Konsumsi Makanan Sehat Plus Vaksin, Kenapa Perlu?

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Topik Pembahasan

Kasus positif COVID-19 berangsur mengalami penurunan. Data terbaru yang dirilis Pemerintah menunjukkan pada Senin (21/3/2022) tercatat ada tambahan 4.699 kasus positif COVID-19 di Indonesia.

Dengan tambahan tersebut, jumlah total kasus COVID-19 yang ditemukan di Indonesia sejak Maret 2020 hingga hari ini menjadi 5.967.182 kasus. Dilaporkan juga, hari ini ada 20.888 orang di Indonesia yang sembuh dari COVID-19. Jumlah total yang telah sembuh dari Corona sebanyak 5.609.945 orang.

Selain itu, di hari yang sama dilaporkan sebanyak 154 pasien positif Corona di Tanah Air meninggal dunia. Dengan demikian, jumlah total pasien positif COVID-19 yang meninggal sebanyak 153.892 orang.

Pemerintah tak lelah mengimbau warga agar menaati protokol kesehatan pencegahan COVID-19, yakni mengenakan masker, mencuci tangan menggunakan sabun dengan air yang mengalir, serta menjaga jarak. Program vaksinasi COVID-19 juga tengah digencarkan agar tercipta kekebalan komunal (herd immunity).

Pemerintah juga telah menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 1 hingga 4 untuk menekan laju penyebaran Corona. Warga diminta menaati aturan yang diberlakukan selama PPKM agar pandemi virus Corona dapat teratasi.

PKT Percepatan Vaksinasi Booster

PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim), sebagai pelaku industri petrokimia, terus mempercepat vaksinasi booster, untuk menjaga operasional perusahaan agar tetap stabil meskipun di tengah pandemi.

Setelah sukses percepat 10.000 vaksinasi dosis 1 dan 2 di wilayah Kalimantan Timur pada 2021 lalu, kali ini Pupuk Kaltim (PKT) kembali berkontribusi pada percepatan vaksinasi ke-3 atau booster, dengan berkolaborasi bersama Kementerian Perindustrian dalam program vaksinasi industri.

Direktur Utama Pupuk Kaltim, Rahmad Pribadi mengatakan pihaknya berkomitmen dan siap membantu pemerintah dalam penanganan COVID-19, termasuk mempercepat vaksinasi booster. Ia pun menyebut sektor industri memiliki peran vital dalam roda perekonomian nasional sehingga kondisi kesehatan para pekerja dan masyarakat sekitar perlu diperhatikan,

“Kami berharap program vaksinasi COVID-19 secara nasional ini memiliki dampak positif bagi sektor industri sehingga kami dapat terus fokus menjaga kinerja perusahaan dan menjaga momentum pemulihan ekonomi nasional saat ini,” kata Rahmad dalam keterangan tertulis, Kamis (24/2/2022).

Rahmad melanjutkan, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 oleh Pupuk Kaltim diselenggarakan pada 24 Februari – 26 Februari 2022 di Sentra Vaksin Koperasi Karyawan PKT. Puluhan tenaga medis dari Rumah Sakit PKT juga dilibatkan dalam proses vaksinasi tersebut.

dok. PKT

Sejak awal pandemi, PKT senantiasa terus menjaga operasional perusahaan agar tetap stabil meskipun di tengah pandemi, salah satunya melalui program PKT Proaktif, yang tidak hanya difokuskan untuk para karyawan namun juga warga sekitar.

Melalui program tersebut, PKT fokus pada upaya menyeluruh mulai dari edukasi masyarakat, percepatan tracing dan tes COVID-19, bantuan bagi yang terdampak COVID-19, hingga penegakkan keamanan dalam implementasi protokol kesehatan 5M.

Selain fokus pada pencegahan Covid-19, PKT juga terus memberdayakan warga sekitar melalui mitra binaan agar tetap dapat produktif meskipun di tengah pandemi.

