tanaman mangga irwin

Kenalan Yuk dengan Mangga Irwin, Buah Cantik Berwarna Ungu yang Banyak Manfaatnya

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Topik Pembahasan

Mangga merupakan buah yang banyak disukai orang dan sering kita temui di pasaran atau toko-toko buah. Umumnya, mangga memiliki kulit berwarna hijau, kuning atau oranye.  

Tapi sekarang ada mangga yang tengah hits karena memiliki kulit cantik berwarna ungu. Mangga eksotis ini dikenal dengan nama mangga Irwin. Dengan kulitnya yang ungu cerah, mangga jenis ini sukses menarik perhatian para pecinta buah. Apalagi mangga Irwin kaya akan vitamin C.

Tak hanya cantik, mangga irwin juga memiliki rasa yang enak dan banyak khasiat kesehatan. Makanya banyak orang yang tertarik dan penasaran dengan mangga yang berasal dari Australia ini. 

Memiliki nama latin Magnifera Indica, mangga Irwin merupakan varietas mangga introduksi dari Australia. Jika biasanya mangga memiliki warna hijau, kuning, atau oranye, mangga Irwin cenderung berwarna merah hingga ungu.

Meski dikenal sebagai varietas mangga dari Australia, sebenarnya mangga ini pertama kali dikembangkan di Florida Selatan. Pohon mangga ini pertama ditanam pada 1939 di Miami dan buah pertama bisa dipanen pada 1945. Sejak tahun 1949, bibit pohon ini disebarluaskan ke berbagai daerah.

Selanjutnya mulai tahun 1970-an, mangga Irwin mulai tumbuh di berbagai negara lainnya seperti Jepang, Taiwan, dan Australia. Di negeri Kanguru ini, mangga Irwin tumbuh subur sehingga banyak orang yang mengira mangga ini berasal dari Australia. 

Rasa dan Harga Mangga Irwin

Tidak seperti kulitnya yang berwarna ungu. Daging buah mangga Irwin tetap berwarna kuning cerah hingga orange ketika sudah matang, layaknya mangga biasa. 

Aroma dan rasa mangga ini sangatlah manis. Daging buah mangga Irwin tebal, karena memiliki biji yang tipis dan kecil. Dagingnya pun padat dan berserat halus. 

Terdapat sensasi rasa manis yang dipadu dengan sedikit rasa asam saat menikmatinya. Kadar gula irwin mencapai 12—15 0briks saat buah masak sempurna. Mangga irwin memiliki kandungan vitamin C tinggi sehingga bermanfaat untuk pemenuhan kebutuhan vitamin C dalam tubuh guna menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Yang membuat unik, mangga Irwin cenderung agak bertepung. Hal ini menandakan bahwa mangga Irwin memiliki kandungan pati yang cukup banyak.

Selain itu, daging buah mangga Irwin padat dan berserat halus. Mangga ini enak disantap langsung, dijadikan campuran salad, atau diolah menjadi minuman. Soalnya, mangga ini bisa dinikmati dalam keadaan setengah matang maupun matang.

Nah, kamu juga bisa menanam sendiri mangga Irwin di halaman rumahmu. Harga bibit bunga Irwin ini berkisar Rp30 ribu-Rp 60 ribu, tergantung ukurannya. Sementara harga mangga Irwin yang sudah matang bisa mencapai Rp75 per kilogram.

Keunggulan Mangga Irwin

Warna ungu cerah pada mangga ini berasal dari tingginya zat antosianin. Meski demikian, mangga Irwin tetap mengandung klorofil penghasil warna hijau namun dalam jumlah sangat sedikit. 

Mangga ini punya bentuk pangkal yang bulat dan sedikit meruncing pada bagian ujungnya. Permukaan kulitnya halus dan mulus. Ukurannya terbilang sedang, satu buah mangga irwin bisa mencapai berat 500 gram.

Mangga irwin sudah memiliki warna merah keunguan sejak masih berukuran kecil. Semakin besar ukuran mangga maka warnanya akan semakin ungu cerah. Lapisan kulitnya juga akan perlahan tampak mengkilap.

