Khasiat Buah Naga Kuning

Khasiat Buah Naga Kuning yang Bikin Pangling

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Topik Pembahasan

Buah naga merupakan jenis tanaman kaktus yang dengan marga Hylocecereus dan Selenicereus. Buah ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Konon, buah naga kuning memiliki banyak khasiat, terutama untuk kesehatan.

Di Indonesia, buah naga sudah banyak diminati dan mulai dibudidayakan. Ada tiga jenis buah naga yang dibudidayakan petani Indonesia, yaitu buah naga merah, buah naga putih, dan buah naga kuning. Buah naga merah adalah buah naga yang memiliki kulit berwarna merah pekat dan isi juga berwarna merah. Buah naga putih adalah buah naga yang memiliki kulit berwarna merah muda dengan isi berwarna putih. Dan terakhir buah naga kuning yang kulitnya berwarna kuning dengan isi berwarna putih.

Beberapa daerah di Indonesia yang banyak membudidaya buah naga, di antaranya Mojokerto, Jember, Malang, Pasuruan, Banyuwangi, Ponorogo, Wonogiri, Kali Bawang, Kulon Progo, Batam, dan Bandung. Buah naga saat ini banyak dibudidayakan karena rasanya yang manis, dan banyak mengandung manfaat bagi kesehatan. Dokter juga menjadikan buah naga sebagai salah satu buah yang harus dikonsumsi setiap hari untuk mengobati penyakit tertentu.

Manfaat Buah Naga Kuning

Bagi beberapa orang buah naga kuning mungkin kurang familiar karena jarang ditemui di pasaran, berbeda dengan jenis buah naga merah dan putih. Meski begitu buah naga kuning jika dibandingkan dengan buah naga merah dan putih, rasanaya jauh lebih manis dan segar. Hal ini karena buah naga kuning mengandung fruktosa sukrosa dan kandungan air yang lebih banyak. Penelitian juga membuktikan bahwa buah naga kuning memiliki antioksidan dan karoten yang tinggi. Berikut beberapa manfaat yang bisa didapat dari buah naga kuning :

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Mencegah kanker
  • Menjaga kesehatan mata
  • Meningkatkan selera makan
  • Menjaga level kolesterol dan jantung
  • Membantu melembabkan kulit
  • Mencegah penuaan dini
  • Mengatasi masalah jerawat
  • Mengatasi kulit yang terbakar sinar matahari
  • Detoksifikasi

Beberapa manfaat di atas bisa kita dapatkan jika rutin mengkonsumsi buah naga kuning. Hal ini karena buah naga kuning mengandung vitamin A , B, C, kalsium, fosfor, zat besi, protein, niacin, tinggi serat, an beta karoten. Buah naga dapat dikonsumsi dengan cara di blender, dimakan langsung, bahkan buah naga kuning juga bisa dijadikan sebagai masker wajah. 

Cara Menanam Buah Naga Kuning di Rumah

Karena memiliki rasa yang manis dan segar serta banyaknya manfaat untuk kesehatan, saat ini budidaya buah naga kuning mulai meningkat. Kamu bahkan bisa menanam buah naga kuning di rumah.

Sebelum mulai untuk menanam buah naga kuning hal pertama yang harus diperhatikan adalah syarat untuk buah naga kuning bisa tumbuh. Buah naga kuning bisa tumbuh di daerah dengan ketinggian 10- 700 m diatas permukaan laut dan memiliki suhu antara 26 – 36 derajat celcius dengan curah hujan berkisar 500 – 1.500 mm/ tahun. Karena tergolong jenis tanaman kaktus, maka curah hujan yang tinggi tidak baik untuk buah naga kuning, hal ini dapat menyebabkan akar dan batang busuk dan menghambat pertumbuhan bunga dan buah. 

Kelembapan dan intensitas cahaya matahari juga berpengaruh terhadap pembungaan dan pembuahan buah naga kuning. Buah naga kuning membutuhkan kelembapan tanah sekitar 70- 90 % dan intensitas cahaya antara 70-80 %. Dalam budidaya buah naga kuning pemilihan bibit juga sangat berperan. Pilihlah bibit yang berasal dari pohon induk yang terbukti unggul. 

Untuk penanaman buah naga kuning di rumah, bisa menggunakan pot. Sebelum mulai menanam, sebaiknya mempersiapkan hal- hal seperti pemilihan pot, pemilihan campuran tanah, dan tiang panjatan. Langkah pertama adalah siapkan pot dengan ukuran diameter 50 cm dan masukan tiang panjatan ke dalam pot. Tambahkan kerikil ke dalam pot sebagai salah satu kontrol drainase, lalu media tanam yaitu campuran antara tanah dan pupuk organik dengan perbandingan 1:1. Tanam bibit yang telah mencapai tinggi minimal 30 cm, usahakan dalam pemindahan bibit dari polybag ke pot, media tanam di polybag tetap bersama bibit. Setelah itu ikatkan batang pada tiang panjatan. Lalu tutup pot dengan media tanam hingga mencapai bibir pot. Siram dengan air bersih agar perakaran tanaman tetap lembab, lalu letakkan di tempat yang mendapat naungan hingga tunas baru tumbuh. Setelah ada beberapa tunas tumbuh maka buah naga kuning dapat dipindahkan ke tempat area terbuka dan mendapat sinar matahari langsung.

Penulis: Fitri