rekomendasi pupuk untuk tanaman

Sudah Tahu Belum Kalau Pupuk NPK Pelangi Ganti Kemasan? Cek Informasinya Yuk

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Topik Pembahasan

Mendapatkan pupuk NPK Pelangi tidaklah sulit. Hampir setiap toko atau depot yang menjual beragam kebutuhan menanam bunga maupun tanaman lainnya menyediakan pupuk NPK Pelangi.

Kekinian, tak mengherankan meskipun diproduksi oleh PT Pupuk Kaltim tetapi penjual pupuk NPK Pelangi dapat ditemukan hampir di setiap kota di Nusantara ini.

Kemasannya yang praktis dan manfaatnya yang cocok untuk tanaman hortikultura, pangan, dan tanaman hias serta komoditas perkebunan menjadi pupuk jenis ini digemari petani di pedesaan dan pelaku usaha urban farming di perkotaan.

Pupuk  NPK  Pelangi  ganti  kemasan

Kemasan baru pupuk NPK Pelangi  tidak hanya praktis, tetapi desainnya juga sangat menarik. Apalagi, kandungan pupuknya telah teruji sangat bermanfaat dalam mendorong produktivitas budidaya pertanian.

Pupuk  NPK  Pelangi  terdiri dari 2 (dua)  jenis  pupuk, yaitu  NPK Blending  dan  NPK  Fusion  dengan variasi kemasan 2 kg, 5 kg, 10 kg, 20 kg dan 50 kg.⁣

Apalagi jenis pupuk ini memiliki banyak keunggulan dan manfaat untuk tanaman.  Pupuk NPK Pelangi mengandung beragam unsur sangat tepat untuk diaplikasikan pada tanaman hortikultura, pangan dan juga komoditas perkebunan serta tanaman hias.

Sedangkan manfaat  pupuk NPK Pelangi  berdasarkan proses pembuatannya yaitu:

1. Pupuk NPK Pelangi (Blending)

 Unsur nitrogen dalam pupuk  NPK Pelangi ini akan membuat tanaman menjadi  lebih hijau, juga sebagai penyusun protein, klorofil dan berperan dalam proses  fotosintesis.

Kandungan nitrogen juga berperan dalam pembentukan atau pertumbuhan bagian-bagian vegetatif, seperti daun, batang, dan akar. Lalu mempercepat  pertumbuhan tanaman.

Selanjutnya,  manfaat unsur fosfor (P) adalah memperkuat akar dan tunas, mempercepat pembentukan bunga dan pematangan buah/biji, sehingga mempercepat masa panen. 

Fosfor juga berfungsi untuk memperbesar persentase terbentuknya bunga menjadi buah dan menyusun serta menstabilkan dinding sel, sehingga menambah daya tahan tanaman terhadap serangan hama penyakit.

Sedangkan manfaat unsur K atau kalium diantaranya sebagai  aktivator enzim.  Sekitar 80 jenis enzim yang aktivasinya memerlukan unsur K. Membantu penyerapan air dan unsur hara dari tanah oleh tanaman dan membantu transportasi hasil asimilasi dari daun ke jaringan tanaman .

Manfaat kalium lainnya adalah memperkuat  daya  tahan (Resistensi)  tanaman terhadap serangan hama dan penyakit.

2.NPK Pelangi (Fusion)

Tidak jauh berbeda dengan NPK Pelangi (Blending), fungsi nitrogen membuat tanaman lebih hijau, sebagai penyusun protein, klorofil dan berperan dalam proses fotosintesis.

Manfaat lainnya membentuk  atau pertumbuhan bagian-bagian vegetatif, seperti daun, batang, dan akar  serta mempercepat pertumbuhan tanaman. 

Sedangkan unsur  fosfor (P) mempercepat pembentukan bunga dan pematangan buah/biji, sehingga mempercepat masa panen . Memperbesar persentase terbentuknya bunga menjadi buah.

Menyusun dan menstabilkan dinding sel, sehingga menambah daya tahan tanaman terhadap serangan hama penyakit.

Sementara kalium (K) berperan sebagai aktivator enzim.  Sekitar 80 jenis enzim yang aktivasinya memerlukan unsur K. Membantu penyerapan air dan unsur hara dari tanah oleh tanaman.

Kalium juga membantu transportasi hasil asimilasi dari daun ke jaringan tanaman  dan memperkuat daya tahan (Resistensi) tanaman terhadap serangan hama dan penyakit.

Jenis-jenis Pupuk NPK Pelangi

NPK  Pelangi  jenis  blending  diproduksi  dengan proses mechanical blending, dan berasal dari bahan baku berkualitas tinggi, yaitu urea granul Daun Buah, DAP (Diammonium Phospate) dan KCL Flake, serta filler berupa Mg dan Ca sehingga memiliki butiran yang berwarna warni.⁣

NPK Pelangi jenis Fusion diproduksi melalui proses steam granulation sehingga memiliki butiran pupuk homogen yang didalam satu butirannya sudah mengandung unsur N, P dan K.⁣

Formula pupuk NPK Pelangi selain disiapkan untuk kebutuhan petani yang menanam beragam komoditi unggulan,  tetapi komposisinya  juga bisa dipesan lho ke PT Pupuk Kaltim, tinggal pesan sesuai kebutuhan tanaman yang akan dibudidayakan.

Saat ini, komposisi yang lazim dijual secara umum adalah sebagai berikut:    ⁣

NPK Pelangi 15-15-15⁣

NPK Pelangi 20-10-10 ⁣

NPK Pelangi 16-16-16 ⁣

NPK Pelangi 12-12-17-2 ⁣

NPK Pelangi 13-6-27-4 ⁣

NPK Pelangi 15-15-6-4

NPK Pelangi 14-12-16-4⁣

Sebenarnya, di awal artikel ini sudah disebutkan bahwa kini sangat mudah untuk mendapatkan pupuk NPK Pelangi dengan komposisi umum. Bahkan, hampir di setiap daerah di Indonesia banyak yang menjual produk pabrikan PT Pupuk Kaltim tersebut.

Pupuk NPK Pelangi selain bisa dibeli langsung di agen pupuk, toko atau depot penjual beragam kebutuhan tanaman yang kini berkembang marak. Penjualan pupuk NPK Pelangi di platform pasar digital pun sangat mudah ditemukan.

Penjualan pupuk di pasar digital, seperti Tokopedia dan Shopee pembelinya tampak cukup deras alias banyak yang membutuhkan pupuk tersebut. Harganya pun terjangkau NPK Pelangi repack 2 kilogram dijual Rp27.000 dan NPK Pelangi 16-16-16, 50 kilogram dibanderol Rp380 ribu per pack.