“Kami optimis juga optimis kolaborasi multi-stakeholder yang terjalin dalam penanganan pandemi ini, mampu mendukung pelaku industri untuk tetap produktif,” tutup Rahmad.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo yang turut hadir meninjau kegiatan vaksinasi tersebut memberikan apresiasi atas percepatan vaksinasi booster yang telah dilakukan Pupuk Kaltim.

“Saya sangat senang karena sudah dimulai vaksinasi yang ke-3, vaksin penguat (atau) vaksin booster, yang kita harapkan nanti di industri, di pabrik, di sektor produksi, tidak terganggu aktivitasnya karena sudah diberikan vaksin booster,” kata Jokowi.

Jokowi juga berharap kegiatan vaksinasi ini dapat memberikan kekuatan yang lebih agar tidak terganggu proses operasionalnya. Sektor industri, disebutnya, menjadi salah satu salah satu prioritas percepatan vaksinasi COVID-19 booster guna menjamin produktivitas industri Tanah Air.

Rekomendasi Makanan Sehat untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh

Tubuh manusia memiliki sistem imun yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit, terutama penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus maupun bakteri. Jika tidak dijaga dengan baik, daya tahan tubuh bisa melemah sehingga tubuh rentan terkena penyakit.

Salah satu langkah yang dapat Anda lakukan agar terhindar dari berbagai penyakit adalah dengan mengonsumsi makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Jenis makanan ini kaya akan vitamin dan mineral yang dapat memperkuat sistem imun dalam melawan kuman penyebab penyakit.

Nah, ada berbagai jenis makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh yang dapat Anda konsumsi, di antaranya:

  1. Makanan yang kaya akan vitamin C

Melansir Verywell Health, nutrisi antioksidan yang terkandung dalam vitamin C terbukti bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Untuk meningkatkan asupan vitamin C secara alami, tambahkan beberapa makanan kaya vitamin C berikut ke dalam menu sehari-hari, antara lain jeruk, kiwi, paprika merah dan hijau, brokoli, dan stroberi.

  1. Makanan yang kaya vitamin E

Seperti halnya vitamin C, vitamin E juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh karena mengandung antioksidan. Penelitian menunjukkan, konsumsi vitamin E yang cukup dapat menjaga sistem daya tahan tubuh agar tetap prima, terutama bagi kalangan lansia. Untuk meningkatkan asupan vitamin E secara alami, konsumsi beberapa jenis makanan seperti minyak, biji gandum, kacang almond, biji bunga matahari, dan jenis kacang-kacangan lainnya.

  1. Asupan yang banyak mengandung Zinc

Seng atau zinc adalah mineral penting yang terlibat dalam produksi sel kekebalan tertentu. Kekurangan zinc dalam kadar yang sangat kecil sudah bisa mengganggu fungsi kekebalan tubuh. Untuk itu, jangan lewatkan asupan kaya zinc ke dalam deretan makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehari-hari. Beberapa di antaranya adalah tiram, kacang panggang, kacang mete, kismis, dan buncis.

  1. Asupan yang banyak mengandung karotenoid

Karotenoid adalah antioksidan yang memberikan pigmen atau zat pewarna alami pada sejumlah tumbuhan. Saat dikonsumsi, karotenoid diubah menjadi vitamin A yang berperan dalam mengatur sistem daya tahan tubuh. 

Karotenoid paling optimal diserap saat dimasak atau dimakan bersama dengan lemak. Beberapa makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh yang kaya akan karotenoid antara lain wortel, kubis, apricot, papaya, mangga, ubi, bayam, dan sawi. 

  1. Makanan yang kaya akan asam lemak Omega-3

Asam lemak omega-3 adalah jenis asam lemak esensial yang baik untuk mengatasi peradangan dan menjaga sistem daya tahan tubuh. Beberapa makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh yang kaya akan omega-3 yakni ikan mackerel, tuna, salmon, sarden, herring, trout, flaxseed, kacang kenari, dan chia seed.

Cukupi asupan vitamin dan mineral dengan mengonsumsi makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari COVID-19. Selain itu, imbangi pola makan bergizi lengkap dengan rutin berolahraga, cukup tidur, setop merokok, dan kendalikan stress.

Penulis: Tyo