Ide Bisnis Pertanian

Ide Bisnis Pertanian yang Cocok Dijalankan Saat Ramadan, Coba Yuk!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Topik Pembahasan

Bulan Ramadan menjadi salah satu momentum di mana orang-orang dapat mengembangkan atau menjalankan bisnis baru. Banyak orang yang mencoba bisnis di bidang kuliner, seperti membuat takjil, dan kue lebaran. Bahkan banyak juga orang yang mencoba bisnis pembuatan hampers.

Tidak hanya di bidang kuliner, bisnis-bisnis bidang pertanian juga patut untuk dicoba selama bulan Ramadan sebagai tambahan pendapatan. Berikut beberapa ide bisnis yang bisa dicoba selama bulan Ramadan.

Ide Bisnis Pertanian

Memiliki hobi bercocok tanam ternyata bisa membawa pemasukan baru. Ada banyak cara berbisnis dengan memanfaatkan tanaman yang sedang dibudidayakan.

Ide bisnis tanaman
Ide bisnis tanaman

Tanaman Organik

Tanaman organik adalah tanaman yang proses tumbuhnya jauh dari bahan- bahan kimia, seluruh kebutuhan dan perawatannya menggunakan bahan- bahan yang bebas bahan kimia. Seperti penggunaan pupuk kandang, ataupun pupuk organik hasil dari pembusukan daun, kulit pisang, kulit jeruk, dan masih banyak lagi.

Saat ini permintaan akan tanaman organik meningkat, dan harga divpasaran juga cukup tinggi. Selain itu tanaman organik juga dapat dikatakan lebih sehat, dan memiliki penampilan yang lebih menarik. Nah nggak ada salahnya menjual tanaman organik saat bulan Ramadan atau bulan- bulan berikutnya.

Tanaman Obat

Menjual tanaman obat juga bisa menjadi salah satu ide bisnis yang bisa tani muda jalankan. Tani muda bisa menjual tanaman obat, seperti daun sirih, daun kumis kucing, temulawak, bunga telang, dan masih banyak lagi. Saat ini tanaman obat sangat banyak dicari karena manfaatnya yang sangat banyak. Terlebih disaat masih dalam pandemi, banyak orang yang ingin menjaga kekebalan tubuh dengan tanaman- tanaman obat karena lebih tradisional dan bebas bahan kimia.

Menjual Bibit Tanaman

Jika tani muda berbakat dalam pembibitan, menjual bibit tanaman juga bisa menjadi salah satu ide bisnis menarik. Banyak orang yang ingin memulai bercocok tanam, tetapi tidak ingin repot dalam penyemaian benih dan menunggu menjadi bibit.

Menjual bibit tanaman yang siap tanam tentu akan menjadi daya tarik untuk para pecinta tanaman yang tidak ingin repot. 

Budidaya Tanaman Rempah

Indonesia sangat terkenal dengan tanaman rempahnya. Tanaman rempah sangat sering digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai bahan masakan, bahan obat- obatan, kosmetik, dan masih banyak lagi. Tani muda bisa mencoba membudidayakan tanaman rempah, seperti berbagai jenis rimpang seperti jahe, kunyit, kencur, lengkuas, temulawak. Selain itu tani muda juga bisa mencoba menanam merica atau lada, bawang merah, bawang putih dan bawang daun.

Tanaman Hias

Pamor tanaman hias tak dapat diragukan lagi, banyak masyarakat yang sangat menyukai tanaman hias. Bisnis tanaman hias patut dijadikan ide bisnis di bulan Ramadan, karena tanaman hias juga bisa dijadikan hampers untuk berbagi di hari kemenangan.

Tanaman Hidroponik

Jika tani mua ingin memulai bisnis pertanian, namun tidak memiliki lahan luas dan terbatas, tak ada salahnya mencoba untuk memulai bisnis tanaman hidroponik. Tanaman hidroponik juga memiliki penikmatnya tersendiri. Dalam bisnis tanaman hidroponik, tani muda bisa mencoba menanam sayur- sayuran seperti sawi, pakcoy, selada, bayam, kangkung, dan masih banyak lagi. 

Rumah Toga dan Ma’rifah Herbal

Rumah Toga dan Ma’rifah Herbal adalah salah satu jenis bisnis pertanian yang bisa tani muda contoh. Rumah Toga (tanaman obat keluarga) dan Ma’rifah Herbal adalah bisnis tanaman obat yang dibantu oleh PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT). Rumah Toga binaan PKT ini terdapat di beberapa daerah, salah satunya adalah Rumah Toga yang ada di RT. 11 Kelurahan Loktuan, Kecamatan Bontang Utara, Kalimantan Timur.

Rumah Toga dan Ma’rifah Herbal

Tidak hanya menjadi pusat tanaman obat-obatan, Rumah Toga ini juga menjadi sarana pembelajaran bagi lembaga pendidikan, seperti adanya kunjungan-kunjungan yang dilakukan oleh sekolah-sekolah dan instansi pemerintah lainnya. Selain itu PKT juga melakukan bimbingan terhadap anggota-anggota Rumah Toga sehingga dapat melakukan banyak inovasi. Inovasi yang telah di kembangkan adalah pembinaan pengembangan budidaya tanaman, pelatihan teknologi produk, pemasaran berbasis online, pembukuan, pengemasan, dan kegiatan peningkatan SDM lainnya. 

Penulis: Fitri