resep membuat kolak pisang

Resep Kolak Pisang Sehat Tanpa Santan dari Hasil Kebun Sendiri

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Topik Pembahasan

Ramadan identik dengan berbagai jenis menu untuk berbuka puasa atau yang sering disebut dengan takjil. Di Indonesia terdapat berbagai jenis takjil yang tersedia, seperti  kurma, berbagai jenis kolak, dan gorengan.

Kolak pisang adalah salah satu menu yang selalu ada di setiap Ramadan karena rasanya yang manis sangat cocok dijadikan menu berbuka puasa. Ternyata dibalik kenikmatan dan kelezatannya, kolak pisang memiliki filosofi dan arti yang mendalam.

Menurut ahli sejarah, dahulu kolak pisang digunakan sebagai salah satu media penyebaran agama islam. Konon, kolak pisang dikenalkan oleh para wali dan ulama sebagai bentuk penyebaran agama islam. Beberapa arti dan filosofi dari kolak pisang yaitu kolak yang memiliki makna sebagai kosong, jadi kolak pisang berarti mengosongkan dosa. Jadi dengan memakan kolak pisang diharapkan manusia selalu ingat untuk mengosongkan dosa- dosa nya dengan bertaubat.

Selanjutnya ada juga yang menyebut arti kolak menjadi “khaliq” yaitu mencipta. Di mana Allah adalah sebagai pencipta dan hendaknya manusia selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Selain itu, ada juga nama pisang kepok yang memiliki arti sebagai kata “jera” maknanya manusia harus kapok dan jera dengan dosa dan segera bertaubat. Santan yang menjadi bahan membuat kolak juga memiliki arti “permintaan maaf” di mana santan bermakna manusia harus ingat untuk meminta maaf akan dosa- dosa yang sudah diperbuat. Selanjutnya bahan yang sering dicampur dalam pembuatan kolak pisang adalah ubi jalar.

Ubi adalah salah satu jenis tanaman yang buahnya dari tanah, di mana mengingatkan manusia akan kematian dan akan kembali ke tanah sehingga manusia bisa terus mengingat kematian dan mengubur seluruh kesalahan-kesalahan dan tak mengulanginya lagi. Para wali dan ulama dahulu berharap dalam setiap sendok kolak pisang yang dimakan akan membuat manusia ingat taubat dan semakin dekat dengan Allah SWT.

Manfaat Konsumsi Kolak Pisang

Selain sarat akan filosofi agama, mengkonsumsi kolak pisang juga memberikan manfaat pada tubuh. Beberapa manfaatnya adalah menjaga kesehatan pencernaan, karena di dalam kolak pisang terdapat 16 persen kandungan serat yang dapat membantu melancarkan pencernaan dan mengatasi masalah susah buang air besar. Kolak pisang juga mengandung Vitamin C yang tinggi sehingga bisa meningkatkan kolagen dan dapat membantu menjaga kesehatan pada kulit. Selanjutnya kolak pisang bermanfaat dalam menjaga stamina, kandungan vitamin B6 pada pisang berperan membantu meningkatkan metabolisme dan memecah protein. Saat metabolisme tubuh meningkat, tubuh akan menghasilkan energi dengan cepat.Kandungan vitamin B6 pada pisang juga mampu meningkatkan produksi hemoglobin.

Mengkonsumsi kolak pisang juga dapat membantu menurunkan tekanan darah, hal ini karena kandungan kalium yang ada pada pisang. Manfaat terakhir yang bisa didapatkan saat mengkonsumsi kolak pisang adalah mencegah sembelit. Hal ini karena tingginya kandungan serat yang dimiliki oleh pisang, dan ubi. Kandungan ini juga berperan penting dalam mencegah kanker usus besar.

Resep Kolak Pisang Sehat Tanpa Santan

Meski secara keseluruhan kolak pisang memiliki manfaat terhadap kesehatan, tetapi penggunaan santan dan gula yang berlebihan juga dapat mengganggu kesehatan terutama untuk orang- orang yang memiliki penyakit bawaan seperti diabetes dan kolesterol.

Tapi jangan khawatir karena kolak pisang tetap bisa dibuat dengan mengganti penggunaan santan dengan susu, cream, dan air kelapa. Selanjutnya penggunaan gula juga dapat diganti dengan pemanis rendah kalori sehingga kolak tetap memiliki rasa manis tetapi rendah akan kalori. Penggunaan gula rendah kalori juga membantu dalam mengontrol kadar gula dalam darah.

Mudahnya Budidaya Pisang di Rumah

Budidaya pisang terbilang mudah, jika tani muda ingin membudidayakan pisang di rumah dapat mengikuti langkah- langkah berikut. Pertama adalah menentukan bibit pisang yang akan ditanam. Lalu pilih tempat untuk menanam pisang dengan baik, yaitu daerah yang mendapatkan banyak sinar matahari langsung, dan tidak berada di daerah yang terlalu dingin, karena pisang tidak bisa tumbuh di daerah yang memiliki suhu dibawah 20 derajat celcius. Selanjutnya buat lah lubang dengan diameter 30 cm dan kedalam 30 cm. Lalu tani muda bisa menanam bibit pisang.

Setelah di tanam, jangan lupa untuk menyiram pisang. Pisang biasanya akan panen dalam waktu 3-4 bulan. Apabila pisang sudah berbuah, maka tani muda bisa memotong jantung pisang agar mempercepat pertumbuhan pada buah pisang. Dan jantung pisang juga dapat diolah untuk makanan seperti gulai, sayur bening dan lain- lain.

Tani muda bisa menutupi buah pisang yang hijau dengan plastik agar terhindar dari hama. Daun- daun yang kering harus segera dipotong agar tidak menghambat pertumbuhan buah. Pisang siap dipanen dengan ciri- ciri daun- dau sudah mengering dan layu, selanjutnya juga perubahan pada warna buah pisang. Bila ini terjadi tani muda sudah bisa memanen buah pisang dengan menebang pohonnya, karena pohon pisang hanya bisa menghasilkan satu kali panen.

Penulis: Fitri