Rumahku Supermarketku

Rumahku Supermarketku : Intip Gaya Hidup Ramah Lingkungan a la Jessica Halim

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Topik Pembahasan

Permasalahan sampah plastik di Indonesia sudah sangat mengkhawatirkan. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) sampah plastik di Indonesia Mencapai 64 juta ton pertahun. Hal ini sungguh sangat mengkhawatirkan karena dapat memberikan dampak buruk bagi lingkungan. 

Tak ingin menjadi salah satu penyumbang sampah plastik, Jessica halim menerapkan sistem zero waste di rumahnya. Sistem yang dilakukan Jessica, seperti memilah sampah dan menjadikannya pupuk kompos. Selain itu, Jessica juga menggunakan tote bag saat berbelanja. Jessica pun memiliki banyak tanaman sayuran yang dikonsumsinya dengan keluarga di rumah.

Rumah Jessica saat ini bisa dibilang menjadi supermarket bagi keluarganya. Bagi Jessica, salah satu cara menekan sampah plastik adalah dengan memproduksi sendiri apa yang menjadi kebutuhan makanan sehari-hari. Sebab, jika sering membeli makanan dari luar seperti snack dan jajanan lain, masih akan menghasilkan sampah. Berangkat dari hal tersebut, Jessica akhirnya memilih untuk masak sendiri dari bahan- bahan yang ditanamnya di rumah. 

Tanaman di Rumah Jessica Halim

Berkebun adalah salah satu hal yang dilakukan Jessica untuk menekan jumlah sampah plastik. Di rumahnya yang berlokasi di Menteng Jakarta Pusat, Jessica menanam berbagai macam sayuran, buah, dan tanaman rempah sebagai bumbu- bumbu dapur, yaitu sereh, jahe, kencur, kunyit, ginseng, basil, rosemary, kemangi, jinten, bawang, cabe rawit, dan sirih.

Sumber foto: Instagram/jezhalim/

Adapun tanaman yang ditanam Jessica antara lain kacang panjang, bayam, buncis, oyong, pare belut, sawi, labu, singkong, dan masih banyak lainnya. Melalui akun social media instagramnya, Jessica kerap membagikan momen menanam, merawat hingga panen tanaman-tanaman yang ada di kebunnya. Saat ini bisa dibilang, kebun di rumahnya seperti hutan karena banyak tanaman yang ditanamnya. 

Jessica menggunakan hasil dari kebunnya untuk konsumsi keluarganya sehari- hari. Jessica juga membuat dan mengkreasikan makanan dari hasil kebunnya. Jessica sering berkreasi dengan membuat berbagai macam makanan, seperti tempe, roti, rice crackers dan banyak jenis makanan lainnya. Tidak hanya sayuran, Jessica juga memelihara ayam sebagai sumber lauk-pauk baginya dan keluarga. 

Kegiatan ini tidak hanya menekan sampah plastik. Tetapi Jessica juga merasa aman dan tenang ketika mengkonsumsi makanan dan lauk pauk. Dengan menanam sendiri, tentu ia mengetahui bahwa tanaman tersebut bebas dari zat kimia, karena ia menanamnya secara organik hanya menggunakan kulit bawang dan eco enzym. Eco enzym yang dibuat dari fermentasi kulit buah dan sayur yang dicampur gula merah dan didiamkan selama 3 bulan.

Demi Bumi

Kepedulian Jessica terhadap lingkungan membuatnya memiliki keinginan untuk mengajak orang di sekitar ikut menerapkan gaya hidup ramah lingkungan. Sebagai seorang desain grafis, Jessica akhirnya menemukan suatu metode komunikasi dengan mendirikan “Demi Bumi” bersama temannya. Jessica mendirikan demi bumi sebagai wadah yang memasarkan produk- produk ramah lingkungan sebagai jawaban dari berbagai keresahan dalam penggunaan sampah plastik.

Demi Bumi memasarkan produk- produk, seperti tumbler, menstrual pad, sedotan, berbagai macam tas yang dapat digunakan berkali- kali. Jessica dan temannya, Juliana, berharap dengan adanya demi bumi bisa membantu menekan sampah plastik.

Tidak hanya memasarkan produk-produknya, tujuan Jessica dan Juliana mendirikan Demi Bumi karena ingin berkomunikasi dengan masyarakat. Mereka sering membuka diskusi di akun social media, tak jarang juga mereka melakukan pelatihan ke sekolah, instansi, dan siapapun yang ingin belajar tentang pengolahan sampah plastik.

Cerita Jessica Halim di atas tentu sangat menginspirasi kita untuk lebih memperdulikan lingkungan khususnya tentang sampah plastik. Selain itu, kita juga bisa belajar dari Jessica untuk mulai menanam dan mengonsumsi makanan yang ditanam sendiri di rumah.

Untuk trick dan tips menanam mudah di rumah, Demfarm juga selalu menampilkan dalam bentuk vidio di Instagram @Demfarm.id agar mudah diikuti. 

Jika kamu ingin mengetahui lebih banyak informasi tentang bercocok tanam, mulai dari tips- tips, sumber inspiratif, tak ada salahnya kamu coba untuk mengikuti akun social media demfarm di instagram. @demfarm.id memberikan banyak informasi terkini tentang bertani dan bercocok tanam. Tak hanya itu, @demfarm.id juga sering melakukan challenge, kuis dan instagram live dengan tokoh-tokoh inspiratif di bidang pertanian.

Dalam waktu dekat, @demfarm.id akan mengadakan talk show dengan tema “Menjadi Petani Milenial” dengan platform zoom. Syarat untuk mengikuti talk show ini, terlebih dahulu kamu harus mengikuti akun social media @demfarm.id lalu mengunggah foto atau videoa tanaman kamu di rumah. Mention @demfarm.id dengan menggunakan hashtag “cerita saya #punyakebunterbaik. Bagi kamu yang beruntung akan mendapatkan paket Garden Kit untuk kegiatan Vitrual Tree Planting pada acara pembukaannya. Tunggu apalagi yuk segera ikuti akun @demfarm.id untuk mendapatkan berbagai macam informasi.

Penulis: Fitri