Manfaat Mangga Irwin

Pohon mangga Irwin termasuk cepat berbuah dengan masa tanam selama 2-3 tahun. Jika sudah matang, mangga ini tidak sekadar enak, tetapi juga memiliki banyak manfaat untuk Kesehatan.

Berikut ini khasiat mangga Irwin untuk Kesehatan:

1. Baik untuk penyakit diabetes

Walaupun rasanya manis, mangga ini bagus untuk penyakit berbahaya seperti yang dialami para penderita diabetes berkat kandungan senyawa antosianin didalamnya jika dikonsumsi dalam porsi yang sewajarnya. Jika berlebihan, mangga juga dapat membawa pengaruh buruk pada kadar gula darah.

2. Melindungi dari sinar matahari

Kandungan senyawa flavonoid dalam buah mangga ungu sangat baik untuk menjaga sel tubuh dari bahaya sinar UV.

3. Berguna untuk kesehatan tulang

Manfaat mangga irwin mengandung banyak vitamin salah satunya vitamin D. Vitamin ini telah terbukti sangat baik dalam menjaga kesehatan tulang khususnya mencegah pengeroposan dan memperkuat tulang.

4. Mengatasi anemia

Mangga ini mengandung zat besi yang sangat baik untuk mengatasi anemia atau kekurangan darah. Khususnya untuk mencegah anemia pada wanita hamil dan juga pada anak – anak.

5. Sebagai anti radang

Beberapa penelitian menunjukkan kandungan fitokimia yang ada pada mangga berperan sebagai anti peradangan pada beberapa penyakit patologis yang berhubungan dengan respons tubuh terhadap peradangan. 

6. Sebagai anti kanker

Kandungan flavonoid dan vitamin C dalam mangga irwin akan berperan sebagai antioksidan serta menangkal radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel di dalam tubuh.

7. Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat mangga irwin dapat dikonsumsi secara rutin karena mengandung vitamin C yang bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh. 

8. Menangkal radikal bebas

Mangga irwin ini mengandung banyak antioksidan yang bisa melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas.

9. Mencegah penuaan dini

Kandungan antioksidan yang kaya dalam mangga irwin juga dapat menurunkan resiko penuaan dini yang ditimbulkan dari serangan radikal bebas terhadap tubuh. 

10. Mencegah penyakit eritema

Manfaat mangga irwin dengan kandungan flavonoid di dalamnya mampu mencegah penyakit eritema, atau kondisi Ketika kaki penderita mengalami pembengkakan dan menjadi berwarna merah

11. Menjaga kesehatan mulut

Mangga irwin bisa mengatasi masalah sariawan dengan kandungan vitamin C yang dapat memenuhi 2 kali kebutuhan vitamin C harian Anda.

Cara Budidaya Mangga Irwin

Untuk membudidayakan mangga Irwin, ada beberapa Langkah yang harus dilakukan. Tujuannya agar mangga Irwin tumbuh secara subur dan cepat berbuah.

Berikut ini cara menanam dan merawat mangga Irwin:

  1. Memilih bibit mangga Irwin dengan kualitas baik

Pembibitan mangga Irwin untuk hasil pertumbuhan yang cepat bisa menggunakan cara okulasi atau cangkok.

  1. Memilih lokasi penanaman

Penanaman mangga Irwin bisa dilakukan dengan sistem tabulampot atau di lahan kosong.

  1. Proses penanaman

Pindahkan bibit mangga Irwin ke area penanaman.

  1. Melakukan penyiraman secara rutin. 

Penyiraman bisa dilakukan di waktu pagi maupun sore hari.

  1. Pemupukan rutin

Pemupukan bisa dilakukan dalam kurun waktu 2 minggu atau 1 bulan sekali. Kamu bisa menggunakan NPK Pelangi produksi PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim). Salah satu fungsi NPK Pelangi mempercepat pembentukan bunga dan pematangan buah/biji, sehingga mempercepat masa panen.

Jadi sangat disarankan penggunaan pupuk NPK Pelangi buatan Pupuk Kaltim ini agar hasil panen mangga irwin bisa lebih cepat.

Itulah cara budidaya mangga irwin. Sebenarnya caranya sama dengan budidaya tanaman-tanaman buah lainnya. Silakan mencoba.

Penulis: Tyo