar Mengenal Tanaman

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Topik Pembahasan

Taman atau kebun ternyata tidak hanya bermanfaat sebagai hias sebuah rumah atau daerah. Manfaat lain taman atau kebun adalah dapat dimanfaat sebagai tempat healing atau penyembuhan. 

Tren healing garden sendiri sudah mulai ramai diperbincangkan. Konsep ini bermanfaat untuk menyembuhkan bagi pasien dengan beberapa keluhan. Healing Garden bisa membantu mengurangi stress, menenangkan pikiran, dan melengkapi kebutuhan emosi seseorang. 

Healing garden sudah banyak dipakai di beberapa rumah sakit. Tetapi tidak menutup kemungkinan membuat healing garden di rumah atau tempat lainnya. Di pinggiran Jakarta bahkan ada sebuah restoran yang bisa dijadikan tempat healing sekaligus belajar berbagai tanaman, dan tentu saja sambil menyantap makanan yang sehat.

Pekarangan Rinati sebagai tempat Healing di Pinggiran Jakarta

Bertempat di daerah Larangan, Tangerang tidak jauh dari daerah DKI Jakarta, sebuah restoran yang diberi nama Pekarangan Rinati berdiri sejak 2018. Pekarangan Rinati bisa menjadi destinasi wisata dan healing bagi para tani muda bersama keluarga dan teman- teman.  Pekarangan Rinati tidak hanya menawarkan makanan sebagai sebuah restoran. Pekarangan Rinati juga menawarkan konsep kebun dan taman yang ada di pekarangannya sebagai media edukasi. 

Selain itu Rinati sebagai pemiliknya juga menawarkan konsep farm to table dimana makanan yang akan disantap berasal dari bahan- bahan yang ada di kebun mereka. Rinati ingin menerapkan konsep dimana pelanggan bisa menikmati makanan sehat tanpa MSG, belajar, bermain dan menikmati daerah hijau yang memberikan udara segar di antara pemukiman warga yang padat.

Tanaman yang ada di pekarangan Rinati melebihi 100 jenis tanaman. Di antara tanaman-tanaman itu ada tanaman hias, tanaman langka, tanaman herbal, sayur- sayuran, buah- buahan, seperti pohon rambutan, bunga telang, sorghum, dan masih banyak lainnya. Tidak hanya memiliki banyak jenis tanaman sebagai bahan- bahan yang nanti akan dijadikan santapan di restorannya, Pekarangan Rinati juga aktif memberikan edukasi tentang tanaman dan lingkungan hidup. Hal ini mereka realisasikan dengan sering mengadakan workshop. Workshop yang dilakukan pun beragam, mulai dari memasak, menanam, dan membuat prakarya. Kegiatan workshop ini dapat dilihat dari laman media sosial instagram mereka, yaitu @pekarangan.Rinati . 

Dilaman media sosial instagram mereka juga sering membagikan kegiatan- kegiatan lainnya. Mulai dari menu mereka, apa saja yang terbaru dari restoran dan kegiatan- kegiatan bercocok tanam, workshop dan edukasi lainnya. 

Sensasi Makan bahan Langsung dari Kebun

Farm to table merupakan salah satu yang menjadi inspirasi Rinati dalam mendirikan restorannya. Dimana pelanggan dapat merasakan makanan yang dibuat berasal langsung dari tanaman yang ada di kebun. Tanaman dipetik dan langsung diolah menjadi makanan ketika adanya pesanan. Tentu ini menjadi daya tarik karena pelanggan dapat menikmati masakan rumahan yang segar, nikmat, dan sehat tanpa adanya bahan pengawet. 

Menu yang ditawarkan di Pekarangan Rinati pun beragam. Ada makanan berat seperti sayur lodeh, beberapa olahan ayam, olahan lele, berbagai jenis sayuran, pasta dan pastry, cemilan dan juga makanan yang berasal dari kebun. Selain makanan, minuman yang ditawarkan juga beragam dan juga terdapat dua pilihan yaitu minuman yang berasal dari olahan hasil kebun dan minuman yang memang ada di menu. Harga yang ditawarkan pekarangan Rinati juga tergolong murah, kisaran Rp. 15.000,- hingga Rp. 70.000,-. 

Pekarangan Rianti bisa menjadi satu tempat untuk healing karena punya paket komplit. Dimulai dari kebun yang rimbun, segar dan memiliki banyak jenis tanaman dapat menghilangkan kepenatan, dan mengurangi stress, dan menormalkan emosi kembali. Selanjutnya bisa menikmati makanan yang sehat dan tentu saja enak dan nikmat. Selamat mencoba!

Penulis: Fitri